Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran siswa kelas VIII SMPN 1 Dau / Evi Nur Asiyah

Main Author: Asiyah, Evi Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17475/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurAsiyahEvi.2017.PenerapanMetodePenemuanTerbimbinguntukMeningkatkanPemahamanKonsepLingkaranSiswaKelasVIIISMPN1Dau.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SusiswoM.SiKatakuncipembelajaranmatematikapenemuanterbimbingpemahamankonseplingkaranPembelajaranmatematikadiSMPN1Daumasihmenggunakanmetodekonvensional.Pembelajaranbelumterpusatpadasiswa.Gurujugabelumpernahmenggunakanvariasimetodepembelajaran.Berdasarkanhasilobservasididapatkanbahwahasilbelajarmatematikasiswamasihrendah.Hasilbelajarrendahtersebutdisebabkanpemahamankonsepmatematikasiswayangrendahpula.Pemahamankonsepmatematikatersebutditunjukkandenganmembuathubunganantarasituasipermasalahaninformasiyangrelevankonsepmatematikayangberkaitandanalasanyanglogisyangdiukurmelaluitespemahaman.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmeningkatkanpemahamankonseplingkaransiswadalampembelajarandenganmenggunakanmetodepenemuanterbimbingpadasiswakelasVIIIBSMPN1Dau.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBSMPN1Dausebanyak23siswa.Datapadapenelitianinidiperolehmelaluiobservasicatatanlapangandantesuraian(pemahaman).HasilpenelitianiniadalahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmetodepenemuanterbimbingyangdapatmeningkatkanpemahamankonseplingkaransiswakelasVIIIBSMPN1Dau(1)Gurumenyajikanpertanyaanataumasalahyangberkaitandenganmaterimasalahyangakandiberikankepadasiswadengandatasecukupnyadanperumusannyaharusjelassehinggadapatmengarahkansiswapadakonsepyangakanditemukannya(2)Siswamembuathipotesissertagurumembenarkanhipotesisyangdibuatolehsiswa(3)Siswamengujihipotesisyangtelahdibuatnya(4)Siswamenyimpulkanataumenemukansuatukonsepmatematika(5)Gurumemberikanlatihansoalyangberkaitandenganmateri.Peningkatanpemahamankonseplingkaranyaitu7311%padasiklusImenjadi8201%padasiklusIIsebesar8260%siswamendapatnilai880575sertaaktivitassiswadanguruberkategoribaik.ABSTRACTNurAsiyahEvi.2017.ImplementationGuidedDiscoveryMethodtoImproveTheStudentsUnderstandingofTheCircleConceptsinVIIIthGradeofSMPN1Dau.ThesisDepartmentofMathematicsFacultyofMathematicsandNaturalSciencesStateUniversityofMalang.AdvisorDr.SusiswoM.SiKeywordmathematicslearningguideddiscoveryunderstandingofcircleconceptsMathematicslearninginSMPN1Dauuseconventionalmethod.Learningisnotcentralizedonstudents.Theteacherneverusemanyvariationoflearningmethod.Basedofobservationresultgetthatmathstudentlearningoutcomesarestilllow.Thelowlearningoutcomesresultingunderstandingofmathconceptsstudentsarealsolower.Understandingofmathematicalconceptsisshownbymakingtherelationshipbetweenthestateoftheproblemrelevantinformationconceptsrelatedmathematicalandlogicalreasonsasmeasuredbytestcomprehension.ThistypeofresearchisClassroomActionResearch(CAR)toimproveunderstandingofthecircleconceptsstudentuseguideddiscoverymethodinclassVIIIBSMPN1Dau.SubjectsinthisstudywerestudentsofclassVIIIBSMPN1Dauasmanyas23students.Dataoftheresearchwereobtainedthroughobservationfieldnotesandtest(comprehension).TheresultoftheresearchismathematicslearningwithuseguideddiscoverymethodcanimproveunderstandingofthecircleconceptsstudentsinVIIIthGradeofSMPN1Dau(1)Theteacherpresentsquestionsoraproblemrelatedtothematerialtheproblemthatwillbegiventostudentswiththedatatanditsformulationshouldbeclearthatdirectsthestudentsontheconceptsthatwillbefound(2)Studentsmakehypothesisandtheteacherjustifiesthehypothesismadebystudents(3)Thestudentsexaminehypothesisthathasbeen(4)Thestudentsconcludeorfindamathematics(5)Theteachergivesexercisesrelatedtothematerial.Increasedunderstandingofthecircleconceptsof7311%atfirstcyclebecome8201%atsecondcycleabout8260%studentsgetthevalue880575andtheactivityoftheteacherandstudentscategorizedbetter