Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi Barisan dan Deret Tak Hingga untuk siswa kealas XI MIA / Dian Maharani
Main Author: | Maharani, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17424/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaharaniDian.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriBarisandanDeretTakHinggauntukSiswaKelasXIMIA.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLatifahMustofaLestyantoS.Si.M.Pd.KataKunciperangkatpembelajaranpenemuanterbimbingbarisandanderettakhinggaTujuanpembelajaranyangtercantumdalamkurikulum2013(K13)dapattercapaijikaprosespembelajarandilakukandalamkeadaankondusifmenarikdanbermakna.Prosespembelajaraninidapattercapaijikagurumelakukanperencanaanprosesdanpenilaiandenganbaik.PerencanaanpembelajarandapatdilakukandenganmembuatRPPdanmengacupadasumberbelajarsepertibukutekspelajaranyangtelahditetapkanpemerintah.Kenyataannyaadabeberapabagiandaribukutekstersebutyangkurangsesuaidanmasihperludiperbaiki.AdanyaketidaksesuaianitumembuatguruperlumengembangkanLKSyangsesuaidengankebutuhansiswadantuntutanK13.Selainmelakukanperencanaanmetodepembelajaranyangdigunakandalamprosespembelajaranjugaharusmendorongsiswauntukaktifdalamprosespembelajaran.Salahsatumetodetersebutadalahmetodepenemuanterbimbing.PerangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangmemuataktivitas-aktivitasyangdisesuaikandenganperpaduantahapanpembelajaranpadapendekatansaintifikdenganmetodepenemuanterbimbing.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmembuatperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingpadamateribarisandanderettakhinggayangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganPlomp(dalamHobri2010)denganfasepenelitianterdiriatas(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi(4)fasetesevaluasidanrevisiserta(5)faseimplementasi.Hanyafase14sajayangdigunakandalampenelitianini.Ujikevalidandilakukanolehvalidatorahlidanvalidatorpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmenerapkanprodukpada34siswakelasXIsebagaisubjekujicobadengandiamatiolehduaorangobserver/pengamat.Hasilanalisisdatamenunjukanbahwa(1)skorvalidasiRPPdanLKSberturut-turutadalah3189dan3275(2)skorkepraktisan326(3)skorkeefektifan326dan(4)9412%siswamendapatkannilaiulanganhariandiatas267untukskala0400.Dengandemikianperangkatpembelajaraninitelahdinyatakanvalidpraktisdanefektif.Meskipunbegiturevisitetapdilakukanberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobademipenyempurnaanprodukyangdikembangkan.