Penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Nina Susanti
Main Author: | Susanti, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17989/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSusantiNina.2008.PenerapanPembelajaranModelInkuiriTerbimbingUntukMeningkatkanKemampuanBertanyadanHasilBelajarFisikaSiswaKelasVIISMPNegeri10Malang.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Sutarman.(II)HariWisodoS.Pd.KatakunciinkuiriterbimbingkemampuanbertanyahasilbelajarBerdasarkanhasilobservasidiSMPNegeri10Malangpembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdengangurusebagaipengendalidanaktifmenyampaikaninformasi.Prosespembelajarandapatdikatakanberhasilapabilasebagianbesarsiswatersebutsecaraaktifbaikfisikmentalmaupunsosialdalamprosespembelajaran.Kemampuanbertanyasiswamerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Pertanyaanyangdiajukanolehsiswabisadijadikanindikatorperanaktifsiswadalamprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanbertanyasiswadanhasilbelajarsiswadenganpenerapanpembelajaranfisikadenganmodelinkuiriterbimbing.Penelitianmenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-DSMPNegeri10Malangtahunpelajaran2007/2008yangterdiridari38siswa.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusdilaksanakandengantindakanpenerapanpembelajarandenganmodelinkuiriterbimbing.Analisisdatadilakukansecarakualitatifdankuantitatif.Analisiskuantitatifdilakukanpadadatahasiltesdenganmenggunakananalisisgainscoreternormalisasiterhadaphasilpretestdanpostest.Analisiskualitatifdilakukansecaradeskriptifpadadatahasilobservasiuntukmengungkapkanaspekpsikomotorikdanaspekafektif.Analisiskemampuanbertanyasiswadiukurmelaluitipepertanyaanyangdiajukansiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanhasilbelajarsiswadankemampuanbertanyasiswa.Haliniterlihatpadadatayangdiperolehbahwapadasiklus2hasilbelajaryangterdiridaritigaaspekyangdiamatimengalamipeningkatanpadapenguasaaanaspekafektifnyadari6248%menjadi7693%.Padaaspekkognitifmeningkatdari03menjadi04danaspekpsikomotorikmengalamipeningkatanyaitudari7184%menjadi7445%.Secarakeseluruhanhasilbelajaryangdiperolehpadasiklus2jauhlebihbaikdibandingkandenganhasilbelajarsiswapadasiklus1.Kemampuanbertanyasiswatipepertanyaanyangdiajukansiswapadasiklus1hanyapadajenisC4(analisis)sajatetapipadasiklus2sudahmeningkatkejenispertanyaanC5(sintesis).Berdasarkanjenispertanyaanyangmunculpadatiapsiklusnyadapatdisimpulkanbahwapadasiklus2kemampuanbertanyasiswameningkatdenganjenispertanyaanyangdiajukansampaipadaC5(sintesis)padatingkatberpikirtinggi.