Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Lawang / Nurul Hikmah Wijayanti

Main Author: Nurul Hikmah Wijayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17918/
Daftar Isi:
  • Kuranglengkapnyaalat-alatpercobaanmenjadialasangurufisikaSMPN4Malanglebihdominanmenggunakanmetodeceramahdandemonstrasidalampembelajaran.Siswapasifengganbertanyadankurangmampumenerapkankonsepfisikadalamkehidupansehari-harimerupakanindikatorrendahnyakemampuankerjailmiahsiswayangmerupakandampakdarimetodeceramahguru.Rendahnyanilaiulangansiswadankurangnyakeaktifansiswadalampembelajaranmerupakanindikatorrendahnyahasilbelajarsiswa.Olehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangmenarikdandapatmelibatkansiswadalamprosespembelajaran.Penerapanpembelajarandenganthe5ELearningCycleModeldapatmelibatkansiswasecaraaktifpadasetiapfasepembelajarannya.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanbekerjailmiahdanhasilbelajarmelaluipenerapanpembelajaranfisikaberbasisinkuiridenganthe5ELearningCycleModel.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-ESMPN4Malangtahunajaran2006/2007berjumlah39siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisgainscoreternormalisasiuntukhasilbelajarsiswaaspekkognitifsedangkananalisishasilbelajaraspekafektifpsikomotorikkemampuanbekerjailmiahdanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranberbasisinkuiridenganthe5ELearningCycleModeldapatmeningkatkankemampuanbekerjailmiahsiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekkemampuanbekerjailmiahyangdiamatidanhasilbelajarsiswa.Hasilbelajarsiswayangmeningkatterdiridarihasilbelajaraspekkognitifdari044disiklusImeningkatmenjadi054padasiklusII.HasilbelajaraspekpsikomotrikmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar7147%menjadi9367%padasiklusIIdanuntukhasilbelajaraspekafektifpadasiklusIdiperoleh7481%meningkatpadasiklusIIsebesar9181%.