Efektifitas penggunaan modul fisika model siklus belajar (learning cycle) materi besaran dan pengukuran untuk siswa kelas VII SMP Negeri 03 Singosari-Malang / Nurhayati
Main Author: | Nurhayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18009/ |
Daftar Isi:
- Dalamrangkameningkatkanprestasibelajarsiswakhususnyamatapelajaranfisikaperluadanyasuatustrategiyangmampumembantusiswamenemukansuatukonsepfisikamelaluikegiatanilmiah/percobaansecarasederhana.Strategitersebutantaralaindenganmodulyangdikemasdandilengkapilatihan-latiahantugasdanunjukkerjasiswasehinggadiharapkangurudapatmelakukanpenilaian.Penelitianinibertujuanuntukmengukurefektifitaspenggunaanmodulfisikamodelsiklusbelajar(learningcycle)materibesarandanpengukuranuntuksiswakelasVIISMPNegeri03Singosari-Malang.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment).PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri03Singosariyangterdiridari7kelas.Sampelpenelitianterdiridari36siswakelasVIICsebagaikelaseksperimendan36siswakelasVIIGsebagaikelaskontrol.Tekniksamplingyangdigunakanadalahdengancarapurposiveyaituberdasarkaninformasigurufisikayangmengajarbahwakelastersebutyangmerupakankelasdengankemampuansiswanyarata-ratabukanmerupakankelasunggulan.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalah(1)Instrumenperlakuanyangdigunakanadalahmodulpembelajaranfisikamodelsiklusbelajaruntukkelaseksperimen.(2)Instrumenprestasibelajarberupatesyangterdiridari20soalpilihangandadenganr0817(nilaireabilitassangattinggi).Untukmengetahuiadanyaperbedaantesakhirterhadapkelompokeksperimendankelompokkontroldigunakanstatistikt-testanalisisIndependentSamplesTest.Berdasarkanhasilujihipotesisdapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanprestasibelajarfisikayangsignifikanpadakelaskontroldankelaseksperimensetelahdiberikanperlakuanberupapembelajarandenganmenggunakanmodul.Moduldikatakanefektifbilaprestasibelajarsiswayangdiajarmenggunakanmodullebihtinggidaripadaprestasibelajarsiswatanpamenggunakanmodul.BerdasarkanlembarobservasipembelajarandenganmodulfisikamodelsiklusbelajardiketahuibahwapembelajaranmenggunakanmodullebihefektifdaripadapembelajarantanpamenggunakanmoduldiSMPNegeri03Singosari-Malang.