Penerapan pendekatan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada materi segi empat / Rizky Ayu Khalistin
Main Author: | Khalistin, Rizky Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17339/ |
Daftar Isi:
- KhalistinRizkyAyu.2013.PenerapanPendekatanPembelajaranOpen-EndedUntukMeningkatkanPemahamanSiswaKelasVII-ASMPNegeri1BatupadaMateriSegiEmpat.Skripsi.JurusanMatematika.FakultasMIPA.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.ErryHidayantoM.Si.KataKunciPendekatanPembelajaranOpen-EndedPemahamanSiswa.1228812288122881228812288Pembelajarandimanasiswaterlibataktifdalamberpikirdanmemperolehpersepsisuatukonsepdapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapsuatukonseptersebut.SalahsatupendekatanpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifansiswadalamberpikirdanmemperolehpersepsisuatukonsepadalahpendekatanpembelajaranOpen-Ended.PendekatanOpen-Endedtidakhanyamenekankanpadajawabanakhirtetapimemberikesempatankepadasiswauntuksecaraaktifdankreatifdalammemecahkansuatupermasalahantanpaadanyapembatasanjawabanbenardancarapenyelesaiantunggal.1228812288122881228812288PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasdengansubjekpenelitiansiswakelasVII-ASMPNegeri1Batusebanyak28siswa.Kegiatanpembelajarandilaksanakandalamkelompok-kelompokyangberanggotakanempatsiswadengankemampuanheterogen.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahLKSTesLembarObservasiAktivitasGurudanSiswadalamKegiatanPembelajarandanCatatanLapangan.1228812288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranmatematikamelaluipendekatanpembelajaranOpen-Endeddenganlangkah-langkahkegiatanpembelajaransebagaiberikut(1)gurumemberimasalahkepadasiswa(2)siswamengeksplorasimasalahyangtelahdiberikanolehguru(3)gurumerekamresponsiswa(4)pembahasanresponsiswa(kelas)dan(5)siswameringkasapayangtelahdipelajaridapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapsuatukonsep.Halinidapatditunjukkandengannilairata-ratakelasVII-Ameningkatdarisiklus1sebesarkesiklus2sebesar.Peningkatanjugadapatdilihatpadasetiapindikatorpemahamankonsepmatematikadarisiklus1kesiklus2yaitusebagaiberikut(1)Menyatakanulangsebuahkonsepterdapatpeningkatansebesar(2)Mengklasifikasikanobjek-objekmenurutsifat-sifattertentu(sesuaidengankonsepnya)terdapatpeningkatansebesar(3)Menyajikankonsepdalamberbagaibentukrepresentasimatematikaterdapatpeningkatansebesar(4)Mengembangkansyaratperludansyaratcukupsuatukonsepterdapatpeningkatansebesar(5)Menggunakanmemanfaatkandanmemilihproseduratauoperasitertentutedapatpeningkatansebesardan(6)Mengaplikasikankonsepataualgoritmapemecahanmasalahterdapatpeningkatansebesar.Selainituketuntasanbelajarsiswapadasiklus1sebanyaknolsiswaatausebesardapatmencapaikriteriaketuntasanminimalmeningkatpadasiklus2yaitusebanyak23siswaatausebesardapatmencapaikriteriaketuntasanminimalyangtelahditetapkan.PenelitianinimasihterbataspadapenerapanpendekatanpembelajaranOpen-Endeduntukmeningkatkanpemahamansiswapadamaterisegiempat.OlehkarenaituperludikembangkanpenerapanpendekatanpembelajaranOpen-Endedyangdapatmeningkatkanpemahamansiswadanpadamateriyanglain.