Koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri / Arief Nugroho

Main Author: Nugroho, Arief
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17553/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANNugrohoArief.2018.KoneksiMatematisSiswadalamMenyelesaikanSoalCeritaTrigonometri.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SubanjiM.Si.KataKuncikoneksimatematissoalcerita.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankoneksimatematissiswadalammenyelesaikansoalceritatrigonometri.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikaninstrumenberupalembarteskoneksimatematisdanwawancarakepadasubjek.Subjekterdiridari3orangsiswayaitu1siswadengankemampuanmatematikatinggi1siswadengankemampuanmatematikasedangdan1siswadengankemampuanmatematikarendah.Datayangdidapatkankemudiandianalisisdandijagakeabsahannyamelaluitriangulasi.Berdasarkananalisisyangdilakukandapatdisimpulkanbahwakoneksimatematissiswadalammenyelesaikansoalceritatrigonometriadalahsebagaiberikut(a)Pertamasiswayangberkemampuanmatematistinggimenggunakansemuajeniskoneksimatematisyangdibutuhkanuntukmenyelesaikansoalyaitukoneksiantarrepresentasikoneksidenganpengetahuanterdahulukoneksiantartopikkoneksistrategikoneksidenganbidanglaindankoneksidengankehidupannyata.(b)Keduasiswayangberkemampuanmatematissedangmenggunakansebagianjeniskoneksimatematisuntukmenyelesaikansoalyaitukoneksiantarrepresentasikoneksidenganpengetahuanterdahulukoneksiantartopikdankoneksikehidupannyata.(c)Ketigasiswayangberkemampuanmatematisrendahhanyamenggunakan1jeniskoneksimatematisuntukmenyelesaikansoalyaitukoneksiantarrepresentasi.DewanPengujiKetuaDr.EdyBambangIrawanM.PdNIP.196002231985031003AnggotaDr.RustantoRahardiM.SiNIP.196305021990011001AnggotaDr.SubanjiM.SiNIP.197106051998021001