Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas (sains-lingkungan-teknologi-masyarakat) untuk SMP kelas VII semester I / Imroatul Mufidah
Main Author: | Mufidah, Imroatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17993/ |
Daftar Isi:
- KualitaspendidikandiIndonesiamasihrendah.Olehkarenaitupemerintahterusberupayauntukmeningkatkankualitaspendidikandenganmemperbaikikurikulumdariwaktukewaktu.Kurikulumyangdiberlakukanpemerintahsejak2006sampaisaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).SubtansimatapelajaranIPApadaKTSPmerupakanIPAterpadu.OlehkarenaitubahanajarIPAyangdikehendakipadasaatiniadalahbahanajarIPAterpadu.PengembanganinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPAterpadudanmenemukankelebihansertakekuranganbahanajarIPAterpaduberbasisSALINGTEMASuntukSMPkelasVIIsemesterI.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Metodepengembanganyangdigunakanpadapenelitianinimengikutilangkah-langkahmetodeSuhartonoyangterdiridari4tahapyaitu(1)tahapAnalisissituasiawal(2)tahappengembanganrancanganbahanajar(3)tahappenulisan(4)tahappenilaian.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaangketyangdiisiolehvalidator.Jenisdataberupadatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifhasilvalidasidianalisismenggunakanteknikrerata.Datakualitatifberupasarantanggapandankritikdarivalidatordigunakansebagaipertimbangandalammelakukanrevisiterhadapbahanajaryangdikembangkan.BahanajarIPAterpaduberbasissalingtemasuntukSMPkelasVIIsemesterIyangdikembangkanmenggunakanmodelconnectedyangmemilikitemaenergikalordalamkehidupanyangmerupakanperpaduandarimaterifisikadankimia.Berdasarkanhasilujivaliditasbahanajarmemperolehskor339yangbernilaivalid.Kelebihandalambahanajaryangdikembangkanadalah(1)sesuaidenganKTSP(2)penyusunannyasesuaidenganparadigmapembelajarankontekstual(3)siswadapatmelihathubunganantarasainslingkunganteknologidanmasyarakat(4)siswadapatmelihathubunganyangbermaknaantaramaterifisikadankimia(5)beberapakompetensidasardapatdicapaisekaligussehinggaterjadiefisiensiwaktusedangkankekuranganpadabahanajariniadalah(1)bahanajaryangdikembangkanhanyadilakukanvalidasiisibelumdivalidasiempiriksehinggabelumdiketahuitingkatefisiensiwaktusetelahdigunakannyabahanajarIPAterpaduhasilpengembangan(2)terlalubanyakcontohyangseharusnyadapatdigalisendiriolehsiswasehinggasiswatidakdapatmembangunpengetahuansendirisecaramaksimal(3)tatapeletakangambarkurangdiperhatikansehinggakurangmemotivasisiswa.