Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran yang bercirikan hands-on mathematics materi kubus dan balok pada MTs Muhammadiyah 2 kelas VIII / Grandiest Katrina Viola Kusuma Dewi

Main Author: Dewi, Grandiest Katrina Viola Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17408/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiGrandiestKatrinaViolaKusuma.2015.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)untukPembelajaranyangBercirikanHands-onMathematicsMateriKubusdanBalokpadaMTsMuhammadiyah2KelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanMatematkaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingAningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKunciHands-onMathematicsKubusdanBalokLembarKegiatanSiswaMediamanipulatif.Tujuandaripengembanganiniadalahmengembangkanlembarkegiatansiswayangdapatmemberikankesempatansiswauntukmembangunkonsepdenganbercirikanhands-onmathematicspadamaterikubusdanbalokyangvaliddanpraktis.PengembanganlembarkegiatansiswadikarenahasilobservasidanwawancaradenganduaoranggurudansepuluhsiswadiMTsMuhammadiyah2Malangpadatanggal18Desember2014banyaksiswakelasVIIIlupasaatditanyaunsur-unsurasalrumusvolumedanluaspermukaandarikubusdanbalok.Haltersebutterjadikarenasiswahanyamenghafalrumusdarikubusdanbaloktanpamengetahuidarimanaasalnya.LembarKegiatanSiswayangdigunakanbelummampumemberikesempatansiswauntukmembangunkonsep.Hands-onmathematicsadalahkegiatanpembelajaranmatematikayangmemberikanpemahamankonsepkepadasiswadimanasiswasendirimengkonstruksipemikiranmatematisnyayangdibangunmelaluipenggunaanmediamanipulatifyangdigunakanpadatahapeksplorasi.Adapunsintaksdarimodelhands-onmathematicsiniadalah(1)tahapaneksplorasi(2)tahappengenalankonsepdan(3)tahappendalamankonsep.Pengkonstruksianinidirancangsecarasistematisolehgurudandilaksanakanlangsungolehsiswasendiridandaripengalamanhasilperagaanmakatujuanyangdiinginkantercapai.(Tawil2009)Pengembanganlembarkegiatansiswamaterikubusdanbalokbercirikanhands-onmathematicsinidikembangkandenganmengadaptasimodelPlomp.Dalammengembangkanmediapembelajaranterdirimenjadilimatahapyaitu(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksi(4)tahaptesevaluasidanrevisi.SedangkanLembarkegiatansiswayangdikembangkanadalahlembarkegiatansiswayangcarapenyajianmaterinyamenggunakantahapanhands-onmathematics.BerdasarkanhasilvalidasidariseorangdosendangurumatematikaLKSyangdikembangkandikatakanvaliddenganpersentase802%.Sementaraituberdasarkanhasilujicobapada6siswadapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkandikatakanpraktisdenganpersentase852%.HasilpengembanganlembarkegiatansiswainidiharapkandapatditerapkanpadaprosesbelajarmengajarsiswakelasVIIIsecaraluastidakhanyaterbataspadakelompokkecil.Pengembanganlembarkegiatansiswayangbercirikanhands-onmathematicsinihanyaterbataspadamaterikubusdanbaloksehinggadiharapkanadanyapengembanganlembarkegiatansiswayangbercirikanhands-onmathematicsuntukmateriyanglain.