Pengembangan modul pembelajaran fisika model daur belajar (Learning Cycle) tiga fase pada materi besaran dan pengukuran untuk SMP kelas VII / Oleh Abdul Hamid Sudiyono
Main Author: | Abdul Hamid Sudiyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17917/ |
Daftar Isi:
- Pengembanganprogrampengajarandilakukandenganmemberikansiswapengalamanlangsungdalammemahamisebuahmateri.Siswamencaritahudanberbuatbelajardariberbagaisumberdanbekerjailmiahuntukpemahamankonsepdanpenerapannya.Orientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadaguru(teachercentered)denganmetodepenyampaiannyamenjadiberpusatpadakegiatansiswa(studentcentered).Dalammemenuhidanmenerapkanpembelajarantersebutsekolahdapatmenggunakanpembelajaranberbasiskonstruktivis.Saatinikeberadaanbahanajar/bukupelajarandisekolahkurangmemfasilitasitujuanpembelajaranberbasiskonstruktivis.Bukudigunakanhanyasebagaisumberpengetahuandankurangmemperhatikanaspekpengalamanbelajar.Salahsatuupayauntukmenunjanghaltersebutadalahdikembangkannyabahanajaryangmenekankanpadaaspekpengalamanbelajarsehinggasiswadapatmembangunsendiripengetahuannyadengangurusebagaifasilitator.Bahanajaryangdapatdigunakandalampembelajaranberbasiskonstruktivisadalahmodul.OlehkarenaitudalampenelitianinidikembangkanmodulBesarandanPengukuranberdasarkanmodeldaurbelajar(learningcycle).Desainpengembanganyangdigunakanadalahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopment-RD).Penelitianinimencakupduakegiatanyaitustudipendahuluandanpengembanganproduk.Studipendahuluanmeliputistudipustakadanstudilapangansedangkanpengembanganmeliputipenyusunandraftmodulevaluasimoduldanrevisimodul.Revisimoduldilakukanberdasarkanperolehannilaidansaran/koreksipadalangkahevaluasiyangdilakukanolehduaorangdosentigaorangguruSMPdanlimaorangsiswaSMP.Instrumenpengumpulandataevaluasidalampenelitianiniadalahangketdanteknikanalisisdatayangdigunakanadalahprosentasedanrata-rata.ModulhasilpengembanganterdiridarisatupokokbahasanyaituBesarandanPengukuran.Pokokbahasantersebutdibagimenjadiduasubpokokbahasandalambentukkegiatanbelajar1dankegiatanbelajar2.Padakegiatanbelajar1mempelajaribesarandansatuandanpadakegiatanbelajar2mempelajaritentangpengukuran.Masing-masingkegiatanbelajarterdiridaritigafaseatautahapanyaitufasepelibatanfasepengenalankonsepdanfasepenerapankonsep.Berdasarkanhasilevaluasidisarankanagarpenelitiandilakukansampaitahapujicobalapangandandanpengembanganmoduldilanjutkansampaikelangkahdiseminasidanimplementasisertadikembangkanmoduldenganmodelyangserupauntukmateripokokyanglain.