Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis berbasis praktikum dan diskusi pada mata pelajaran fisika pokok bahasan zat dan wujudnya untuk meningkatkan kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep

Main Author: Istiqomah, Lianita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17976/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIstiqomahLianita.2008.PenerapanPembelajarandenganPendekatanKonstruktivisyangBerbasisPraktikumdanDiskusipadaMataPelajaranFisikaPokokBahasanZatdanWujudnyauntukMeningkatkanKecakapanSosialdanKecakapanAkademikSiswaKelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenep.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SugiyantoS.PdM.Si(II)HariWisodoS.PdM.SiKatakuncikonstruktivispraktikumdiskusikecakapansosialkecakapanakademikPersoalanyangdihadapiSMPNegeri2Kaliangetbukanhanyaterbataspadaupayamembuatkegiatanbelajarmengajarlebihmenariktetapijugabagaimanamenumbuhkandanmeningkatkankecakapankecakapansosialdankecakapanakademik.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyaitustudisistematisterhadappraktikpembelajarandanhasilbelajarsiswadenganmelakukanpenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusi.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mendeskripsikanketerlaksanaanpenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusi2)mendeskripsikanpeningkatankecakapansosialsiswakelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenepdan3)mendeskripsikanpeningkatankecakapanakademiksiswakelasVII-2SMPNegeri2KaliangetSumenep.Hasilobservasiawalmenunjukkanbahwagurufisikadikelasinimasihmenggunakanmetodeceramahdalamprosespembelajarantidakbiasamelatihsiswauntukberpikirmandiriselalumenerapkansistemteachercenterkecakapansosialdankecakapanakademiksiswamasihrendah.PenelitiandilaksanakanpadabulanSeptember2008sampaiDesember2008terdiridariduasiklus.Hasilrefleksiawalmengarahkanpenelitiuntukmenerapkanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusisehinggadapatmemperbaikiprosespembelajaranmeningkatkankecakapankecakapansosialkecakapanakademiksiswa.Pelaksanaanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusimeliputipembelajaranyangdiorientasikanpadakecakapanpersonalberpikirsosialakademikdanvokasionalsiswa.PenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusidapatterlaksanadenganbaikdenganprosentaseketerlaksanaanyangsemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.Halinimengindikasikanbahwagurudansiswasemakinakrabdankreatifdenganpendekatanpembelajaranyangdilaksanakan.KecakapansosialdankecakapanakademiksiswaselamapenerapanpembelajarandenganpendekatankonstruktivisyangberbasispraktikumdandiskusipadasiklusIdansiklusIImengalamipeningkatanpadasemuaaspekkecakapansosialdankecakapanakademikbaikpadalevelindividumaupunlevelkelas.