Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas VII C semester I SMP Negeri 6 Pamekasan / Nurhozah

Main Author: Nurhozah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18005/
Daftar Isi:
  • PembelajaranfisikadiSMPNegeri6Pamekasanselamainihanyamenekankanpadakajianteoridanlatihansoal.Haliniberakibatpadakebiasaansiswayangtidakpernahbertanyakepadagurudalamprosespembelajaran.Interaksigurudengansiswasangatrendahbegitujugainteraksisiswadengansiswa.Siswacenderungpasifdalammenerimapelajaran.Kegiatansiswahanyamencatatapayangdidiktekangurudanmendengarkanapayangdijelaskanguru.Kebiasaantersebutmenandakanrendahnyaaktivitasbelajarsiswa.Disampingitupemahamankonsepfisikasiswajugarendah.Haliniditunjukkanketikagurumengajukanpertanyaansiswatidakbisamenjawab.Sebagiansiswahanyamenjawabjikaditunjukolehguru.Jawabanyangdiberikansiswapuntidaksemuanyabenar.Berdasarkankenyataanituperluditerapkanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswa.Modelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiri.TujuanpenelitianiniadalahmenerapkanpembelajaranmodelinkuiriuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIICSMPNegeri6Pamekasan.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklus.SiklusIdenganpokokbahasanbesaranpokokdankonversisatuannya.SiklusIIdenganpokokbahasanbesaranturunandankonversisatuannya.PenelitiandilaksanakanpadasemesterItahunajaran2008/2009dikelasVIICSMPNegeri6Pamekasan.Subjekdalampenelitianiniberjumlah35siswadengan18Siswaputradan17siswaputri.BerdasarkanhasilanalisisdanrefleksidiketahuibahwasetelahtindakanditerapkanterjadipeningkatanpersentaseaspekaktivitasbelajarsiswadarisiklusIdansiklusII.Aspekkemampuanmengamatimeningkatdari9048%menjadi9524%aspekkemampuanbertanyameningkatdari5619%menjadi7333%aspekkemampuanmengajukanhipotesismeningkatdari3904%menjadi4857%aspekkemampuandalammengumpulkandatameningkatdari7524%menjadi9048%aspekkemampuanmenganalisisdatameningkatdari5143%menjadi6286%aspekkemampuanmenyimpulkanmeningkatdari3904%menjadi5619%aspekmengkomunikasikanmeningkatdari5143%menjadi6190%.PeningkataninijugaterjadipadapemahamankonsepfisikasiswayangditunjukkandarinilaigainscoredarisiklusIdansiklusII.Nilaigainscoremeningkatdari046menjadi062.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodelinkuirimampumeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIICsemesterISMPNegeri6Pamekasan.