Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Dina Prihartanti
Main Author: | Dina Prihartanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17937/ |
Daftar Isi:
- Peningkatanmutupendidikandapatdilakukandenganpenerapanberbagaimacamstrategipembelajarandiantaranyadenganpenerapanmodelpembelajaran.SelamainisebagianbesarsekolahmasihmenggunakanmetodeceramahtermasukdiSMAWahidHasyimsehinggasiswahanyapasifmendengarkanpenjelasanguru.Kondisisepertiinibermaknabahwakegiatanbelajarsiswahanyamendengarkanpadahalintibelajaradalahprosespencariandanpemahaman.Daridatahasilprestasisiswaterlihatbahwanilairata-ratakelasmasihrendahyaitu356darirentangnilai0sampai100.Padakegiatandiskusiguruseringmeninggalkankelassehinggasiswakurangterbimbinghanyabeberapasiswasajayangmengerjakansebagiansibuksendiriataubahkankeluarkelas.Kegiatanpembelajaranselaludilaksanakantepatwaktutetapimasihadasiswayangdatangterlambatataubahkanselaluadasiswayangabsentanpasuratketerangan.HalinilahyangmenunjukkanrendahnyaminatbelajardiSMAWahidHasyim.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkanprestasidanminatsiswaadalahmodelpembelajaranSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions).Olehkarenaitudilakukanpenelitianyangbertujuanuntuk1)mengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasX-2SMAWahidHasyimMalang2)mengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelasX-2SMAWahidHasyimMalang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Untukmemperolehdatayangdiperlukandalampenelitianmakadilakukanpengembanganinstrumenpenelitian.InstrumenyangdigunakanantaralainlembarkerjasiswaformatobservasiketerlaksanaanpembelajaranmodelSTADformatobservasipeningkatanminatbelajarsiswadokumendatasoalpre-testdanpostestsertaangket.Pengambilandatadilaksanakandenganwawancaraobservasipenyebaranangketdantestulis.PenelitianinidilaksanakandikelasX-2SMAWahidHasyimMalangdenganjumlahsiswa26orangpadamateripokoktatasurya.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranSTADdapatter-laksanadengancukupbaikhaliniterlihatpadakeberhasilantahapdiskusikelom-pokyangmerupakanintidariserangkaianpembelajaranSTAD.PadasiklusIsis-wamasihkurangaktifdalamberdiskusisebagianbesarmasihmengerjakansendiritanpabertukarpendapatdengantemandalamkelompoknyaataumeskipunber-diskusimerekaberdiskusisecarabersama-samasehinggahanyasiswatertentusajayangmengungkapkanpendapat.SedangkanpadasiklusIIsudahterjadipening-katankeaktifanberdiskusisiswayangsebelumnyamasihdiamsudahmulaiberanimengungkapkanpendapat.Padaawalnyasiswaberdiskusibersama-samasudahmulaidilakukansecaradua-duasepertiyangdiinstruksikanolehguru.PeningkatanprestasibelajarsiswacukupbaikhaliniterlihatdariskorpeningkatanpretestdanpostestpadasiklusIskorpretestrata-ratakelassebesar2417danpostestsebesar4018.sedangkanpadasiklusIIskorpretestrata-ratakelassebesar3964danpostestsebesar5017.Peningkatanminatbelajarsiswasudahcukupbaikdariaspekkeaktifanberdiskusidanaspekkerjasamakelompoksedangkandariaspekkehadiranmasihkurang.KeaktifanberdiskusisiswapadasiklusImenunjukkanpersentasesebesar50%sedangkanpadasiklusIIsebesar96%.KerjasamakelompokpadasiklusIIcukupbaikdibandingkansiklusIhaliniterlihatdarisikaptanggapanggotake-lompokuntukmenyelesaikanlembardiskusidenganmencariinformasidariber-bagaibukupenunjang.Darihasilangketpersentaserata-rataminatbelajarfisikameningkatsebesar578%darisiklusIkesiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpem-belajaranmodelSTADdiSMAWahidHasyimMalangsudahterlaksanacukupbaikdenganpeningkatanprestasidanminatbelajarsiswayangcukupbaik.