Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Siti Nurhasanah
Main Author: | Nurhasanah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17457/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurhasanahSiti.2016.PengembanganPerangkatPembelajarandenganPendekatanSaintifikBerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriPersamanaandanPertidaksamaanLinierSatuVariabeluntukSiswaKelasVIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikpenemuanterbimbingpersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabel.Perubahankurikulumyangterjadipadatahun2013(lebihdikenaldengankurikulum2013)mengakibatkanperubahanpadaprosespembelajarandikelasbaikperangurukegiatanpembelajaranmaupunketerlibatansiswadalampembelajarantersebut.Perubahantersebutdisertaidenganpengadaanbukuteksuntukmenunjangkurikulum.Namunadabeberapabagiandaribukutekstersebutyangkurangsesuaidanmasihperluditunjangolehsumberbelajarlain.OlehkarenaituperluadanyapengembanganLKSsebagaisalahsatusumberbelajaralternatif.DalammengembangkanLKSharusmemuatlangkahpendekatansaintifiksesuaiK13.Dalampendekataansaintifikjugadianjurkanmenggunakanmetodepembelajaranyangadayangmemberikanpeningkatanketerlibatansiswasaatprosesbelajar.Salahsatumetodetersebutadalahmetodepenemuanterbimbing.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikberbasispenemuanterbimbingyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangmemuataktivitas-aktivitasyangdisesuaikandenganperpaduantahapanpembelajaranpadapendekatansaintifikdenganmodelpenemuanterbimbing.Tahapanpendekatansaintifikberbasispenemuanterbimbingyaitumengamatimenanya(mengajukanpertanyaandanmerumuskanhipotesis)mengumpulkaninformasi(mengumpulkandata)mengasosiasi(menganalisisdatadanmenarikkesimpulan)danmengomunikasikan.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanperangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabelyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganPlomp(2013)denganfasepenelitianterdiriatas(1)faseinvestigasimasalahdananalisiskebutuhan(2)fasepengembangandesaindanimplementasidan(3)faseevaluasi.Ujikevalidandilakukanolehvalidatorahlidanvalidatorpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmenerapkanprodukpada8siswakelasVIIsebagaisubjekujicobadengandiamatiolehduaorangobserver/pengamat.Hasilanalisisdatamenunjukanbahwa(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah33125dan337167(2)skorkepraktisanberdasarkanobservasikegiatanguruadalah34236danberdasarkanangketresponsiswaadalah3453125(3)skorkeefektifanberdasarkanobservasikegiatansiswaadalah34333(4)presentasebanyaksiswayangmendapatkannilailatihansoaldiatas70adalah75%.Dengandemikianperangkatpembelajaraninitelahdinyatakanvalidpraktisdanefektif.Meskipunbegiturevisitetapdilakukanberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobademipenyempurnaanprodukyangdikembangkan.