Diagnosis kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang menyelesaikan masalah pada materi lingkaran berdasarkan teori Van Hiele / Nilam Triayunda
Main Author: | Triayunda, Nilam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17312/ |
Daftar Isi:
- TriayundaNilam.2013.DiagnosisKesulitanSiswaKelasVIIISMPNegeri18MalangMenyelesaikanMasalahpadaMateriLingkaranBerdasarkanTeorivanHiele.SkripsiProgramstudipendidikanmatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ShohibulKahfiM.Pd.KatakunciDiagnosisKesulitanLingkaranvanHiele.Dalammatematikageometrimerupakansalahsatumateriyangbanyakpenerapannyadalamkehidupansehari-hari.Olehkarenaitugeometrisangatpentinguntukdipelajari.MenurutsalahsatugurumatematikadiSMPNegeri18MalangprestasibelajarmatematikasiswayangdilihatdarinilainyamasihbanyakyangdibawahStandarKelulusanMinimalterutamapadamaterilingkaran.HaliniditunjukkandengannilaiulanganhariansiswakelasVIIIpadatahunajaran2011/2012banyaknilaisiswabelummemenuhistandarketuntasanminimum.Kesulitanyangseringtimbuldalammenyelesaikanmasalahgeometrimaterilingkaranantaralain(i)siswakesulitandalammenentukanluasjuringdenganbesarsudutpusatjuringdanluaslingkarandiketahui(ii)siswakesulitanmenentukanpanjanggarissinggunglingkaranserapanjanggarissinggungpersekutuandualingkaran.Kesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahgeometridikarenakanrendahnyapenguasaangeometriadalahkemampuanintelektualsiswa.Untukmelihatkemampuanintelektualsiswadalammenyelesaikanmasalahgeometridiperlukanpenulusuranterhadaptahapberpikirnya.SalahsatuteoriperkembanganberpikirgeometriadalahteoriperkembanganberpikirgeometrivanHiele.Dalamberpikirmenyelesaikanmasalahgeometrimelaluibeberapatahapanyaitu(1)Tingkat0Visualisasi(2)Tingkat1Analisis(3)Tingkat2Deduksiinformal(4)Tingkat3Deduksi(5)Tingkat4Rigor(Walle2006151).Padapenelitianinidiagnosiskesulitansiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaperludilakukangunaperbaikanprosesbelajardanpembelajarankedepan.OlehkarenaitupenelitimelakukandiagnosiskesulitansiswamenyelesaikanmasalahmatematikapadamaterilingkaranyangdiberikanpadasiswakelasVIIISMPNegeri18Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptifdenganmemberikantestertulisuntukmendiagnosis.SoaltesdiagnosisyangdiberikandisesuaikandenganindikatorindikatorpencapaianKompetensiDasarsedangkananalisiskesalahansiswauntukmendiagnosakesulitanmenggunakanindikator-indikatortahapberpikirvanHiele.