Efektifitas penggunaan modul fisika model siklus belajar (learning cycle) materi besaran dan pengukuran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 03 Singosari-Malang / Nurhayati

Main Author: Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18009/
Daftar Isi:
  • Dalamrangkameningkatkanprestasibelajarsiswakhususnyamatapelajaranfisikaperluadanyasuatustrategiyangmampumembantusiswamenemukansuatukonsepfisikamelaluikegiatanilmiah/percobaansecarasederhana.Strategitersebutantaralaindenganmodulyangdikemasdandilengkapilatihan-latiahantugasdanunjukkerjasiswasehinggadiharapkangurudapatmelakukanpenilaian.Penelitianinibertujuanuntukmengukurefektifitaspenggunaanmodulfisikamodelsiklusbelajar(learningcycle)materibesarandanpengukuranuntuksiswakelasVIISMPNegeri03Singosari-Malang.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment).PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri03Singosariyangterdiridari7kelas.Sampelpenelitianterdiridari36siswakelasVIICsebagaikelaseksperimendan36siswakelasVIIGsebagaikelaskontrol.Tekniksamplingyangdigunakanadalahdengancarapurposiveyaituberdasarkaninformasigurufisikayangmengajarbahwakelastersebutyangmerupakankelasdengankemampuansiswanyarata-ratabukanmerupakankelasunggulan.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalah(1)Instrumenperlakuanyangdigunakanadalahmodulpembelajaranfisikamodelsiklusbelajaruntukkelaseksperimen.(2)Instrumenprestasibelajarberupatesyangterdiridari20soalpilihangandadenganr0817(nilaireabilitassangattinggi).Untukmengetahuiadanyaperbedaantesakhirterhadapkelompokeksperimendankelompokkontroldigunakanstatistikt-testanalisisIndependentSamplesTest.Berdasarkanhasilujihipotesisdapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanprestasibelajarfisikayangsignifikanpadakelaskontroldankelaseksperimensetelahdiberikanperlakuanberupapembelajarandenganmenggunakanmodul.Moduldikatakanefektifbilaprestasibelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodullebihtinggidaripadaprestasibelajarsiswatanpamenggunakanmodul.BerdasarkanlembarobservasipembelajarandenganmodulfisikamodelsiklusbelajardiketahuibahwapembelajaranmenggunakanmodullebihefektifdaripadapembelajarantanpamenggunakanmoduldiSMPNegeri03Singosari-Malang.