Pengembangan paket pelatihan keterampilan membuka diri untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa SMP Negeri 20 Malang / Eva Dwi Arimastuti

Main Author: Arimastuti, Eva Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1750/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganPelatihanKeterampilanMembukaDiriKomunikasiRemajamerupakanmasaperalihandarimasakanak-kanakkemasadewasa.Usiaremajaberkisar12-18tahunberadapadausiaawalSMPdanSMA.Remajamemilikipeluanguntukmembuatperilaku-perilakubarudiluarrumah.Padausiainiremajaselalumengharapkandanmencapaiperilakusosialyangbertanggungjawab.HarapanuntukmencapaiperilakusosialyangbertanggungjawabinilebihditekankanpadamasaSMPkarenamerupakanmasaperalihandarimasakanak-kanak.Sesuaidenganperkembangannyaremajadituntutuntuklebihbelajarmenyesuaikandiridalamhubungansosialterutamadalamhalberkomunikasi.Akantetapipadakenyataannyamasihbanyakremajayangmengalamikesulitandalampenyesuaiansosialberkaitandengankomunikasi.Berdasarkanlatarbelakangdiatasmakarumusanmasalahdifokuskanpadapengembanganmediaberupapaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswadanpanduanpenggunaanuntukkonseloryangberterimasecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Tujuanpenelitianyaituuntukmenghasilkanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswadanpanduanpenggunaanuntukkonseloryangberterimasecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.PengembanganpaketpelatihanketerampilanmembukadiriinimengikutitahapanpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall.Tahapaninimeliputi1)analisiskebutuhan2)penetapanjenismateri3)perumusantujuanumumdantujuankhususpaketpelatihan4)penyusunanproduk5)ujiahlimateridanahlibahasa6)revisi7)ujicalonpenggunaproduk8)ujikelompokkecil9)revisidan10)produkakhir.Gunamengetahuipaketpelatihanyangberterimasecarateoritikmaupunpraktisdilakukanujivaliditasterhadaptiga(3)subyekyaituahlimateriahlibahasadancalonpenggunaproduk(tigakonselorSMP)sekaligusujikelompokkecil(30orangsiswakelasVIIISMP).Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahskalapenilaiansertalembarsaran.Adapunhasilpengisianskalapenilaiandanlembarsarandianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Hasilpengembanganmenunjukkanbahwapaketpelatihanketerampilanmembukadiriuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswamemilikikeberterimaanyangbaiksecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Begitujugadenganpanduanpenggunaanpaketpelatihanmemilikikeberterimaanyangbaiksecarateoritisdanpraktisdarisegiketepatankegunaandankemenarikan.Saranyangdiberikandalamhaliniyaituberhubungandenganpemanfaatanyaitu1)konselordiharapkanmenggunakanpaketpelatihanketerampilanmembukadiriiniuntukmemberikanlayananBK2)konselordisarankanmemintabantuankonselorpendampingapabilakegiatanpelatihandilakukandalamkelasbesar.Bagipenelitiselanjutnyayaitu1)perludiadakanujilapanganutama2)perludibuatinstrumenuntukmengetahuitingkatkemampuanberkomunikasi3)apabilapaketpelatihanketerampilanmembukadiriiniakandigunakanolehselainsiswaSMPNegeri20Malangmakaperluadanyapenyesuaiansesuaidengankebutuhansiswadisekolahyangbersangkutan.