Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang / Dimas Aryo Wicaksono
Main Author: | Wicaksono, Dimas Aryo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17476/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWicaksonoDimasAryo.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkWrite(TTW)GunaMeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisSiswaKelasXMIPA2SMANegeri2Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Abd.QoharM.T.KataKunciPembelajaranKooperatifTipeThinkTalkWriteKomunikasiMatematisSiswa.BerdasarkanobservasiawalterhadapsiswakelasXMIPA2SMAN2Malangdanwawancaradengangurumatematikakelastersebutdidapatkanbahwakomunikasitertulissiswadikelastersebutmasihrendah.Halinidapatdilihatdaripekerjaansiswayangkurangmatematis.Siswabelummemahamiartisimboldalammatematikadimanasimbolmerupakanbagiandaribahasamatematistertulisdanjugamempunyaimaknamasing-masingdalamsetiappenggunaannya.PadapermasalahaninipenelitimenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkankomunikasimatematissiswakelasXMIPA2SMAN2Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)sertamenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatif.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmatematissiswakelasXMIPA2padapokokbahasankomposisifungsidanfungsiinvers.Tahapan-tahapandalampenelitianinidiawalidenganperencanaandilanjutkanpadapelaksanantindakanpengamatansertaanalisisdanrefleksi.Selainitudatapadapenelitianinidiperolehdaridataobservasiaktivitasgurudansiswadanhasiltesakhirsiklus.Datapenelitianinidiperolehdengancara1)observasi2)tesakhirserta3)dokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaraankooperatiftipeThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswadilakukandenganlangkah-langkahsebagaiberikut1)tahapThink(Berpikir)yangdilakukanadalahdenganmemberikansuatupermasalahankontekstualuntukselanjutnyasiswamengamatidanmenayaterkaitpermasalahantersebutsecaraindividu.Siswamenuliskanapasajayangmerekapikirkanmengenaipermasalahanyangdiberikan.Selainmenyelesaikanpermasalahantersebutsiswajugamenuliskanpertanyaanterkaitkesulitanyangdialaminya.2)tahapTalk(Berbicara)dilakukanpadasaatdiskusisecaraberkelompok.Siswapadatahapinibertukarideyangsudahmerekamilikidanmerekatulispadasaatdiberikanpermasalahanpadatahapthink.Padasaatdiskusikelompoksiswadimintaaktifmelakukandiskusidengantemankelompoknya.3)tahapWrite(Menulis)dilakukansecaraindividuolehsiswadengancaramenuliskankesimpulanberdasarkanhasildiskusikelompokdanhasilpembahasansecaraklasikal.