Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi statistika untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Emmalia Rahmadiana
Main Author: | Rahmadiana, Emmalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17438/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmadianaEmmalia.2016.PenerapanPembelajaranMatematikaDenganPendekatanRealisticMathematicEducation(RME)UntukMeningkatkanPemahamanSiswaMengenaiMateriStatistikauntukSiswaKelasVIIISMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.MShohibulKahfiM.Pd.KatakuncipemahamanpendekatanrealisticmathematiceducationKemampuanmemahamisuatumasalahmerupakansalahsatutujuandaripembelajaranmatematika.Meningkatnyapemahamansiswakhususnyapemahamanmatematikaditandaidenganmeningkatnyakemampuansiswadalammenyerapkonsep-konsepdanalgoritmamatematikayangdiajarkanolehguru.BerdasarkanpengamatanyangdilakukandiSMPN20Malangtingkatpemahamansiswamasihrendahdilihatdaricarasiswadalammengerjakansoalyangdiberikanolehguru.SehinggapenulisinginmelakukansuatupenelitianuntukmeningkatkanpemahamansiswadengantujuanpenelitianmemperbaikicaramengajardalammeningkatkanpemahamansiswatentangmateristatistikamelaluipendekatanRealisticMathematicEducation(RME).JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdenganduasiklussikluspertamaterdiridaritigapertemuandansikluskeduaterdiridariduapertemuan.SubyekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIII-BSMPN20Malangsebanyak30orang14laki-lakidan16perempuan.Pemilihansubyekdilakukandenganmemperhatikankemampuandankarakterparasiswasertadenganpertimbangangurukelas.PenelitiandilakukanpadabulanJanuari-Februari2016.Kegiatanpenelitianmeliputipembelajarandiskusikelaspresentasidanpemberiantes.Datadiperolehdarinilaihasiltesakhirsiklushasilobservasiaktivitasgurudansiswadancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahjika80%siswatidakmelakukankesalahankonsepsejakawalpenyelesaiansoalpersentasebanyaknyasiswaberkategorituntasbelajarminimal80%daribanyaknyasiswasatukelasdengankriteriaketuntasanbelajarnilaites75danhasilobservasiaktivitasgurudansiswaminimal75%.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwaketuntasanbelajarsebesar93%danterdapat2siswayangmelakukankesalahandalampenghitunganhasilakhirpadamaterimenggambarkandiagramsuatudatasertahasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaransiklusItermasukdalamkategoribaikdimanapresentaserata-ratasiklusIaktivitasaktifitassiswaadalah8237%danaktivitasgurusebesar8333%.PadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarsiswamencapai100%daribanyaknyasiswadalamkelas.HasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaransiklusIItermasukdalamkategoriSangatBaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatanRealisticMathematicEducation(RME)dapatmeningkatkanpemahamansiswakelasVIII-BSMPN20Malangpadamateristatistika.