Penerapan penilaian kinerja (performance assesment) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas X-F MAN Malang 1 dalam pembelajaran fisika model inkuiri / Retno Purwaningrum
Main Author: | Purwaningrum, Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18002/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurwaningrumRetno.2008.PenerapanPenilaianKinerja(PerformanceAssesment)untukMeningkatkanKemampuanKerjaIlmiahSiswaKelasX-FMANMalang1dalamPenbelajaranFisikaModelInkuiri.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisika.FMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SugiyantoS.PdM.Si(II)SentotKusairiS.PdM.Si.KataKunciinkuiripenilaiankinerjakemampuankerjailmiah.PersoalanyangdihadapiKelasX-FMANMalang1bukanhanyabagaimanamembuatprosespembelajaranmenjadilebihmenariktetapijugabagaimanamenumbuhkandanmeningkatkankemampuankerjailmiah.Hasilobservasiawalmenunjukkanbahwaprosespembelajaranberlangsungdenganmetodeceramahyangbersifatteachercentersedangkanmetodeeksperimenjarangdilakukan.Halinimenyebabkankonsepfisikahanyadiperolehsiswadalambentukkumpulanrumus-rumusyangharusdihafalkandanpengalamanbelajaryangdiperolehsiswahanyaterbataspadamendengar.HasilwawancaradengangurufisikaMANMalang1bahwadalammelaksanakanpenilaianmasihmenggunakantessebagaialatukuryangutama.Hasilrefleksiawalmengarahkanpenelitiuntukmenerapkanpenilaiankinerjadalampembelajaranfisikamodelinkuirisehinggadapatmeningkatkankemampuankerjailmiah.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendiskripsikanketerlaksanaanpenilaiankinerjasiswakelasX-FMANMalang1(2)mendiskripsikanketerlaksanaanpenerapanpembelajaranmodelinkuirisiswakelasX-FMANMalang1dan(3)mendeskripsikanpeningkatankemampuankerjailmiahsiswakelasX-FMANMalang1denganpenerapanpenilainkinerjadalampembelajaranmodelinkuiri.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyaitustudisistematisterhadappraktikpembelajarandanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanpenilaiankinerjadalampembelajaranfisikamodelinkuiri.SubjekpenelitianadalahsiswakelasX-FMANMalang1denganjumlah36siswa.Pokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahlistrikdinamis.InstrumenyangdigunakanmeliputiLKSRPPdanlembarobsrvasi.PenelitianiniterdiridariduasiklusyangdilaksanakanpadabulanMeisampaiJuli2008.Pelaksanaanpenerapanpembelajaranfisikamodelinkuirimeliputitahapanpengajuanmasalahpenstrukturanmasalahpengajuanhipotesispelaksanaanpercobaandanmengkomunikasikanhasilpercobaan.KeterlaksanaanpenilaiankinerjasudahterlaksanadenganbaikdenganketerlaksanaanpersentaseyangsemakinmeningkatpadasiklusIdansiklusII.PenerapanpembelajaranfisikamodelinkuirijugadapatterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaanyangsemakinmeningkatpadasiklusIdansiklusII.Halinimengidentifikasikanbahwagurudansiswasemakinterbiasadankreatifdenganpenerapanpembelajaraninkuiri.KemampuankerjailmiahselamapenerapanpenilaiankinerjadalampembelajaranmodelinkuirimengalamipeningkatanselamasiklusIdansiklusIIpadasemuaaspekyangdilatihkanbaikpadalevelindividumaupunpadalevelkelas.