Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas VII C semester I SMP Negeri 6 Pamekasan / Nurhozah
Main Author: | Nurhozah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18005/ |
Daftar Isi:
- PembelajaranfisikadiSMPNegeri6Pamekasanselamainihanyamenekankanpadakajianteoridanlatihansoal.Haliniberakibatpadakebiasaansiswayangtidakpernahbertanyakepadagurudalamprosespembelajaran.Interaksigurudengansiswasangatrendahbegitujugainteraksisiswadengansiswa.Siswacenderungpasifdalammenerimapelajaran.Kegiatansiswahanyamencatatapayangdidiktekangurudanmendengarkanapayangdijelaskanguru.Kebiasaantersebutmenandakanrendahnyaaktivitasbelajarsiswa.Disampingitupemahamankonsepfisikasiswajugarendah.Haliniditunjukkanketikagurumengajukanpertanyaansiswatidakbisamenjawab.Sebagiansiswahanyamenjawabjikaditunjukolehguru.Jawabanyangdiberikansiswapuntidaksemuanyabenar.Berdasarkankenyataanituperluditerapkanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswa.Modelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiri.TujuanpenelitianiniadalahmenerapkanpembelajaranmodelinkuiriuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIICSMPNegeri6Pamekasan.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklus.SiklusIdenganpokokbahasanbesaranpokokdankonversisatuannya.SiklusIIdenganpokokbahasanbesaranturunandankonversisatuannya.PenelitiandilaksanakanpadasemesterItahunajaran2008/2009dikelasVIICSMPNegeri6Pamekasan.Subjekdalampenelitianiniberjumlah35siswadengan18Siswaputradan17siswaputri.BerdasarkanhasilanalisisdanrefleksidiketahuibahwasetelahtindakanditerapkanterjadipeningkatanpersentaseaspekaktivitasbelajarsiswadarisiklusIdansiklusII.Aspekkemampuanmengamatimeningkatdari9048%menjadi9524%aspekkemampuanbertanyameningkatdari5619%menjadi7333%aspekkemampuanmengajukanhipotesismeningkatdari3904%menjadi4857%aspekkemampuandalammengumpulkandatameningkatdari7524%menjadi9048%aspekkemampuanmenganalisisdatameningkatdari5143%menjadi6286%aspekkemampuanmenyimpulkanmeningkatdari3904%menjadi5619%aspekmengkomunikasikanmeningkatdari5143%menjadi6190%.PeningkataninijugaterjadipadapemahamankonsepfisikasiswayangditunjukkandarinilaigainscoredarisiklusIdansiklusII.Nilaigainscoremeningkatdari046menjadi062.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmodelinkuirimampumeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIICsemesterISMPNegeri6Pamekasan.