Pengembangan modul pembelajaran fisika model daur belajar (Learning Cycle) tiga fase pada materi besaran dan pengukuran untuk SMP kelas VII / Oleh Abdul Hamid Sudiyono

Main Author: Abdul Hamid Sudiyono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17917/
Daftar Isi:
  • Pengembanganprogrampengajarandilakukandenganmemberikansiswapengalamanlangsungdalammemahamisebuahmateri.Siswamencaritahudanberbuatbelajardariberbagaisumberdanbekerjailmiahuntukpemahamankonsepdanpenerapannya.Orientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadaguru(teachercentered)denganmetodepenyampaiannyamenjadiberpusatpadakegiatansiswa(studentcentered).Dalammemenuhidanmenerapkanpembelajarantersebutsekolahdapatmenggunakanpembelajaranberbasiskonstruktivis.Saatinikeberadaanbahanajar/bukupelajarandisekolahkurangmemfasilitasitujuanpembelajaranberbasiskonstruktivis.Bukudigunakanhanyasebagaisumberpengetahuandankurangmemperhatikanaspekpengalamanbelajar.Salahsatuupayauntukmenunjanghaltersebutadalahdikembangkannyabahanajaryangmenekankanpadaaspekpengalamanbelajarsehinggasiswadapatmembangunsendiripengetahuannyadengangurusebagaifasilitator.Bahanajaryangdapatdigunakandalampembelajaranberbasiskonstruktivisadalahmodul.OlehkarenaitudalampenelitianinidikembangkanmodulBesarandanPengukuranberdasarkanmodeldaurbelajar(learningcycle).Desainpengembanganyangdigunakanadalahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopment-RD).Penelitianinimencakupduakegiatanyaitustudipendahuluandanpengembanganproduk.Studipendahuluanmeliputistudipustakadanstudilapangansedangkanpengembanganmeliputipenyusunandraftmodulevaluasimoduldanrevisimodul.Revisimoduldilakukanberdasarkanperolehannilaidansaran/koreksipadalangkahevaluasiyangdilakukanolehduaorangdosentigaorangguruSMPdanlimaorangsiswaSMP.Instrumenpengumpulandataevaluasidalampenelitianiniadalahangketdanteknikanalisisdatayangdigunakanadalahprosentasedanrata-rata.ModulhasilpengembanganterdiridarisatupokokbahasanyaituBesarandanPengukuran.Pokokbahasantersebutdibagimenjadiduasubpokokbahasandalambentukkegiatanbelajar1dankegiatanbelajar2.Padakegiatanbelajar1mempelajaribesarandansatuandanpadakegiatanbelajar2mempelajaritentangpengukuran.Masing-masingkegiatanbelajarterdiridaritigafaseatautahapanyaitufasepelibatanfasepengenalankonsepdanfasepenerapankonsep.Berdasarkanhasilevaluasidisarankanagarpenelitiandilakukansampaitahapujicobalapangandandanpengembanganmoduldilanjutkansampaikelangkahdiseminasidanimplementasisertadikembangkanmoduldenganmodelyangserupauntukmateripokokyanglain.