Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Batu / Rosa Amalia Adiafidah

Main Author: Adiafidah, Rosa Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17465/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdiafidahRosaAmalia.2016.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKeaktifanSiswadalamPembelajaranMatematikapadaSiswaKelasVII-FSMPNegeri3Batu.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Abd.QoharMT.KataKunciproblembasedlearningkeaktifansiswaBerdasarkanhasilpengamatanpenelitipadasaatpelaksanaanKajianPraktekLapangan(KPL)siswacenderungtidakberperanaktifpadakegiatanpembelajaran.SelainitudarihasilwawancaradengangurumatematikaSMPNergeri3Batusiswalebihterbiasadibimbingdalammemahamimaterisehinggadiskusikelompokkurangefektifkarenasiswabanyakbertanyakepadaguru.Untukmengatasimasalahinipenelitimenggunakanmetodeproblembasedlearning(PBL)ataupembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkankeaktifansiswa.PBLmerupakanpembelajarandimanasiswadiberikanbeberapamasalahyangberhubungandengankehidupansehari-hariuntukdiselesaikansecaraberkelompok.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatankeaktifansiswaselamapembelajarandenganmenggunakanPBL.Indikatorkeaktifansiswadilihatdarikegiatansiswadalambertanya/menjawabpertanyaanberdiskusidanmenyampaikanpendapatyangrelevan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).LokasipenelitianiniadalahdiSMPNegeri3Batu.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII-FSMPNegeri3Batuyangberjumlah30siswa.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahdatakualitatifberupahasilobservasikegiatansiswakegiatangurudankeaktiifanbelajarsiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanrata-ratakeaktifansiswadari448275%padasiklus1menjadi81667%padasiklus2.Peningkatankeaktifansiswainijugadidukungolehpeningkatanaktifitasgurudari75961%padasiklus1menjadi86217%padasiklus2.Hasiltersebutdidapatdaripenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)denganlangkah-langkahsebagaiberikut1)memberikanmasalahyangberhubungandengankehidupansehari-hari2)mengklarifikasiistilahpernyataanataukonsepyangbelumdiketahui3)merumuskanmasalah4)menganalisamasalah5)merumuskangagasandantindakanyangakandilakukan6)melakukanpenyelidikanmandiri(kelompok)7)memantapkangagasanmerumuskantindakanlebihlanjut8)melaporkanselesaianmasalahevaluasiproses.DewanPengujiKetuaDrs.DwiyanaM.PdPh.DNIP.19540300619882031005AnggotaDr.AbdulQoharMT.NIP.196803212003121001AnggotaMochammadHafiizhS.PdM.Si.NIP.198804182004041001