Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas (sains-lingkungan-teknologi-masyarakat) untuk SMP kelas VII semester I / Imroatul Mufidah

Main Author: Mufidah, Imroatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17993/
Daftar Isi:
  • KualitaspendidikandiIndonesiamasihrendah.Olehkarenaitupemerintahterusberupayauntukmeningkatkankualitaspendidikandenganmemperbaikikurikulumdariwaktukewaktu.Kurikulumyangdiberlakukanpemerintahsejak2006sampaisaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).SubtansimatapelajaranIPApadaKTSPmerupakanIPAterpadu.OlehkarenaitubahanajarIPAyangdikehendakipadasaatiniadalahbahanajarIPAterpadu.PengembanganinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPAterpadudanmenemukankelebihansertakekuranganbahanajarIPAterpaduberbasisSALINGTEMASuntukSMPkelasVIIsemesterI.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Metodepengembanganyangdigunakanpadapenelitianinimengikutilangkah-langkahmetodeSuhartonoyangterdiridari4tahapyaitu(1)tahapAnalisissituasiawal(2)tahappengembanganrancanganbahanajar(3)tahappenulisan(4)tahappenilaian.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaangketyangdiisiolehvalidator.Jenisdataberupadatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifhasilvalidasidianalisismenggunakanteknikrerata.Datakualitatifberupasarantanggapandankritikdarivalidatordigunakansebagaipertimbangandalammelakukanrevisiterhadapbahanajaryangdikembangkan.BahanajarIPAterpaduberbasissalingtemasuntukSMPkelasVIIsemesterIyangdikembangkanmenggunakanmodelconnectedyangmemilikitemaenergikalordalamkehidupanyangmerupakanperpaduandarimaterifisikadankimia.Berdasarkanhasilujivaliditasbahanajarmemperolehskor339yangbernilaivalid.Kelebihandalambahanajaryangdikembangkanadalah(1)sesuaidenganKTSP(2)penyusunannyasesuaidenganparadigmapembelajarankontekstual(3)siswadapatmelihathubunganantarasainslingkunganteknologidanmasyarakat(4)siswadapatmelihathubunganyangbermaknaantaramaterifisikadankimia(5)beberapakompetensidasardapatdicapaisekaligussehinggaterjadiefisiensiwaktusedangkankekuranganpadabahanajariniadalah(1)bahanajaryangdikembangkanhanyadilakukanvalidasiisibelumdivalidasiempiriksehinggabelumdiketahuitingkatefisiensiwaktusetelahdigunakannyabahanajarIPAterpaduhasilpengembangan(2)terlalubanyakcontohyangseharusnyadapatdigalisendiriolehsiswasehinggasiswatidakdapatmembangunpengetahuansendirisecaramaksimal(3)tatapeletakangambarkurangdiperhatikansehinggakurangmemotivasisiswa.