Penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar fisika siswa kelas X-1 semester I SMA Wahid Hasyim Malang / Lya Bhektia Agustina

Main Author: Lya Bhektia Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/17958/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasiawalyangpenulislakukandiSMAWahidHasyimMalangdiketahuibahwahasilbelajarsiswaX-1masihrelatifrendah.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratakelasX-1untukmatapelajaranFisikasebesar4383.Hasilbelajaryangrendahinidisebabkanolehmetodepembelajaranyangditerapkanmasihmenggunakanmetodeceramahdiskusikelompokkecildantanyajawab.Metode-metodeinimembentuksiswamenjadipasifdantidakmemberikancukupruangpadasiswauntukberkreativitas.Siswajugakurangsemangatdalammengikutiprosespembelajaran.Padasaatprosesbelajarmengajarsiswatampakbosanmengantukseringtidakmemperhatikanpenjelasangurudansiswacenderungsantaidalamdiskusikelompokkarenakurangnyatanggungjawabindividuyangdimilikinya.ModelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmengaktifkansiswasalahsatunyaadalahmodelpembelajaranDuaTinggalDuaTamuatauTSTS(TwoStayTwoStray).ModelpembelajaranDuaTinggalDuaTamumerupakanmodelpembelajarankooperatifyangmemungkinkansiswauntuksalingbekerjasamadalammembelajarkansatusamalain.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuipeningkatanprosesbelajarsiswakelasX-1SMAWahidHasyimMalang2)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelasX-1SMAWahidHasyimMalang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Dalampenelitiantindakankelaspenelititerlibatlangsungdalamseluruhprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasitestulisdanangket.PenelitiandilaksanakandikelasX-1SMAWahidHasyimMalangdenganjumlahsiswa24orangpadamateripokokTataSurya.Prosespembelajaranyangdigunakanmeliputikegiatanpersiapanpresentasigurukegiatankelompokpresentasikelasdanevaluasi.TemuanpenelitiandalamsiklusIdansiklusIIadalah(a)langkahpembelajaranpadasiklusImencapaiprosentase7246%danpadasiklusIIadalah8715%(b)prosesbelajarsiswamengalamipeningkatandilihatdaripersentaseketercapaianaktivitasbelajarsiswapadasiklusIuntuktolokukurB(baik)mencapai14.17%meningkatmenjadi53.33%padasiklusII(c)hasilbelajarsiswamengalamipeningkatanyaitupadaaspekkognitifdanaspekafektif.Peningkatanaspekkognitifdilihatdarinilairata-ratapre-testdanpost-testyaitusebesar2817dan4250padasiklusIsedangkanpadasiklusIIadalah3967dan5675darinilairata-rataLKSdiperolehsebesar75.83%padasiklusIdan89.84%padasiklusII.Nilairata-rataaspekafektifsiswajugameningkatdarisiklusIdanIIyaitusebesar73.23%dan79.58%.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbeberapahalsebagaiberikut.PembelajarankooperatifmodelDuaTinggalDuaTamubaikuntukditerapkankarenadisampingmengandalkankemampuansiswauntukberinteraksidengantemannyadalammembantumenguasaimateripelajaran.PembelajarankooperatifmodelDuaTinggalDuaTamujugamembantusiswauntukmemilikibeberapaketerampilansosialsepertibekerjasamaberbagitugasmendengarkanpendapatoranglainmenghargaipendapatoranglainkemampuanbertanyadanlain-lainyangsangatjarangdiberikandalampenerapanpembelajarantradisional.HendaknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjutuntukmodelDuaTinggalDuaTamudenganmateripelajaranyangberbedaserupadenganmateriyangtelahdiambilpenulisjugadalampembelajaranmodelduatinggalduatamuiniguruperlumerencanakanwaktupembelajarandengantepatagarprosespembelajaranfisikaberjalanefektifdanefisien.