Upaya peningkatan hands-on activity siswa melalui pembelajaran inquiry training model pada mata pelajaran fisika di kelas VIII SMPN 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Rohim Aminullah Firdaus
Main Author: | Firdaus, Rohim Aminullah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17998/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFirdausRohimAminullah.2008.UpayaPeningkatanHands-onactivitySiswaMelaluiPembelajaranInquiryTrainningModelpadaMataPelajaranFisikadiKelasVIIIDSMPN4MalangTahunAjaran2007/2008.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisika.FMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(2)Dr.LiaYuliatiM.PdKatakunciinquirytrainningmodelhands-onactivityBerdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukandiKelasVIIIDSMPN4MalangTahunAjaran2007/2008menunjukanbahwakondisidikelastersebutbelummenunjukkanadanyaprosespeningkatanketerampilanbertindak(hands-onactivity)siswa.Keterampilanbertindaksiswamasihkurangdalamhalmelakukanpercobaandanmenyimpulkansebuahgejalayangsiswaeksperimenkandikelasrataratanilaikinerjasiswaadalah645yangmasihdibawahstandratSKMyaitusebesar72.Kegiatanpembelajaranmasihseringmenggunakanmetodeceramahdiskusidanhanyabeberapabagianmateritertentudalamkegiatandisalahsatupembelajaranyangmelakukaneksperimen.AdapuntujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanketerampilanbertindaksiswakelasVIIIDSMPN4Malangtahunajaran2007/2008denganmenerapkanpembelajaranfisikamelaluilatihaninkuiri.Aspekketerampilanbertindakyaitukemampuanbertanyamenyusunhipotesisaktivitaseksperimendanpenyajiandatahasileksperimen.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangmerupakankajiansistematisdalamupayapeningkatanpembelajaranolehgurudikelas.PembelajaranyangdigunakanadalahInquiryTrainningModel.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-DSMPN4Malangdenganjumlah46siswa.Pokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahsuhudanpemuaian.Instrumenpenelitianberuparubrikpenilaianketerampilanbertindakrekamandatadancatatanlapanganyangdirancangolehpenelitidenganmengacupadakualitas/kriteriatindakanyangdilakukansiswa.InstrumenpembelajaranyangdigunakanmeliputiLKSdanRPPberdasarkankurikulum2004.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanInquiryTrainningModeldapatmeningkatkanhands-onactivitysiswa.Dalamhalinidapatdilihatpadapeningkatanaktivitasbertanyabaiksecaralisanmaupuntertulisdari465%dan000%padasiklusImeningkatmenjadi667%dan889%padasiklusIIdalamhaltingkatsifatlogisdalambertanya.Aktivitaslainhands-onyangdapatdilihatyaitukemampuansiswadalammerumuskanhipotesissecarajelasketerampilankegiataneksperimensecarabenardantepatdanketepatandalammenyajikandata.Peningkatanpersentaseaktivitaslaintersebutdalamhalhipotesisdari233%menjadi6000%kegiataneksperimendari1163%menjadi2000%danketerampilandalammenyajikandatameningkatdari1111%menjadi1556%yangmasing-masingpadasiklusIdanII.MengenaiketerlaksanaanpelaksanaanpembelajaranInquiryTrainningModeldapatdikatakanbahwadalamsetiapsiklusnyaterjadipeningkatanyaitudariskor6057%meningkatmenjadi7115%.