Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang / Hertin Kusumawati
Main Author: | Kusumawati, Hertin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17986/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaranfisikayangtepatdapatberdampakpositifterhadaphasilbelajarfisikasiswa.SelamainipembelajaranyangberlangsungdiMTsNegeri1Malangmasihbersifatkonvensional.Ternyatakeadaantersebutkurangmampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.BerdasarkanpermasalahantersebutdicobakanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIICMTsNegeri1MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIICMTsNegeri1Malangyangberjumlah26orangsiswa.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiandanhasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitespadaakhirsiklus.Teknikanalisisyangdigunakanadalahteknikpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIICMTsNegeri1Malang.Haliniterlihatdaripeningkatanmotivasibelajarsiswasebesar2132%danpeningkatanhasilbelajarsiswasebesar507%.Sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar3462%.