Penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Nur Indha Permata Sari

Main Author: Sari, Nur Indha Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17371/
Daftar Isi:
  • SariNurIndhaPermata.2014.PenerapanAsesmenDiridalamPembelajaranKooperatifTipeSTADuntukMeningkatkanKeaktifanBelajarMatematikaSiswaKelasVIII-ISMPNegeri2Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciAsesmenDiriSTADKeaktifanBelajarMatematika12288122881228812288BerdasarkanobservasipendahuluansertawawancarakepadagurupengajarmatematikadiSMPNegeri2MalangkelasVIII-Idiketahuibahwadalamprosespembelajaranguruseringmenerapkanmetodeceramah.Gurujarangmenggunakanmetodepembelajaranyangmelibatkansiswasecaralangsungsepertimodelpembelajarankooperatif.Selainitupenilaianterhadapdirisiswabelummenilaiseluruhaspekdalamdirisiswa.Akibatnyasiswacenderungpasifdalampembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukansuatumetodebelajaryangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpenerapanasesmendiridalampembelajarankooperatiftipeSTAD.12288122881228812288Penelitianinimendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajarandenganmenerapkanasesmendiridalampembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-ISMPNegeri2Malang.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri2MalangdengansubjeksiswakelasVIII-Iyangberjumlah28siswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasiaktivitasgurudansiswa2)hasilcatatanlapangan3)hasillembarasesmendiri4)hasiltesakhirsiklus.12288122881228812288DatapenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarmatematikasiswasetelahmengikutipenerapanasesmendiridalampembelajarankooperatiftipeSTADmengalamipeningkatanbaikberdasarkanlembarasesmendiripadasetiappertemuanmaupunnilaitesakhirsiklus.PadasiklusIhasillembarasesmendiripadapertemuanpertamamencapai67.86%dan82.14%padapertemuankeduasedangkanpadasiklusIIhasillembarasesmendirimencapai84%padapertemuanpertamadan92.53%padapertemuankedua.BerdasarkanhasiltesakhirsikluspadasiklusIpresentasekeberhasilanadalah82.14%danpadasiklusIImencapai85.71%darikeseluruhansiswayanghadirdikelasVIII-ItelahmencapaiSKBMyangditentukansekolahyakni75dalamrentang0-100.12288122881228812288Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanasesmendiridalampembelajarankooperatiftipeSTADyaitu(1)Pemberianlembarasesmendirikepadasetiapsiswasertapenjelasanmengenaikegunaanlembarasesmendiribagisiswa(2)Tahappresentasigurumempresentasikanmateriawalkepadasiswadenganmetodetanyajawabdengansiswa(3)TimsiswamelakukandiskusidanbekerjasamadalamkelompokberempatdenganbantuanLKS(4)Kuissiswamengerjakansoalkuissecaraindividual(5)Skorkemajuanindividualgurubersamasiswamenghitungperolehanskorkemajuanindividualmasing-masingsiswaberdasarkanhasilperolehankuis(6)Rekognisitimgurumemberikanpenghargaankepasdakelompokyangmemperolehskorkelompoktertinggiberdasarkanakumukasiskorkemajuanindividualanggotakelompok(7)Pengumpulanlembarasesmendirigurumengumpulkanlembarasesmendirimasing-masingsiswa.