Pengembangan paket pelatihan keterampilan membuka diri untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa SMP Negeri 20 Malang / Eva Dwi Arimastuti
Main Author: | Arimastuti, Eva Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1750/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganPelatihanKeterampilanMembukaDiriKomunikasiRemajamerupakanmasaperalihandarimasakanak-kanakkemasadewasa.Usiaremajaberkisar12-18tahunberadapadausiaawalSMPdanSMA.Remajamemilikipeluanguntukmembuatperilaku-perilakubarudiluarrumah.Padausiainiremajaselalumengharapkandanmencapaiperilakusosialyangbertanggungjawab.HarapanuntukmencapaiperilakusosialyangbertanggungjawabinilebihditekankanpadamasaSMPkarenamerupakanmasaperalihandarimasakanak-kanak.Sesuaidenganperkembangannyaremajadituntutuntuklebihbelajarmenyesuaikandiridalamhubungansosialterutamadalamhalberkomunikasi.Akantetapipadakenyataannyamasihbanyakremajayangmengalamikesulitandalampenyesuaiansosialberkaitandengankomunikasi.Berdasarkanlatarbelakangdiatasmakarumusanmasalahdifokuskanpadapengembanganmediaberupapaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswadanpanduanpenggunaanuntukkonseloryangberterimasecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Tujuanpenelitianyaituuntukmenghasilkanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswadanpanduanpenggunaanuntukkonseloryangberterimasecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.PengembanganpaketpelatihanketerampilanmembukadiriinimengikutitahapanpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall.Tahapaninimeliputi1)analisiskebutuhan2)penetapanjenismateri3)perumusantujuanumumdantujuankhususpaketpelatihan4)penyusunanproduk5)ujiahlimateridanahlibahasa6)revisi7)ujicalonpenggunaproduk8)ujikelompokkecil9)revisidan10)produkakhir.Gunamengetahuipaketpelatihanyangberterimasecarateoritikmaupunpraktisdilakukanujivaliditasterhadaptiga(3)subyekyaituahlimateriahlibahasadancalonpenggunaproduk(tigakonselorSMP)sekaligusujikelompokkecil(30orangsiswakelasVIIISMP).Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahskalapenilaiansertalembarsaran.Adapunhasilpengisianskalapenilaiandanlembarsarandianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Hasilpengembanganmenunjukkanbahwapaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswamemilikikeberterimaanyangbaiksecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Begitujugadenganpanduanpenggunaanpaketpelatihanmemilikikeberterimaanyangbaiksecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Saranyangdiberikandalamhaliniyaituberhubungandenganpemanfaatanyaitu1)konselordiharapkanmenggunakanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriiniuntukmemberikanlayananBK2)konselordisarankanmemintabantuankonselorpendampingapabilakegiatanpelatihandilakukandalamkelasbesar.Bagipenelitiselanjutnyayaitu1)perludiadakanujilapanganutama2)perludibuatinstrumenuntukmengetahuitingkatkemampuanberkomunikasi3)apabilapaketpelatihanketerampilanmembukadiriiniakandigunakanolehselainsiswaSMPNegeri20Malangmakaperluadanyapenyesuaiansesuaidengankebutuhansiswadisekolahyangbersangkutan.