Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP Negeri 4 Malang / Yuli Wahyurisliana
Main Author: | Wahyurisliana, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17374/ |
Daftar Isi:
- WahyurislianaYuli.2014.PenerapanMetodePenemuanTerbimbinguntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIIIBSMPN4Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariM.Pd.KatakunciPembelajaranpenemuanterbimbinghasilbelajarmatematikasiswa.12288122881228812288Seorangguruharusmampumenerapkanmetodepembelajarandengantepatdansesuaidengankemampuanintelektualsiswaagarsiswaterbiasamenemukanmencaridanmendiskusikansesuatuyangberkaitandenganpelajarandimanapadaakhirnyadapatmeningkatkanhasilbelajarmatematika.DalamhalhasilbelajartersebutuntuksiswakelasVIIImasihjauhdariharapankhususnyauntukmatapelajaranmatematika.Menanggapihaltersebutmakaperluadanyaperbaikandalammeningkatkanhasilbelajarmatematika.Salahsatunyadenganmeggunakanmodelpenemuanterbimbingdiharapkanmodeltersebutdapatmembantudalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.12288122881228812288PenelitianinidilakukandiSMPNegeri4Malangtanggal8Februarisampai16Februari2014.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilanhasilbelajarmatematikasiswadapatdilihatdenganmengamatipeningkatanyangdiperolehdarisiklusIkesiklusIIdanpenelitiandikatakanberhasiljikahasilbelajarmatematikasiswamencapai.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketuntasanhasilbelajarmatematikasiswaadalahtesdiakhirsiklus.Tindakanyangdilakukanadalahpemberianapersepsidanmotivasidenganmengaitkandengankehidupansehari-harimembimbingsiswadalammemecahkanmasalahdenganmemberiarahandanpenjelasanyangdapatmembantutiapkelompokyangmengalamikesulitandanlebihmemperhatikansetiapkelompokyaitudenganmendatangidanbertanyapadatiap-tiapanggotakelompokpresentasihasilpekerjaankelompokuntukmelatihkepercayaandiridenganmemberipujianuntuksiswayangpresentasikedepanmenyimpulkanhasilpekerjaantiap-tiapkelompokyangmerupakanhasildaripembahasanmateriyangdipelajaridanmemberitesakhiryangdikerjakansiswasecaraindividudiakhirsiklus.Tindakan-tindakantersebutdapatmempengaruhihasilbelajarmatematikasiswayaituketuntasanhasilbelajarmatematikasiswapadasiklusIadalah675%kemudiandilakukantindakansiklusIIsehinggaketuntasanhasilbelajarmatematikasiswameningkatmenjadi85%.