Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi trigonometri kelas X SMA / Hana Putri Meilana
Main Author: | Meilana, Hana Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17477/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMeilanaHanaPutri.2017.PengembanganMediaPembelajaranMatematikaBerbantuanKomputerMateriTrigonometriKelasXSMA.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingMahmuddinYunusS.KomM.CsKataKunciMediaPembelajaranBerbantuanKomputerTrigonometriMediapembelajaranadalahsegalasesuatuyangdapatmembantuprosesbelajarmengajardenganmenyampaikaninformasisecarajelaskepadasiswa(KustandidanSutjipto20118).Mediapembelajaranmasihjarangdigunakandalampembelajaranmateritrigonometridanmayoritasgurumenyampaikanmateridenganceramah.Halinimenyebabkansiswapasifdanbosansehinggahasilbelajartidakmaksimal.Hasilpemberianangketpada32siswamenunjukkanbahwa50%siswamenjawabbahwamateritrigonometriadalahsalahsatumateriyangsulitdipelajari.Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswalebihmemperhatikanapabilagurumenyampaikanmaterimelaluimediaelektronikdibandingkanmelaluiceramahpapantulisatautanyajawab.Sesuaidenganpemberianangket5625%siswasetujudan15625%sangatsetujubahwamediapembelajaranberbantuankomputeradalahmediayangmenyenangkan.Sebanyak53125%setujudan21875%sangatsetujudari32siswakelasXbahwamediapembelajarandapatmenarikminatbelajar.BerkaitandenganhaltersebutmakadilakukanpenelitianpengembanganmediapembelajaranmatematikaberbantuankomputermateritrigonometrikelasX.PenelitianpengembanganinidilaksanakandengantujuanmenghasilkanprodukmediapembelajaranmatematikaberbantuankomputerpadamateritrigonometribagisiswakelasXSMAyangvalidpraktisdanefektif.Modelpengembanganinimengacupadamodel4-D(fourD)diadopsidarimodelThigarajan(1774)(dalamHobri201012)meliputi(1)Pendefinisian)(2)Perancangan(3)Pengembangandan(4)Penyebaran.ProdukyangtelahdikembangkandivalidasikevalidatorahlimaterivalidasiahlimediasertavalidasiRPP.Untukmenyempurnakanprodukyangdikembangkanpenulistetapmelakukanrevisiberdasarkansarandarivalidator.Ujikepraktisandilakukanmelalui32siswaSMAkelasX.Sedangkanujikeefektifandilakukandenganmemperhatikannilaievaluasiyangdiperolehsiswasetelahmenggunakanprodukyaitudilakukanpada32siswasebagaisubjekujicoba.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanMediaMateridanRPPberturut-turutadalah3.573.62dan3.72dengankriteriavalid(2)ujikepraktisandinyatakanpraktisdenganskor353dengankriteriatinggi(3)ujikeefektifanberdasarkanhasilevaluasimenunjukkan84375%mendapatnilaidiatasKKMsekolahyaitu75denganrata-rata88125.DarihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaprodukmediapembelajaranmatematikaberbantuankomputermateritrigonometrikelasXSMAyangtelahdikembangkantelahmencapaikriteriavalidpraktisdanefektif.