Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Serli Evidiasari

Main Author: Evidiasari, Serli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17456/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEvidiasariSerli.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingMateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Sc.KataKunciperangkatpembelajaranpenemuanterbimbingpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelMatematikamerupakansuatualatuntukmengembangkancaraberpikirsehinggasangatdiperlukanuntukmenyelesaikanpermasalahansertaberperanpentingdalamkemajuanIPTEK.Olehsebabitumatematikadiajarkandisekolahsejaktingkatdasarsampaimenengahatas.Belajarmatematikaharusterorganisasidenganbaikkarenamaterisebelumnyadansesudahnyasalingterkaitdanmendukung.Selainitusiswajugaharusaktifagarpengetahuanyangdidapatdapatdipahamidenganlebihbaikdandiingatlebihlama.Salahsatucarabelajaryangmendukungadalahbelajarmenemukan.Belajarmenemukanadalahprosesbelajaryangmenuntutsiswamenemukansendirisuatupengetahuan.Namunmenemukansuatukonsepdianggapsulituntukdilaksanakanbilatanpabimbinganguru.Olehsebabitumetodebelajarlainyangdianggaplebihbaikadalahpenemuanterbimbing.Dalampembelajarandenganpenemuanterbimbinggurumemberikanbimbinganberupapertanyaanyangmengarahkansiswapadasuatukompetensiyangingindicapai.Selainpemilihanmetodetujuanpembelajarandapattercapaijikagurumelakukanperencanaandenganbaik.Perencanaanprosespembelajaraninidapatdilakukandenganmenyusunperangkatpembelajaran.BerdasarkanwawancaradenganbeberapaguruSMPbanyakdarimerekayangmengunduhperangkatpembelajarandiinternettanpamengubahnya.Padahalmasihditemukanbanyakkekeliruanpadaperangkattersebut.Gurujugamengakubahwametodeyangdigunakanmonotonyaitumengerjakansoaldansumberbelajarhanyaberupabukupaketsaja.GuruberalasantidaksempatmengembangkanLKS.Halinididugakarenaperencanaanpembelajarandiawaltidakmaksimal.BerdasarkanwawancaradengansiswaSMPNegeri4Malangpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelmerupakansalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswa.Padahalmateritersebutpentingsebagaimateriprasyaratmateri-materilainnya.Olehsebabitupengembangbermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranmateripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelyangberbasispenemuanterbimbing.PerangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangmemuataktivitas-aktivitasyangdisesuaikandenganperpaduantahapanpembelajarandenganmetodepenemuanterbimbing.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmembuatperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelyangvalidpraktisdanefektif.