Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII-F SMP Negeri 8 Malang / Novis Rachma Furzivia

Main Author: Furzivia, Novis Rachma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17460/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFurziviaNovisRachma.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperaifTipeTeamAssistedIndividualization(TAI)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswakelasVII-FSMPN8Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.IpungYuwonoMS.M.Sc.KataKunciKooperatifTeamAssistedIndividualization(TAI)KemampuanBerpikirKreatif.Dalampembelajaranmatematikakemampuanberpikirkreatifsangatdiperlukanolehsiswabaikdalampengajuanmasalahmaupunpemecahanmasalah.PenelitianpendahuluanyangdilakukandiSMPN8Malangditemukanhanyaterdapat3548%siswayangtergolongmemilikikemampuanberpikiryangkreatifberdasarkankriteriadariGuilford.Persentasesiswadengankemampuankreatiftersebutmasihtergolongrendah.Salahsatupenyebabnyaadalahjenistugasdalampembelajaranseringkalibersifattertutup.Padapenelitianinimateriyangdigunakanuntukmengetahuipeningkatanberpikirkreatifsiswayaitumateripersamaanlinearsatuvariabel.ModelpembelajarankooperatiftipeTeamAssitedIndividualization(TAI)digunakansebagaisalahsatualternatifyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-FdiSMPN8Malang.Rancanganpembelajarandisusunsecarakolaboratifantarapenelitidengangurukelas.Datayangterdiridarihasiltesawaldeskripsitindakangurudansiswaselamapenerapanmodelsertahasiltesakhirdikumpulkandandianalisis.Tindakanpembelajarandifokuskanpadapengembangankemampuanberpikirkreatifsiswa.Analisistindakanpembelajaranmeliputilangkah-langkahpembelajarandalammodelyaituPlacementtestTeamsStudentcreativeTeachinggroupTeamstudyFacttestwholeclassunitsTeamscoresandteamsrecognition.Disisilainpeningkatankemampuanberpikirkreatifsebagaidampaktindakanmodelpembelajaranakandianalisisberdasarkankemampuanberpikirlancar(fluency)kemampuanberpikirfleksibel(flexibility)dankemampuanberpikirorisinal(originality).HasilpenelitianmenunjukkanpenerapantindakanpembelajaranKooperatiftipeTeamAssitedIndividualization(TAI)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-FdiSMPN8Malangsebagaiberikut.Placementtestyaitupemberiantestawalpadasiswauntukpenempatankelompokdanmengetahuikemampuanawalberpikirkreatifsiswadengandiberikansoalterbuka(openended).Teamsyaitupembentukankelompokolehguruberdasarkanhasiltestpenempatandengankemampuanberpikirkreatifheterogen.StudentcreativeyaitupemberianLembarKerjaIndividuyangberisilatihansoalpemahamankonseppemecahanmasalahdansoalterbuka(openended)mengenaipersamaanlinearsatuvariabeldanaritmatikasosialyangdikerjakansecaraindividuuntukmelatihkemampuanberpikirkreatifsiswa.Teachinggroupyaitugurumengunjungisetiapkelompokuntukmemberikanarahankepadasiswadenganmemberikanpertanyaanpancinganjikaadasiswayangkesulitandanmengecekjawabansiswauntukmengetahuipemahamansiswadalammemahamimenyelesaikandanmengajukanmasalahyangadadalamlembarkerjaindividu.Teamstudymethodyaitusiswamelakukanpengecekanjawabandengantemankelompoknyadanjikaadajawabanyangsalahsiswamembenarkanjawabandibantuolehtemansatukelompok.Wholeclass-unityaitugurumerefleksipembelajarandanmengulaskembalimasalahyangdianggapsulitolehsiswa.facttestyaitugurumemberikankesempatansiswauntukberlatihmenerapkankemampuanberpikirkreatifdalambentukmembuatsoalyangsesuaidengankriteriatertentu.Teamscoreandrecognizeyaitugurumenghitungskorkelompokdarilembarkerjaindividudankelompokdenganskortertinggimendapatkanpenghargaanberupasertifikat.PeningkatankemampuanberpikirkreatifawalsiswakelasVII-Fpadamateripersamaanlinearsatuvariabeldanaritmatikasosialdalampenelitianiniditunjukkanjikaminimal75%darisiswayangmengikutitestakhirsiklusmasukdalamkategoribaikataukratif.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehhasilbahwakemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-FyangmasukdalamkategoribaikataukreatifdarisiklusIkesiklusIImeningkatdari5806%menjadi90%daribanyaknyasiswakelasVII-Fyangmengikutiujianakhirsiklus.DaripenelitanyangtelahdilakukanpenelitipenelitimemberikansaranuntukpenelitiselanjutnyamelakukanpenelitianterkaitpenerapanpembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)yangdapatmeningkatkanberpikirkreatifsiswapadamaterilaindankelemahan-kelemahanyangdialamipenelitipadapenelitianinihendaknyadapatdijadikanrefleksiuntukmelakukanperbaikan.