Pembentukan sikap dan nilai ilmiah siswa melalui pembelajaran inquiry training model dalam pelajaran fisika kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Erlin Puspitasari

Main Author: Puspitasari, Erlin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17995/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPuspitasariErlin.2008.PembentukanSikapdanNilaiIlmiahSiswaMelaluiPembelajaranInquryTrainingModeldalamPelajaranFisikaKelasVIIIDSMPNegeri4MalangTahunAjaran2007/2008.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSuyudiMPd(2)Dr.LiaYuliatiM.PdKatakunciinquirytrainingmodelsikapdannilaiilmiahPembelajaransainsmerupakanpembelajaranyanglebihmengutamakanprosesdaripadahasil.Prosestersebutberisikegiatan-kegiatanilmiahberupapengajuanpertanyaanperumusanhipotesiseksperimendandiskusihasileksperimen.Jikakegiatan-kegiatanilmiahtersebutdilakukanberulang-ulangmakaakanterbentuksikapdannilaiilmiahpadasiswa.Sikapdannilaiilmiahsiswainisangatpentinguntukmemperlancarpembelajaranyangnantinyadapatmencapaikompetensiyangdiharapkan.InquiryTrainingModeladalahsalahsatumodelpembelajaranyangdidalamnyaterdapatkegiatan-kegiatanilmiahseperipengajuanpertanyaanperumusanhipotesiseksperimendandiskusi.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikansikapdannilaiilmiahsiswakelasVIIIDSMPN4Malangtahunajaran2007/2008melaluipembelajaranInquiryTrainingModel.Padapenelitianinidilakukantigakalitahapanpembelajaran.Masing-masingpembelajaranadalimafaseyaitukonfrontasimasalahpengumpulandata-verifikasipengumpulandata-eksperimentasimengorganisai-merumuskanmasalahmenganalisisprosesinkuiri.Darikegiatan-kegiatantersebutsiswadiharapkanakanterbiasamelakukankegiatanilmiahsepertipengajuanpertanyaanperumusanhipotesismelakukaneksperimendanberdiskusi.Jikakegiatan-kegiatantersebutterusmenerusdilakukanmakaakanmembentuksikapdannilaiilmiahsepertikeingintahuanterbukakerjasamakecermatankerjakritisjujurdanobyektifterhadapdata.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIDSMPN4Malangdenganjumlah46siswayangterdiridari29orangputridan17orangputra.PokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahSuhudanPemuaian.Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputipedomanobservasisikapdannilaiilmiahsiswadanpedomanobservasipembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanadabeberapasikapdannilaiilmiahyangterbentukmelaluipembelajaranInquiryTrainingModelyaitukeingintahuanterbukakerjasamadankecermatankerja.Terbentuknyasikapdannilaiilmiahinidapatdilihatdariselisihpersentaseantarapembelajaranyangpertamadanketiga.Keingintahuandenganindikatormemperhatikandemonstrasidenganseriusterbentuksebesar41%kerjasamasebesar33%kecermatankerjasebesar22%sikapterbukadenganindikatorsiswamengajukandugaanberkaitandengandemonstrasi7%beranimenjawabpertanyaanyangdiajukanolehgurusebesar2%maumenyampaikanpendapatberkaitandenganhasileksperimenmeningkatsebesar2%.Sikapkritisdenganindikatorsiswamenyajikanhasileksperimensebesar2%siswamaumempertahankanpendapatnyasebesar2%.