Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang / Hertin Kusumawati

Main Author: Kusumawati, Hertin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/17986/
Daftar Isi:
  • Pembelajaranfisikayangtepatdapatberdampakpositifterhadaphasilbelajarfisikasiswa.SelamainipembelajaranyangberlangsungdiMTsNegeri1Malangmasihbersifatkonvensional.Ternyatakeadaantersebutkurangmampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.BerdasarkanpermasalahantersebutdicobakanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIICMTsNegeri1MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIICMTsNegeri1Malangyangberjumlah26orangsiswa.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiandanhasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitespadaakhirsiklus.Teknikanalisisyangdigunakanadalahteknikpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIICMTsNegeri1Malang.Haliniterlihatdaripeningkatanmotivasibelajarsiswasebesar2132%danpeningkatanhasilbelajarsiswasebesar507%.Sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar3462%.