Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Malang / Anis Rochma Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Anis Rochma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17478/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwiAnisRochma.2017.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanHasilBelajarMatematikapadaPokokBahasanTrigonometriSiswaKelasXMIPA1SMANegeri6Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SukoriyantoM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifTeamGamesTounamentHasilBelajarMatematikaBerdasarkandatahasilulanganharianmenunjukkanhasilbelajarmatematikasiswakelasXMIPA1SMANegeri6Malangmasihrendah.SementaraituhasilobservasiyangpenelitilakukanpadabulanOktober2016menyatakanbahwapembelajaranmatematikayangdilaksanakancenderungterpusatpadagurudanbukanpadasiswa.UntukmengatasipermasalahantersebutdipilihmodelpembelajarankooperatiftipeTeamGamesTournament(TGT).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipe(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadapokokbahasantrigonometrisiswakelasXMIPA1SMAN6Malang.PenelitianinidilaksanakanmelaluipendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PTKinidilaksanakandalam2siklus.SiklusIdilaksanakanpadatanggal31Januarisampaidengan10Februari2017sedangkansiklusIIdilaksanakanpadatanggal14Febuarisampaidengan21Februari2017.Setiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXMIPA1diSMAN6Malangpadatahun2016/2017sebanyak31siswayangterdiridari17siswaperempuandan14siswalaki-laki.Datayangdikumpulkanpadapenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitasgurudansiswa2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTGTyangdilakukandenganlangkah-langkahpresentasikelasteam(belajarkelompok)gamestournamentdanpenghargaankelompokdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadapokokbahasantrigonometrisiswakelasXMIPA1SMAN6Malang.PersentaseketuntasanhasiltesakhirsiklusIsebesar6452%dansiklusIIsebesar8710%sehinggaterjadipeningkatansebesar2258%darisiklusIkesiklusII.ABSTRACTPratiwiAnisRochma.2017.ApplicationofCooperativeLearninginTeamGamesTournament(TGT)TypetoImproveTheResultsofaMathematicalStudyonTrigonometrySubjectinXMIPA1StudentsofSMANegeri6Malang.Thesis.DepartmentofMathematicsFMIPAStateUniversityofMalang.Advisor(I)Drs.SukoriyantoM.Si.KeywordsCooperativelearningTeamGamesTournamentMathematicalStudysResultBasedondataofdailytestresultsshowedmathematicsstudyresultsofstudentsclassXMIPA1SMAN6Malangunfortunatestilllow.MeanwhiletheresultsofobservatiosthatresearchersdoinOctober2016statedthatlearningmathematicsthatisimplementedtendtobecenteredonteacherandnotonstudents.TosolvethatproblemselectedcooperativelearningmodeltypeofTeamGamesTournament(TGT).ThisresearchaimstodescribethecooperativelearningstepsinTeamGamesTournament(TGT)typewhichcanimprovetheresultsofmathematicalstudyontrigonometrysubjectinXMIPA1ofSMAN6Malang.ThisresearchisconductedthroughaqualitativeapproachtothetypeofClassroomActionResearch.CycleIimplementedonJanuary31tillFebruary102017whilecycleIIwasheldon14th21stFebruary2017.Eachcycleconsistsoffourphaseswhichareplanningimplementationobservationandreflection.ThesubjectofthisresearchisXMIPA1studentsinSMAN6Malangasmanyasthirty-one(31)studentsconsistingofseventeen(17)femalestudentsandfourteen(14)malestudents.Thedatacollectedinthisresearchare1)resultsofteacherandstudentsobservationactivity2)resultsofimplementationand3)resultsofcyclefinaltest.TheresultsshowedthattheapplicationofcooperativelearninginTGTtypeconductedwithpresentationclassteam(studyinagroup)gamestournamentandgroupawardingcanimprovetheresultsoflearninginmathematicalintotrigonometricsubjectforXMIPA1studentsofSMAN6Malang.PercentageofcompletenessofthefinaltestresultofcycleIwas6452%andcycleIIwas8710%sotherewasanincreaseof2258%fromcycleItocycleII.