Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan segiempat untuk siswa kelas 7 SMP / Indah Rachmawati
Main Author: | Rachmawati, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17439/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRachmawatiIndah.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPendekatanSaintifikdenganModelKooperatifJigsawpadaPokokBahasanSegiempatuntukSiswaKelas7SMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.KataKunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikmodelkooperatifjigsawsegiempatGurusebagaipengampupendidikanbertanggungjawabuntukmerancangprosespembelajaranyangbaik.Salahsatuyangdapatdilakukanguruadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajaran.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpengembangdiperolehbahwaperangkatpembelajaranyangberedarperluperbaikan.Salahsatucontohnyaadalahterdapatguruyangtidakdapatmerumuskanindikatorpembelajaran.Selainitukondisibukupesertadidikkhususnyapadasubmaterimengidentifikasisifatsegiempatkurangmemberikanruangpesertadidikuntukterlibataktifdalampembelajaranyangsesuaidenganpembelajaranberbasispendekatansaintifik.Berdasarkanhasilwawancaradiperolehkurangnyapemahamanpesertadidiktentanghubunganantarbangunsegiempat.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembejaranberbasispendekatansaintifikdenganmodelkooperatifjigsawpadapokokbahasansegiempatyangvalidpraktisdanefektif.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS).ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpengembanganPlompt.Modeliniterdiridarilimatahapyaitu(1)investigasiawal(2)desain(3)realisasi/konstruksi(4)tesevaluasidanrevisi(5)implementasi.Namuntahapimplementasitidakdilakukanpadapenelitianpengembanganinikarenaketerbatasanbiayadanwaktupenelitian.UjikevalidandilakukandenganpengisianangketvalidasiRPPdanLKSolehduavalidatoryaituseorangdosenmatematikadenganpendidikanterakhirS2danseoranggurumatematikadenganpendidikanterakhirS1danberpengalamanselamalebih5tahunmengajar.Ujikepraktisandilakukandenganpengisianlembarketerlaksanaanperangkatpembelajaranolehseoranggurudanseorangmahasiswa.Ujikeefektifandilakukandenganpenilaianhasilbelajarkelompokdanpemberiankuisoleh30pesertadidikkelasVII-GSMPNegeri4Malang.