Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP Negeri 4 Malang / Yuli Wahyurisliana

Main Author: Wahyurisliana, Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17374/
Daftar Isi:
  • WahyurislianaYuli.2014.PenerapanMetodePenemuanTerbimbinguntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIIIBSMPN4Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariM.Pd.KatakunciPembelajaranpenemuanterbimbinghasilbelajarmatematikasiswa.12288122881228812288Seorangguruharusmampumenerapkanmetodepembelajarandengantepatdansesuaidengankemampuanintelektualsiswaagarsiswaterbiasamenemukanmencaridanmendiskusikansesuatuyangberkaitandenganpelajarandimanapadaakhirnyadapatmeningkatkanhasilbelajarmatematika.DalamhalhasilbelajartersebutuntuksiswakelasVIIImasihjauhdariharapankhususnyauntukmatapelajaranmatematika.Menanggapihaltersebutmakaperluadanyaperbaikandalammeningkatkanhasilbelajarmatematika.Salahsatunyadenganmeggunakanmodelpenemuanterbimbingdiharapkanmodeltersebutdapatmembantudalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.12288122881228812288PenelitianinidilakukandiSMPNegeri4Malangtanggal8Februarisampai16Februari2014.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilanhasilbelajarmatematikasiswadapatdilihatdenganmengamatipeningkatanyangdiperolehdarisiklusIkesiklusIIdanpenelitiandikatakanberhasiljikahasilbelajarmatematikasiswamencapai.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketuntasanhasilbelajarmatematikasiswaadalahtesdiakhirsiklus.Tindakanyangdilakukanadalahpemberianapersepsidanmotivasidenganmengaitkandengankehidupansehari-harimembimbingsiswadalammemecahkanmasalahdenganmemberiarahandanpenjelasanyangdapatmembantutiapkelompokyangmengalamikesulitandanlebihmemperhatikansetiapkelompokyaitudenganmendatangidanbertanyapadatiap-tiapanggotakelompokpresentasihasilpekerjaankelompokuntukmelatihkepercayaandiridenganmemberipujianuntuksiswayangpresentasikedepanmenyimpulkanhasilpekerjaantiap-tiapkelompokyangmerupakanhasildaripembahasanmateriyangdipelajaridanmemberitesakhiryangdikerjakansiswasecaraindividudiakhirsiklus.Tindakan-tindakantersebutdapatmempengaruhihasilbelajarmatematikasiswayaituketuntasanhasilbelajarmatematikasiswapadasiklusIadalah675%kemudiandilakukantindakansiklusIIsehinggaketuntasanhasilbelajarmatematikasiswameningkatmenjadi85%.