Penerapan peta konsep dan problem posing untuk meningkatkan pemahaman konsep segitiga siswa kelas VII G SMPN 20 Malang / Ari Yunita

Main Author: Yunita, Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17751/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYunitaAri.2009.PenerapanPetaKonsepdanProblemPosinguntukMeningkatkanPemahamanKonsepSegitigaSiswaKelasVIIGSMPN20MalangSkripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SantiIrawatiM.Si.(II)Dr.SriMulyatiM.PdKatakuncipetakonsepproblemposingpemahamankonsepsegitiga.Petakonsepmatematikamerupakansuatuskemayangmenggambarkansuatuhimpunanataukumpulankonsep-konsep(termasukteoremaprinsipsifat)denganmaksuddikaitkandalamsuatukerangkakerjadenganmenggunakanproposisi-proposisiagarmenjadijelas.Denganpetakonsepsiswaakanlebihmudahmelihatmateripembelajaransehinggaprosespembelajaranyangdilakukanakanlebihjelasdanbermaknasertamendorongsiswauntukmengembangkankreativitasmelaluipengorganisasianpemahamankonseptualnya.Sedangkanproblemposingadalahperumusansoalataupengajuansoaldarisuatusituasiyangtersediabaikdilakukansebelumketikaatausetelahpemecahansuatusoal.Pembelajaraninimengembangankemampuansiswadalammengajukansoalmatematikadanmemintamerekauntukmenyelesaikannyayangakanmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarmatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Penelitianinimenggabungkanpetakonsepdanproblemposingdengantujuanuntukmeningkatkanpemahamankonsepsegitigasertamendeskripsikantingkatketuntasanbelajarsiswamengenaikonsepsegitigadenganpenerapanpetakonsepdanproblemposing.Penelitianinidilakukanpadasemester2tahunajaran2008-2009diSMPN20Malangpadamaterisegitiga.Penerapanpetakonsepdanproblemposingberlangsungmelaluibeberapatahapyaitu(1)Gurumengawalipembelajarandenganmembangkitkanpengetahuanawalsiswaterkaitdenganmateriyangakandibelajarkan.(2)Gurumenjelaskanpetakonsepcaramembuatpetakonsepdancaramembuatsoalkepadasiswa.(3)GurumemberikanLKSdanlembarproblemposingsebagaibahandiskusi.(4)Setelahberdiskusisiswamembuatpetakonsepdanmengerjakanlembarproblemposing(5).Beberapadarisiswamenyajikanhasilkerjamerekakedepankelasuntukdidiskusikanbersama.(6)Diakhirpembelajarangurubersamasiswamembuatkesimpulantentangmateriyangtelahdibahas.Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwakriteriapembuatanpetakonseppada2siklushanya15%siswamembuatpetakonseplengkap75%kuranglengkap10%tidaklengkap.Namunkriteriaketuntasansiswasecaraklasikalmencapai83%padasiklusIdan90%padasiklusII.Sedangkanaktivitasperumusansoalpadalembarproblemposingyangdilakukansiswameningkat3553%untuklembarproblemposingI-IIdanlembarproblemposingIIIIIsebesar319%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaaktivitaspembuatansoaldapatmeningkatkanpemahamankonsepsegitigauntuksiswakelasVIIG.Berdasarkanpembahasanperlupenelitianlebihlanjuttentangpembelajaranpetakonsep.