Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMK / Lucky Kusumawardhani
Main Author: | Kusumawardhani, Lucky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17445/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumawardhaniLucky.2016.PengembanganLembarKerjaSiswaBerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriBarisandanDeretuntukKelasXSMK.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematika.JurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AbdulQoharM.TKataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)penemuanterbimbingbarisandanderetTujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateribarisandanderetuntukkelasXSMK.MateribarisandanderetmemerlukanpemahamankonsepyangbaiksedangkanLKSsebelumnyabelumdapatmemahamkansiswatentangkonsepbarisandanderet.LKStersebutberisirumus-rumusyangsiapdiaplikasikanuntukmenyelesaikansoalsedangkansiswatidakmengetahuibagaimanarumus-rumustersebutdiperoleh.SolusidarifaktadilapanganiniadalahdikembangkannyaLKSdenganmetodepenemuanterbimbingdengan4faseyaitufasependahuluanfaseterbukafasekonvergendanfasepenutup.Metodepenemuanterbimbingmembantusiswamenemukankonsepsuatumaterisecaramandiridenganbimbinganguru.PengembanganyangdilakukanuntukmenghasilkanLKSberbasispenemuanterbimbingadalahpengembanganmodelPLOMPdengan4faseyaitu1)faseinvestigasiawal2)fasedesain3)faserealisasidan4)fasetesevaluasidanrevisi.PadafaseinvestigasiawalpenelitimenemukankelemahanLKSbarisandanderetyangpernahdigunakandisekolahkondisisiswadalambelajarpengkajianmaterisertametodepembelajaran.PadafasedesainpenelitimenghasilkanrumusantujuandansusunanmateripadaLKSsusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)rancanganformatdanisiLKSdanrancanganlembarvalidasi.PadafaserealisasipenelitimenghasilkansusunaninstruksipadaLKSdansajianLKS.PadafasetesevaluasidanrevisidiperolehhasilujikevalidandariduavalidatorterhadapLKSRPPangketresponsiswadansoalujipemahamanpadaLKS.LKSyangtelahdikembangkantelahdinyatakanvalidberdasarkanujikevalidanolehduavalidator.LKSinidinyatakanpraktiskarenatelahdiujicobakanpadaujilapangan1(6siswa)danujilapangan2(seluruhsiswadalamkelas)sertaberdasarkankriteriakepraktisanyangdiperolehdariperhitunganhasilangketresponsiswadandinyatakanefektifkarenatelahdiujicobakandanhasilpekerjaansiswapadasoalujipemahamandiLKSmemenuhikriteriaketuntasanbelajardimanalebihdari80%darikeseluruhansiswamemperolehnilaiminimal75.8195