Analisis kesalahan konstruksi konsep matematika pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Siti Nurnina

Main Author: Nurnina, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17469/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurninaSiti.2016.AnalisisKesalahanKonstruksiKonsepMatematikapadaMateriAljabarKelasVIIISMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SubanjiM.Si.KataKunciAnalisisKesalahanKonsepKontruksiKonsepMateriAljabar.Dalammenyelesaikanmasalahyangberkaitandenganmaterialjabarterkadangsiswamelakukankesalahanyangdisebabkankesalahandalammengonstruksikonsepaljabar.Bentuk-bentukkesalahankonstruksikonsepberdasarkanSubanji(2015)dibagikedalam4bentukyaitu(1)PseudoConstruction(2)Lubangkonstruksi(3)Mis-analogicalConstruction(4)Mis-logicalconstruction.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentuk-bentukkesalahanyangdilakukansiswadalammengostruksikonseppadamaterialjabar.Subjekdalampenelitianberjumlah4orangsiswakelasVIII-GSMPNegeri13Malangpadasemesterganjiltahunajaran2015/2016yangmewakilidarimasing-masingkelompoktingkatkemampuansiswa.Satusiswadarikelompokbawah2siswadarikelompoktengahdan1siswadarikelompokatas.Siswayangmenjadisubjekpenelitianmelakukanbentuk-bentukkesalahankonstruksikonsepyangberbeda-beda.Teknikpengumpulandatamenggunakansoaltestulisdanwawancarasemiterstruktur.Darihasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesalahansiswadalammenyelesaikanbentukaljabardapatdibagikedalam3bentukkesalahankonstruksikonsepyaituPseudobenarataupseudosalahlubangkonstruksidanmis-analogicalconstruction.1)siswamengalamipseudobenarsaatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganpemfaktoranbentukaljabardenganmemberikanjawabanyangseolah-olahbenarnamunalasanyangdilakukandalammenyelesaikansoaltidaksesuaidengankonsepyangada.2)pseudosalahterjadidalammenyelesaikansoalberkaitandenganpenyederhanaanbentukaljabaryangterjadikarenasiswatidakmemperhatikansyaratpenguranganbentukaljabar3)lubangkonstruksiyangdialamisiswadalammenyelesaikansoalyangberkaitandenganpenjumlahanperkalianpembagianpenyederhanaandanpemfaktoranbentukaljabarterjadikarenakonsepyangterbentuktidakdikonstruksecarautuh4)siswamengalamimis-analogicalconstructiondalamsoalpengurangandanpemfaktoranbentukaljabar.8195Kesalahankonstruksikonseppadamaterialjabaryangseringdialamiolehsiswaadalahlubangkonstruksiyangdisebabkancaraberpikirsiswasecaraspontantidakmemperhatikansyarat-syaratyangdigunakanuntukmenyelesaikansoalyangberkaitandenganbentukaljabardantidakteraturnyapengetahuansiswadarikonseppengetahuansebelumnyadengankonseppengetahuanyangbaru.