Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis berbasis praktikum dan diskusi pada mata pelajaran fisika pokok bahasan zat dan wujudnya untuk meningkatkan kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep
Main Author: | Istiqomah, Lianita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17976/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstiqomahLianita.2008.PenerapanPembelajarandenganPendekatanKonstruktivisyangBerbasisPraktikumdanDiskusipadaMataPelajaranFisikaPokokBahasanZatdanWujudnyauntukMeningkatkanKecakapanSosialdanKecakapanAkademikSiswaKelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenep.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SugiyantoS.PdM.Si(II)HariWisodoS.PdM.SiKatakuncikonstruktivispraktikumdiskusikecakapansosialkecakapanakademikPersoalanyangdihadapiSMPNegeri2Kaliangetbukanhanyaterbataspadaupayamembuatkegiatanbelajarmengajarlebihmenariktetapijugabagaimanamenumbuhkandanmeningkatkankecakapankecakapansosialdankecakapanakademik.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyaitustudisistematisterhadappraktikpembelajarandanhasilbelajarsiswadenganmelakukanpenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusi.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mendeskripsikanketerlaksanaanpenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusi2)mendeskripsikanpeningkatankecakapansosialsiswakelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenepdan3)mendeskripsikanpeningkatankecakapanakademiksiswakelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenep.Hasilobservasiawalmenunjukkanbahwagurufisikadikelasinimasihmenggunakanmetodeceramahdalamprosespembelajarantidakbiasamelatihsiswauntukberpikirmandiriselalumenerapkansistemteachercenterkecakapansosialdankecakapanakademiksiswamasihrendah.PenelitiandilaksanakanpadabulanSeptember2008sampaiDesember2008terdiridariduasiklus.Hasilrefleksiawalmengarahkanpenelitiuntukmenerapkanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusisehinggadapatmemperbaikiprosespembelajaranmeningkatkankecakapankecakapansosialkecakapanakademiksiswa.Pelaksanaanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusimeliputipembelajaranyangdiorientasikanpadakecakapanpersonalberpikirsosialakademikdanvokasionalsiswa.PenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusidapatterlaksanadenganbaikdenganprosentaseketerlaksanaanyangsemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.Halinimengindikasikanbahwagurudansiswasemakinakrabdankreatifdenganpendekatanpembelajaranyangdilaksanakan.KecakapansosialdankecakapanakademiksiswaselamapenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusipadasiklusIdansiklusIImengalamipeningkatanpadasemuaaspekkecakapansosialdankecakapanakademikbaikpadalevelindividumaupunlevelkelas.