Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kurikulum 2013 menggunakan pendekatan CTL pada materi peluang untuk kelas VII SMP / Indah Lestari
Main Author: | Lestari, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17422/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariIndah.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)MatematikaBerbasisKurikulum2013MenggunakanPendekatanCTLpadaMateriPeluanguntukKelasVIISMP.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.ErryHidayantoM.Si.KataKunciPengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)Kurikulum2013PendekatanCTLPeluang.Pemahamankonsepyangbaikpendekatanpembelajaranyangsesuaidanbahanajaryangmemadaisangatdibutuhkandalammempelajarimaterimatematikayangbersifatabstrakdanmemerlukanprasyaratpemahamankonsepsebelumnyauntukmemahamikonsepyangbaru(Wahyuni20121).Berdasarkanhaltersebutmakaperludikembangkanbahanajarmenggunakanpendekatanpembelajaranyangmenekankanpadaketerkaitanantaramateridengansituasinyatapesertadidiksehinggamaterimatematikatidakterlihatabstrak(Mulyasa2014110).Selainitubahanajaryangdikembangkanharussesuaidengankurikulumyangberlaku.Kurikulumyangberlakusaatiniadalahkurikulum2013.KurikuluminibertujuanuntukmenghasilkaninsanIndonesiayangproduktifkreatifinovatifafektifmelaluipenguatansikapketerampilandanpengetahuanyangterintegrasi(Mulyasa201499).TujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanbahanajarmenggunakanpendekatanCTLpadamateripeluangyangberbasispadakurikulum2013yangvalidpraktisdanefektif.Bahanajaryangdikembangkanberbentuklembarkerjasiswa(LKS).Modelpengembanganbahanajarpadapenelitianinimengacupadamodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajanSemmeldanSemmel(dalamHobri201012-15)yangtelahdimodifikasi.Modifikasiyangdilakukanadalahsebagaiberikutpenyederhanaanmodelyangsebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop)halinidilakukankarenapenelitianhanyadilakukanpadasatusekolahsaja.BerdasarkanujikevalidandanujicobakelompokkecilyangtelahdiuraikanpadababIVdidapathasilsebeagaiberikutdenganskala1-4darivalidasiRPPmendapatskorvaliditasyaitu336dengankriteriavaliddandarivalidasiLKSmendapatskorvaliditasyaitu338dengankriteriavalid.BerdasarkandatahasilujicobakelompokkecilterhadaptujuhorangsiswakelasVIISMPN1Singosaridiperolehhasilpenilaianresponsiswasebesar372sehinggaLKSdapatdinyatakanpraktis.Tingkatpenguasaansiswayangdiperolehdaripengerjaanlatihanadalah864sehinggaLKSdapatdinyatakanefektif.