Pengaruh pemanfaatan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas v di slb-bc dharma wanita 01 malang / Khoirun Nuroh
Main Author: | Nuroh, Khoirun Nuroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/179703/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurohKhoirun2021.PengaruhpenggunaanmediaflashcardterhadapkemampuanmembacapermulaanbagisiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.SkripsijurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd.(2)DimasArifDewantoroM.Pd.KataKunciTunagrahitaKemampuanmembacapermulaanMediaflashcardSiswatunagrahitamerupakansiswayangmengalamihambatandanketerbelakanganperkembanganmentalintelektualjauhdibawahrata-ratahalinimengakibatkankemampuanmembacamenulisdanberhitungsiswatunagrahitarendah.Salahsatumediayangdapatditerapkanuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaanyaitudenganmenggunakanmediaflashcard.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikankemampuanmembacapermulaansebelummenggunakanmediaflashcard(2)mendiskripsikankemampuanmembacapermulaansesudahmenggunakanmediaflashcard(3)mendiskripsikanseberapabesarpengaruhmediaflashcardterhadappeningkatankemampuanmembacapermulaanbagisiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganbentuksingelsubjectresearch(SSR)desaiA-B-A.SubjekpenelitianiniadalahsiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Instrumenpenelitianiniberupalembarkerjakemampuanmembacapermulaan.Teknikanalisisdatapenelitianiniadalahteknikanalisisvisualyangmeliputianalisisdalamkondisidananalisisantarkondisi.Hasilpeelitianmenunjukkansebelumdiberikanintervensikemampuanmembacapermulaantermasukdalamkatagorirendahyangmemeilikimeanlevel4625%sedangkansesudahdiberikanintervensimeanlevelsebesar7525%danpadakondisikontrolmemilikimeanlevel7656%.Presentaseoverlapmenunjukkan0%yangartinyapenggunaanmediaflashcardberpengaruhpositifterhadapkemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitakelasVdiSLB-BCDharmaWanita01Malang.Kesimpulanpenelitianmenujukkanbahwa(1)kemampuanmembacapermulaansiswaberadapadakatagorirendahsebelummenggunakanmediaflashcard(2)kemampuanmembacasiswamengalamipeningkatanketikamengguakanmediaflashcard(3)kemampuanmembacapermulaansiswatetapstabildanmeningkatsetelahmenggunakanmediakartukata(4)penggunaanmediakartukataberpengaruhpositifterhadapkemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitakelasV.Saranuntukgurudiharapkanmenggunakanmediayangsesuaidengankemampuanmembacapermulaansiswatunagrahitayaitudenganmenggunakanmediaflashcard.Penelitiseharusnyadiharapkandapatmengembangkanpenelitiandenganmengginakanmediaflashcardpadasubjekdengankarakteristikyangberbedaataudengantargetbehavioryangberbedasehinggadapatmemberikanpenegetahuanyanglebihluas