Pengembangan media komik mengenai persamaan linier satu variabel pada siswa SMP kelas VII / Ainil Ashfa

Main Author: Ashfa, Ainil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17378/
Daftar Isi:
  • AshfaAinil.2014.PengembanganMediaKomikpadaMateriPersamaanLinierSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingVitaKusumasariS.SiM.Pd.KataKuncimediakomiksoalceritapersamaanliniersatuvariabel122881228812288BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikaSMPNegeri1Lekoksoalceritapersamaanliniersatuvariabelmasihdianggapsulitolehsiswa.HalinijugaterlihatpadahasilpengerjaansoalceritayangdiberikanpengembangkepadabeberapasiswakelasVIICdisekolahtersebut.Olehkarenaitupengembangmelakukanpengembanganmediapembelajaranberupakomikyangpadaumumnyakomikadalahbacaanyangdisukaisiswa.122881228812288TujuanpengembangankomikiniuntukmemahamisoalceritamatematikapadasiswakelasVIImateripersamaanliniersatuvariabel.Halinidapatmembantusiswauntukmemahamisoalceritamatematikamembentukmodelmatematikadarisoalceritamatematikadanmenyelesaikanmodelmatematikatersebut.122881228812288PengembanganmediakomikinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidariprosedurpenelitiandanpengembanganSadiman.Tahapanpengembanganmediakomikiniadalahsebagaiberikut(1)IdentifikasiKebutuhan(2)PerumusanTujuanInstruksional(3)PerumusanButir-butirMateri(4)PerumusanAlatPengukurKeberhasilan(5)PenulisanNaskahMedia(6)Tes/UjiCoba(7)EvaluasidanRevisiMedia.Dariketujuhtahapanpengembangantersebutdihasilkanprodukberupamediakomikmengenaipersamaanliniersatuvariabel.Mediakomikinimenyajikanlimaalurcerita(BacktoSchoolNaikBusMengikutiJejakMengambilBingkisandanPergikeTamanBermain).Untukmengujikelayakanmediadilakukanujivaliditasdanujiefektifitas.Dariujivaliditasdanujiefektifitasyangtelahdilakukandiperolehhasilbahwamediatelahmemenuhikriteriavaliddanefektif.Jadidapatdisimpulkanbahwamediakomikdapatdigunakansebagaialternatifsolusidalampembelajaranuntukmemahamisoalceritapadamateripersamaanliniersatuvariabel.122881228812288Disarankankepadapengembangmediakomiklainnyaagarujicobadilanjutkandenganmelibatkansampelujiyanglebihbanyak.Kemudiantahappengembangansebaiknyadilanjutkansampaipadatahappenyebarluasankarenapadapengembanganiniterbataspadatahappengembangan.Pemilihankarakterpadakomiksebaiknyadisesuaikandengankarakteryangdisukaisiswa.