Analisis kesalahan konstruksi konsep matematika pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Siti Nurnina
Main Author: | Nurnina, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17469/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurninaSiti.2016.AnalisisKesalahanKonstruksiKonsepMatematikapadaMateriAljabarKelasVIIISMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SubanjiM.Si.KataKunciAnalisisKesalahanKonsepKontruksiKonsepMateriAljabar.Dalammenyelesaikanmasalahyangberkaitandenganmaterialjabarterkadangsiswamelakukankesalahanyangdisebabkankesalahandalammengonstruksikonsepaljabar.Bentuk-bentukkesalahankonstruksikonsepberdasarkanSubanji(2015)dibagikedalam4bentukyaitu(1)PseudoConstruction(2)Lubangkonstruksi(3)Mis-analogicalConstruction(4)Mis-logicalconstruction.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentuk-bentukkesalahanyangdilakukansiswadalammengostruksikonseppadamaterialjabar.Subjekdalampenelitianberjumlah4orangsiswakelasVIII-GSMPNegeri13Malangpadasemesterganjiltahunajaran2015/2016yangmewakilidarimasing-masingkelompoktingkatkemampuansiswa.Satusiswadarikelompokbawah2siswadarikelompoktengahdan1siswadarikelompokatas.Siswayangmenjadisubjekpenelitianmelakukanbentuk-bentukkesalahankonstruksikonsepyangberbeda-beda.Teknikpengumpulandatamenggunakansoaltestulisdanwawancarasemiterstruktur.Darihasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesalahansiswadalammenyelesaikanbentukaljabardapatdibagikedalam3bentukkesalahankonstruksikonsepyaituPseudobenarataupseudosalahlubangkonstruksidanmis-analogicalconstruction.1)siswamengalamipseudobenarsaatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganpemfaktoranbentukaljabardenganmemberikanjawabanyangseolah-olahbenarnamunalasanyangdilakukandalammenyelesaikansoaltidaksesuaidengankonsepyangada.2)pseudosalahterjadidalammenyelesaikansoalberkaitandenganpenyederhanaanbentukaljabaryangterjadikarenasiswatidakmemperhatikansyaratpenguranganbentukaljabar3)lubangkonstruksiyangdialamisiswadalammenyelesaikansoalyangberkaitandenganpenjumlahanperkalianpembagianpenyederhanaandanpemfaktoranbentukaljabarterjadikarenakonsepyangterbentuktidakdikonstruksecarautuh4)siswamengalamimis-analogicalconstructiondalamsoalpengurangandanpemfaktoranbentukaljabar.8195Kesalahankonstruksikonseppadamaterialjabaryangseringdialamiolehsiswaadalahlubangkonstruksiyangdisebabkancaraberpikirsiswasecaraspontantidakmemperhatikansyarat-syaratyangdigunakanuntukmenyelesaikansoalyangberkaitandenganbentukaljabardantidakteraturnyapengetahuansiswadarikonseppengetahuansebelumnyadengankonseppengetahuanyangbaru.