Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan segiempat untuk siswa kelas 7 SMP / Indah Rachmawati

Main Author: Rachmawati, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17439/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRachmawatiIndah.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPendekatanSaintifikdenganModelKooperatifJigsawpadaPokokBahasanSegiempatuntukSiswaKelas7SMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikmodelkooperatifjigsawsegiempatGurusebagaipengampupendidikanbertanggungjawabuntukmerancangprosespembelajaranyangbaik.Salahsatuyangdapatdilakukanguruadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajaran.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpengembangdiperolehbahwaperangkatpembelajaranyangberedarperluperbaikan.Salahsatucontohnyaadalahterdapatguruyangtidakdapatmerumuskanindikatorpembelajaran.Selainitukondisibukupesertadidikkhususnyapadasubmaterimengidentifikasisifatsegiempatkurangmemberikanruangpesertadidikuntukterlibataktifdalampembelajaranyangsesuaidenganpembelajaranberbasispendekatansaintifik.Berdasarkanhasilwawancaradiperolehkurangnyapemahamanpesertadidiktentanghubunganantarbangunsegiempat.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembejaranberbasispendekatansaintifikdenganmodelkooperatifjigsawpadapokokbahasansegiempatyangvalidpraktisdanefektif.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS).ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpengembanganPlompt.Modeliniterdiridarilimatahapyaitu(1)investigasiawal(2)desain(3)realisasi/konstruksi(4)tesevaluasidanrevisi(5)implementasi.Namuntahapimplementasitidakdilakukanpadapenelitianpengembanganinikarenaketerbatasanbiayadanwaktupenelitian.UjikevalidandilakukandenganpengisianangketvalidasiRPPdanLKSolehduavalidatoryaituseorangdosenmatematikadenganpendidikanterakhirS2danseoranggurumatematikadenganpendidikanterakhirS1danberpengalamanselamalebih5tahunmengajar.Ujikepraktisandilakukandenganpengisianlembarketerlaksanaanperangkatpembelajaranolehseoranggurudanseorangmahasiswa.Ujikeefektifandilakukandenganpenilaianhasilbelajarkelompokdanpemberiankuisoleh30pesertadidikkelasVII-GSMPNegeri4Malang.