Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Lawang / Nurul Hikmah Wijayanti
Main Author: | Nurul Hikmah Wijayanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17918/ |
Daftar Isi:
- Kuranglengkapnyaalat-alatpercobaanmenjadialasangurufisikaSMPN4Malanglebihdominanmenggunakanmetodeceramahdandemonstrasidalampembelajaran.Siswapasifengganbertanyadankurangmampumenerapkankonsepfisikadalamkehidupansehari-harimerupakanindikatorrendahnyakemampuankerjailmiahsiswayangmerupakandampakdarimetodeceramahguru.Rendahnyanilaiulangansiswadankurangnyakeaktifansiswadalampembelajaranmerupakanindikatorrendahnyahasilbelajarsiswa.Olehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangmenarikdandapatmelibatkansiswadalamprosespembelajaran.Penerapanpembelajarandenganthe5ELearningCycleModeldapatmelibatkansiswasecaraaktifpadasetiapfasepembelajarannya.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanbekerjailmiahdanhasilbelajarmelaluipenerapanpembelajaranfisikaberbasisinkuiridenganthe5ELearningCycleModel.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-ESMPN4Malangtahunajaran2006/2007berjumlah39siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisgainscoreternormalisasiuntukhasilbelajarsiswaaspekkognitifsedangkananalisishasilbelajaraspekafektifpsikomotorikkemampuanbekerjailmiahdanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranberbasisinkuiridenganthe5ELearningCycleModeldapatmeningkatkankemampuanbekerjailmiahsiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekkemampuanbekerjailmiahyangdiamatidanhasilbelajarsiswa.Hasilbelajarsiswayangmeningkatterdiridarihasilbelajaraspekkognitifdari044disiklusImeningkatmenjadi054padasiklusII.HasilbelajaraspekpsikomotrikmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar7147%menjadi9367%padasiklusIIdanuntukhasilbelajaraspekafektifpadasiklusIdiperoleh7481%meningkatpadasiklusIIsebesar9181%.