Pengembangan media komik mengenai persamaan linier satu variabel pada siswa SMP kelas VII / Ainil Ashfa
Main Author: | Ashfa, Ainil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17378/ |
Daftar Isi:
- AshfaAinil.2014.PengembanganMediaKomikpadaMateriPersamaanLinierSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingVitaKusumasariS.SiM.Pd.KataKuncimediakomiksoalceritapersamaanliniersatuvariabel122881228812288BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikaSMPNegeri1Lekoksoalceritapersamaanliniersatuvariabelmasihdianggapsulitolehsiswa.HalinijugaterlihatpadahasilpengerjaansoalceritayangdiberikanpengembangkepadabeberapasiswakelasVIICdisekolahtersebut.Olehkarenaitupengembangmelakukanpengembanganmediapembelajaranberupakomikyangpadaumumnyakomikadalahbacaanyangdisukaisiswa.122881228812288TujuanpengembangankomikiniuntukmemahamisoalceritamatematikapadasiswakelasVIImateripersamaanliniersatuvariabel.Halinidapatmembantusiswauntukmemahamisoalceritamatematikamembentukmodelmatematikadarisoalceritamatematikadanmenyelesaikanmodelmatematikatersebut.122881228812288PengembanganmediakomikinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidariprosedurpenelitiandanpengembanganSadiman.Tahapanpengembanganmediakomikiniadalahsebagaiberikut(1)IdentifikasiKebutuhan(2)PerumusanTujuanInstruksional(3)PerumusanButir-butirMateri(4)PerumusanAlatPengukurKeberhasilan(5)PenulisanNaskahMedia(6)Tes/UjiCoba(7)EvaluasidanRevisiMedia.Dariketujuhtahapanpengembangantersebutdihasilkanprodukberupamediakomikmengenaipersamaanliniersatuvariabel.Mediakomikinimenyajikanlimaalurcerita(BacktoSchoolNaikBusMengikutiJejakMengambilBingkisandanPergikeTamanBermain).Untukmengujikelayakanmediadilakukanujivaliditasdanujiefektifitas.Dariujivaliditasdanujiefektifitasyangtelahdilakukandiperolehhasilbahwamediatelahmemenuhikriteriavaliddanefektif.Jadidapatdisimpulkanbahwamediakomikdapatdigunakansebagaialternatifsolusidalampembelajaranuntukmemahamisoalceritapadamateripersamaanliniersatuvariabel.122881228812288Disarankankepadapengembangmediakomiklainnyaagarujicobadilanjutkandenganmelibatkansampelujiyanglebihbanyak.Kemudiantahappengembangansebaiknyadilanjutkansampaipadatahappenyebarluasankarenapadapengembanganiniterbataspadatahappengembangan.Pemilihankarakterpadakomiksebaiknyadisesuaikandengankarakteryangdisukaisiswa.