Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Batu / Rosa Amalia Adiafidah
Main Author: | Adiafidah, Rosa Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17465/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdiafidahRosaAmalia.2016.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKeaktifanSiswadalamPembelajaranMatematikapadaSiswaKelasVII-FSMPNegeri3Batu.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Abd.QoharMT.KataKunciproblembasedlearningkeaktifansiswaBerdasarkanhasilpengamatanpenelitipadasaatpelaksanaanKajianPraktekLapangan(KPL)siswacenderungtidakberperanaktifpadakegiatanpembelajaran.SelainitudarihasilwawancaradengangurumatematikaSMPNergeri3Batusiswalebihterbiasadibimbingdalammemahamimaterisehinggadiskusikelompokkurangefektifkarenasiswabanyakbertanyakepadaguru.Untukmengatasimasalahinipenelitimenggunakanmetodeproblembasedlearning(PBL)ataupembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkankeaktifansiswa.PBLmerupakanpembelajarandimanasiswadiberikanbeberapamasalahyangberhubungandengankehidupansehari-hariuntukdiselesaikansecaraberkelompok.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatankeaktifansiswaselamapembelajarandenganmenggunakanPBL.Indikatorkeaktifansiswadilihatdarikegiatansiswadalambertanya/menjawabpertanyaanberdiskusidanmenyampaikanpendapatyangrelevan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).LokasipenelitianiniadalahdiSMPNegeri3Batu.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII-FSMPNegeri3Batuyangberjumlah30siswa.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahdatakualitatifberupahasilobservasikegiatansiswakegiatangurudankeaktiifanbelajarsiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanrata-ratakeaktifansiswadari448275%padasiklus1menjadi81667%padasiklus2.Peningkatankeaktifansiswainijugadidukungolehpeningkatanaktifitasgurudari75961%padasiklus1menjadi86217%padasiklus2.Hasiltersebutdidapatdaripenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)denganlangkah-langkahsebagaiberikut1)memberikanmasalahyangberhubungandengankehidupansehari-hari2)mengklarifikasiistilahpernyataanataukonsepyangbelumdiketahui3)merumuskanmasalah4)menganalisamasalah5)merumuskangagasandantindakanyangakandilakukan6)melakukanpenyelidikanmandiri(kelompok)7)memantapkangagasanmerumuskantindakanlebihlanjut8)melaporkanselesaianmasalahevaluasiproses.DewanPengujiKetuaDrs.DwiyanaM.PdPh.DNIP.19540300619882031005AnggotaDr.AbdulQoharMT.NIP.196803212003121001AnggotaMochammadHafiizhS.PdM.Si.NIP.198804182004041001