Pengaruh pemanfaatan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas v di slb-bc dharma wanita 01 malang / Khoirun Nuroh

Main Author: Nuroh, Khoirun Nuroh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Online Access: http://repository.um.ac.id/179703/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurohKhoirun2021.PengaruhpenggunaanmediaflashcardterhadapkemampuanmembacapermulaanbagisiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.SkripsijurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd.(2)DimasArifDewantoroM.Pd.KataKunciTunagrahitaKemampuanmembacapermulaanMediaflashcardSiswatunagrahitamerupakansiswayangmengalamihambatandanketerbelakanganperkembanganmentalintelektualjauhdibawahrata-ratahalinimengakibatkankemampuanmembacamenulisdanberhitungsiswatunagrahitarendah.Salahsatumediayangdapatditerapkanuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaanyaitudenganmenggunakanmediaflashcard.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikankemampuanmembacapermulaansebelummenggunakanmediaflashcard(2)mendiskripsikankemampuanmembacapermulaansesudahmenggunakanmediaflashcard(3)mendiskripsikanseberapabesarpengaruhmediaflashcardterhadappeningkatankemampuanmembacapermulaanbagisiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganbentuksingelsubjectresearch(SSR)desaiA-B-A.SubjekpenelitianiniadalahsiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Instrumenpenelitianiniberupalembarkerjakemampuanmembacapermulaan.Teknikanalisisdatapenelitianiniadalahteknikanalisisvisualyangmeliputianalisisdalamkondisidananalisisantarkondisi.Hasilpeelitianmenunjukkansebelumdiberikanintervensikemampuanmembacapermulaantermasukdalamkatagorirendahyangmemeilikimeanlevel4625%sedangkansesudahdiberikanintervensimeanlevelsebesar7525%danpadakondisikontrolmemilikimeanlevel7656%.Presentaseoverlapmenunjukkan0%yangartinyapenggunaanmediaflashcardberpengaruhpositifterhadapkemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Kesimpulanpenelitianmenujukkanbahwa(1)kemampuanmembacapermulaansiswaberadapadakatagorirendahsebelummenggunakanmediaflashcard(2)kemampuanmembacasiswamengalamipeningkatanketikamengguakanmediaflashcard(3)kemampuanmembacapermulaansiswatetapstabildanmeningkatsetelahmenggunakanmediakartukata(4)penggunaanmediakartukataberpengaruhpositifterhadapkemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitakelasV.Saranuntukgurudiharapkanmenggunakanmediayangsesuaidengankemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitayaitudenganmenggunakanmediaflashcard.Penelitiseharusnyadiharapkandapatmengembangkanpenelitiandenganmengginakanmediaflashcardpadasubjekdengankarakteristikyangberbedaataudengantargetbehavioryangberbedasehinggadapatmemberikanpenegetahuanyanglebihluas