Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui strategi REACT materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 21 Malang / Merry Kirtaresmi
Main Author: | Kirtaresmi, Merry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17363/ |
Daftar Isi:
- KirtaresmiMerry.2014.PeningkatanMotivasiBelajardanKemampuanPemecahanMasalahMatematikaMelaluiStrategiREACTMateriPerbandinganSiswaKelasVIISMPN21Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.CholisSadijahM.PdM.A.KataKuncimotivasibelajarkemampuanpemecahanmasalahREACTmateriperbandingan.Berdasarkanstudipendahuluanprapelaksanaanterdapatpermasalahanbahwabeberapasiswayangsebenarnyamampuuntukmemecahkanmasalahmatematikaternyatamotivasibelajarnyarendah.Sedangkansiswayangmemilikimotivasibelajartinggimerekakesulitanuntukmenyelesaikanpermasalahandalamkonteksbaru.Selainitupadamateriperbandingansiswakerapkalisulituntukmembedakanperbandingansenilaidanberbaliknilaiterutamapadasoalyangnonrutin.Penelitibermaksudmengadakanpenelitiandengantujuanmendeskripsikanlangkah-langkahpelaksanaanstrategiREACTpadamateriperbandinganyangdapatmeningkatkanmotivasibelajardankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasVIISMPN21Malang.PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK)sehinggadalamprosedurpenelitianmeliputitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pelaksanaanpenelitianberlangsungselama2siklusdikelasVII-5yangmenjadisubjekpenelitiandengan38siswapadatahunajaran2013/2014.DatakemampuanpemecahanmasalahdiperolehdarihasiltesakhirsiklusdandatamotivasibelajardidapatmelaluiangketdenganmenggunakanskalaLikert1-4.Datayangterkumpulberupadatakualitatifdankuantitatifyangdianalisamelaluikegiatanreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Indikatorkeberhasilandaripenelitianiniadalahjikapersentasekemampuanpemecahanmasalahdanmotivasibelajarsiswasecaraklasikalsebesar80%.Langkah-langkahpelaksanaanstrategiREACTyangdapatmeningkatkanmotivasibelajardankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswapadamateriperbandinganadalah(1)Relatingsiswamengaitkankonsepyangakandipelajaripadamateriperbandingandengancontohpermasalahannyadalamkehidupansehari-haridanpengetahuanyangtelahdimilikisiswasebelumnyabaikmateriprasyaratperbandinganyaitumaterihimpunandanoperasibilanganbulatmaupunbeberapakonsepperbandinganyangtelahdipelajari(2)Experiencingsecaraberkelompoksiswamenemukanrumus/konsepbarutentangperbandinganmelaluiaktivitaspemecahanmasalahdiLembarKegiatanSiswaberbantuanhasilproyekkelompokatausumberbelajarlainnyadenganbimbingandariguru(3)ApplyingsiswaberlatihmenyelesaikanbeberapapermasalahandenganmenerapkankonsepperbandinganyangtelahditemukanpadatahapExperiencing(4)CooperatingsecaraberkelompoksiswasalingbekerjasamadanberdiskusidalamprosespemecahanmasalahperbandinganditahapApplyingdanExperiencingsertabertukarpendapatgunamemperolehlangkahpemecahanmasalahyangtepatdenganpengarahandarigurudan(5)Transferringsiswamemecahkanpermasalahanperbandingandalamkonteksbarusecaraindividu.BerdasarkanhasilanalisisdatapadaakhirsiklusIpersentasekemampuanpemecahanmasalahmatematikadanmotivasibelajarsecaraklasikaladalah7105%dan6579%.HasiltersebutbelummemenuhiindikatorkeberhasilansehinggadilanjutkankesiklusII.PadaakhirsiklusIIpersentasekemampuanpemecahanmasalahmatematikasecaraklasikalsebesar8158%danpersentasemotivasibelajarsecaraklasikaltelahmencapai8421%.Olehkarenaitudapatdikatakanbahwaterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswadankemampuanpemecahanmasalahmatematika