Ekspektasi siswa kelas VIII, guru, dan pimpinan sekolah terhadap layanan konseling yang diberikan oleh konselor di SMP Negeri 20 Malang / Vina Novita Ayu Agus Tyandari

Main Author: Tyandari, Vina Novita Ayu Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1774/
Daftar Isi:
  • KatakunciEkspektasiSiswaGurudanPimpinanSekolahLayananKonseling.Ekspektasiyangalamistilahaslinyaexpectationatauexpectancydalamkonselingmengandungartipengharapanorangterhadapupaya-upayakonseling.Harapandapatdiartikansebagaikeinginanyangbelumterwujud.EkspektasisiswapadajenjangSMPditemukandalampenelitianVanRiper(1971dalamMappiare200637)yangmengemukakanbahwasiswaSMPmenganggapkonselormembantusiswadalamperencanaanpendidikandansedikitbanyakjugadalammasalahlainyangdihadapiparasiswadisekolah.ShertzerdanStonemenyimpulkanbahwaparagurumengharapkankonselordapatberperansertadalamaktivitasyangmembuatpengajaranlebihmudahdanlebihefektifketikamenulis.MelaluianalisisdariberbagaipenelitianShertzerdanStone(dalamMappiare200638)memperolehempatkesantentangekspektasikepalasekolahterhadapkonselinga)Parakepalasekolahberasumsibahwakonselinghendaknyadapatmembuatefisienorganisasisekolahb)Parakepalasekolahmenganggapbahwatugasutamanyaadalahmemberinasihatpendidikandanjabatanc)Parakepalasekolahmengharapsedikitapa-apadarikonselingd)Parakepalasekolahmengharapkankonselingdapatmemecahkansetiapkesulitanpendidikandanmenyembuhkansetiappeyakit/kesulitansosialsiswabaikyangriilmaupunyangmungkintimbul.Layanankonselingmerupakanjantungbimbinganyangsemuasiswadisekolahmembutuhkannya.Halinidikarenakanlayanankonselingmerupakanlayananprofesionalyangdilakukanolehparakonseloryangterlatihsecaraprofesionalsehinggatidaksembaranganorangdapatmelakukankonselingdenganseorangkonseli.Denganadanyaekspektasidarisiswagurudanpimpinansekolahyangadadapatbertujuanuntukmengoptimalisasikanpemberianlayanankonselingkepadasiswayangmempunyaimasalahpribadisosialbelajardankariersehinggasiswayangdiindikasikanmempunyaimasalahdapatterselesaikansecaraoptimaldansiswadapatmenjalaniperkembangannyasesuaidengantingkatperkembangannya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiekspektasisiswagurudanpimpinansekolahterhadaplayanankonselingyangdiberikanolehkonselordiSMPNegeri20Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.Datayangdidapatkanakandisajikandalambentukangka.Diperolehhasilbahwaekspektasisiswaterhadaplayanankonselingbaikkonselingperorangan/individumaupunlayanankonselingkelompokyangdiberikanolehkonselordiSMPNegeri20Malangsangattinggibanyaksiswaberekspektasibahwalayanankonselingbaikperorangan/individumaupunlayanankonselingkelompokmampumembantusiswayangmempunyaimasalahbaikyangbersifatpribadisosialbelajardankarier.Ekspektasiguruterhadaplayanankonselingbaikkonselingperorangan/individumaupunlayanankonselingkelompokyangdiberikanolehkonselordiSMPNegeri20Malangjugasangattinggibanyakguruyangberekspektasijikakonselormampumembantusiswayangbermasalahdenganpribadisosialbalajardankariersehinggasiswamampuuntukmenjalanikegiatanbelajarmengajarnyadenganbaikmelaluilayanankonselingbaikkonselingperorangan/individumaupunlayanankonselingkelompokdanpimpinansekolahjugamempunyaiekspektasiyangsangattinggiterhadaplayanankonselingyangdiberikanolehkonselordiSMPNegeri20Malangbaikkonselingperorangan/individumaupunkonselingkelompokbanyakpimpinansekolahberekspektasibahwalayanankonselingperorangan/individuataulayanankonselingkelompokmampumembantusiswayangmempunyaimasalahdenganpribadisosialbelajardankariersehinggadapattertuntaskansecaraoptimaldanterhindardarimasalahyangmenggangguperkembangannyamelaluilayanankonselingperorangan/individuataulayanankonselingkelompok.Adapunsaranyangdiberikanberkaitandenganhasilpenelitianyaitu1)bagipimpinansekolahhendakyatidakhanyaberekspektasiterhadaplayanankonselingsajatetapijugadapatberpatisipasisecaraaktifdalampengembanganlayanankonselingkhususnyadalamhalpenentuankebijakankepadalayanankonselingdanlayananBKyanglainagarpelaksanaanlayanankonselingdapatberjalansecaraoptimaldandapattersampaikansecaraefektifdanefisienkepadasiswa2)bagikonselordiharapkankonselormampumemberikanlayanankonselingsecaraoptimalkepadasiswadalamrangkamembantupenyelesaianmasalahbaikyangbersifatpribadisosialbelajardankariersehinggaterjadikesusaianantaraapayangdiekspektasikandengantujuanlayanankonselingyangdiberikankepadasiswa3)bagiguruhendaknyadapatberpartisipasilebihaktifuntukdapatterusmengembangkanlayanankonselingyangdiberikanolehkonselordisekolahdan4)bagiorganisasibimbingankonselingdanlembagapencetaktenagabimbingankonselingdiharapkandapatlebihmemperhatikanpendidikandanselaluberusahauntukmemberikanberbagaipelatihankhususnyayangberhubungandenganlayanankonselingkepadakonseloratautenagapembimbingagarlebihterampildalammemberikanlayanankonseling.