Penggunaan metode shewhart dan metode six sigma dalam pengendalian kualitas statistik (studi kasus pada produksi plywood di PT. SUB Jombang) / Maharani Kusuma Arumsari

Main Author: Arumsari, Maharani Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17344/
Daftar Isi:
  • ArumsariMaharaniKusuma.2013.PenggunaanMetodeShewhartdanMetodeSixSigmadalamPengendalianKualitasStatistik(StudiKasusPadaProduksiPlywooddiPT.SUBJombang).SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.AbadyoM.Si.KatakuncikualitasmetodeShewhartgrafikkendaliu-chartmetodeSixSigmaKualitasadalahkeseluruhanciriataukarakteristikprodukdanjasadalamtujuannyauntukmemenuhikebutuhandanharapanpelanggan.Kualitasmerupakansalahsatutopikyangsaatinimenjadipusatperhatiandiduniabisnisdanakademik.Namundemikianistilahtersebutmemerlukantanggapansecarahati-hatidanperlumendapatpenafsiransecaracermat.Dalampemilihansetiapprodukyangakandikomsumsikonsumenseringkalimempertimbangkankualitasdariproduktersebut.Samahalnyadenganperusahaandalammemproduksidanmenyalurkansuatuprodukselalumengkaitkandengankualitas.Untukmenjagakonsistensikualitasprodukdanjasayangdihasilkandandisesuaikandengantuntutankebutuhanpasarperludilakukanpengendaliankualitas(qualitycontrol)atasaktivitasprosesyangdijalani.Daripengendaliankualitasyangdidasarkanpadainspeksipenerimaanprodukyangmemenuhisyaratdanpenolakanyangtidakmemenuhisyaratsehinggabanyakbahantenagadanwaktuyangterbuang.Berdasarkanbeberapametodeyangseringdigunakandalamkualitasindustimanufakturbelumpernahadayangspesifikuntukmendapatkandanmenghilangkankesalahanpadaprosesproduksi.Olehkarenaitumunculpemikiranuntukmenciptakansistemyangdapatmencegahtimbulnyamasalahmengenaikualitasagarkesalahanyangpernahterjaditidakterulanglagi.MetodeyangdapatdigunakanuntukmenjagakonsistensikualitasdariproduksiadalahmetodeShewhartdanmetodeSixSigma.SixSigmamerupakanprosesdisiplintinggiyangmembantumenggembangkandanmengantarkanprodukmendekatisempurna.SixSigmaadalahsuatuvisipeningkatankualitasmenujutarget34kegagalandalam1.000.000kesempatan(DPMO)untuksetiaptransaksiprodukbaikbarangmaupunjasa.TujuanpenggunaanmetodeSixSigmaadalahmembantuprodusendalamprosesproduksigunamemilikiaspirasiyangtinggiuntukmengirimkanprodukdanlayananyangbebascacat(zerodefect).SedangkanmetodeShewhartataugrafikpengendaliadalahteknikpengendaliprosespadajaluryangdigunakansecaraluasuntukmenyelidikiprosesdanmengetahuisuatuprosesyangbekerjadengansebab-sebabterdugayangdikatakantidakterkendali.HasilpenelitianinimenunjukkankualitasprosesproduksiPlywoodtidakterkendalisecarastatistikberdasarkanpenerapangrafikpengendaluufaktorCoredalammetodeShewhart.Haliniditunjukkandenganadanyatigatitikyangkeluardaribatasatas.SedangkanuntukperhitungannilaisigmauntukfaktorCoredalammetodeSixSigmamenunjukkanbahwadalamsatujutaprodukterdapat12228produkyangmengalamikecacatandanbesarkerugianataupenguranganpendapatanadalah30%sampaidengan40%daribiayaproduksi.UntukpenerapangrafikpengendaliufaktorFaceBackdalammetodeShewhartkualitasprosesproduksiPlywoodtidakterkendalisecarastatistik.Haliniditunjukkandenganadanyatigatitikyangkeluardaribatasatasdanadanyasatutitikyangkeluardaribatasbawah.PerhitungannilaisigmauntukfaktorFaceBackdalammetodeSixSigmamenunjukkanbahwadalamsatujutaprodukterdapat8876produkyangmengalamikecacatandanbesarkerugianataupenguranganpendapatanadalah20%sampaidengan30%daribiayaproduksi.GrafikpengendaliufaktorlemdalammetodeShewhartkualitasprosesproduksiPlywoodtidakterkendalisecarastatistik.Haliniditunjukkandenganadanyatigatitikyangkeluardaribatasatasdanduatitikyangkeluardaribatasbawah.SedangkanuntukperhitungannilaisigmauntukfaktorlemdalammetodeSixSigmamenunjukkanbahwadalamsatujutaprodukterdapat15795produkyangmengalamikecacatandanbesarkerugianataupenguranganpendapatanadalah30%sampaidengan40%daribiayaproduksi.