Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Serli Evidiasari
Main Author: | Evidiasari, Serli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17456/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEvidiasariSerli.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingMateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Sc.KataKunciperangkatpembelajaranpenemuanterbimbingpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelMatematikamerupakansuatualatuntukmengembangkancaraberpikirsehinggasangatdiperlukanuntukmenyelesaikanpermasalahansertaberperanpentingdalamkemajuanIPTEK.Olehsebabitumatematikadiajarkandisekolahsejaktingkatdasarsampaimenengahatas.Belajarmatematikaharusterorganisasidenganbaikkarenamaterisebelumnyadansesudahnyasalingterkaitdanmendukung.Selainitusiswajugaharusaktifagarpengetahuanyangdidapatdapatdipahamidenganlebihbaikdandiingatlebihlama.Salahsatucarabelajaryangmendukungadalahbelajarmenemukan.Belajarmenemukanadalahprosesbelajaryangmenuntutsiswamenemukansendirisuatupengetahuan.Namunmenemukansuatukonsepdianggapsulituntukdilaksanakanbilatanpabimbinganguru.Olehsebabitumetodebelajarlainyangdianggaplebihbaikadalahpenemuanterbimbing.Dalampembelajarandenganpenemuanterbimbinggurumemberikanbimbinganberupapertanyaanyangmengarahkansiswapadasuatukompetensiyangingindicapai.Selainpemilihanmetodetujuanpembelajarandapattercapaijikagurumelakukanperencanaandenganbaik.Perencanaanprosespembelajaraninidapatdilakukandenganmenyusunperangkatpembelajaran.BerdasarkanwawancaradenganbeberapaguruSMPbanyakdarimerekayangmengunduhperangkatpembelajarandiinternettanpamengubahnya.Padahalmasihditemukanbanyakkekeliruanpadaperangkattersebut.Gurujugamengakubahwametodeyangdigunakanmonotonyaitumengerjakansoaldansumberbelajarhanyaberupabukupaketsaja.GuruberalasantidaksempatmengembangkanLKS.Halinididugakarenaperencanaanpembelajarandiawaltidakmaksimal.BerdasarkanwawancaradengansiswaSMPNegeri4Malangpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelmerupakansalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswa.Padahalmateritersebutpentingsebagaimateriprasyaratmateri-materilainnya.Olehsebabitupengembangbermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranmateripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelyangberbasispenemuanterbimbing.PerangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangmemuataktivitas-aktivitasyangdisesuaikandenganperpaduantahapanpembelajarandenganmetodepenemuanterbimbing.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmembuatperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelyangvalidpraktisdanefektif.