Penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Nina Susanti

Main Author: Susanti, Nina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17989/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSusantiNina.2008.PenerapanPembelajaranModelInkuiriTerbimbingUntukMeningkatkanKemampuanBertanyadanHasilBelajarFisikaSiswaKelasVIISMPNegeri10Malang.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Sutarman.(II)HariWisodoS.Pd.KatakunciinkuiriterbimbingkemampuanbertanyahasilbelajarBerdasarkanhasilobservasidiSMPNegeri10Malangpembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdengangurusebagaipengendalidanaktifmenyampaikaninformasi.Prosespembelajarandapatdikatakanberhasilapabilasebagianbesarsiswatersebutsecaraaktifbaikfisikmentalmaupunsosialdalamprosespembelajaran.Kemampuanbertanyasiswamerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Pertanyaanyangdiajukanolehsiswabisadijadikanindikatorperanaktifsiswadalamprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanbertanyasiswadanhasilbelajarsiswadenganpenerapanpembelajaranfisikadenganmodelinkuiriterbimbing.Penelitianmenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-DSMPNegeri10Malangtahunpelajaran2007/2008yangterdiridari38siswa.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusdilaksanakandengantindakanpenerapanpembelajarandenganmodelinkuiriterbimbing.Analisisdatadilakukansecarakualitatifdankuantitatif.Analisiskuantitatifdilakukanpadadatahasiltesdenganmenggunakananalisisgainscoreternormalisasiterhadaphasilpretestdanpostest.Analisiskualitatifdilakukansecaradeskriptifpadadatahasilobservasiuntukmengungkapkanaspekpsikomotorikdanaspekafektif.Analisiskemampuanbertanyasiswadiukurmelaluitipepertanyaanyangdiajukansiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanhasilbelajarsiswadankemampuanbertanyasiswa.Haliniterlihatpadadatayangdiperolehbahwapadasiklus2hasilbelajaryangterdiridaritigaaspekyangdiamatimengalamipeningkatanpadapenguasaaanaspekafektifnyadari6248%menjadi7693%.Padaaspekkognitifmeningkatdari03menjadi04danaspekpsikomotorikmengalamipeningkatanyaitudari7184%menjadi7445%.Secarakeseluruhanhasilbelajaryangdiperolehpadasiklus2jauhlebihbaikdibandingkandenganhasilbelajarsiswapadasiklus1.Kemampuanbertanyasiswatipepertanyaanyangdiajukansiswapadasiklus1hanyapadajenisC4(analisis)sajatetapipadasiklus2sudahmeningkatkejenispertanyaanC5(sintesis).Berdasarkanjenispertanyaanyangmunculpadatiapsiklusnyadapatdisimpulkanbahwapadasiklus2kemampuanbertanyasiswameningkatdenganjenispertanyaanyangdiajukansampaipadaC5(sintesis)padatingkatberpikirtinggi.