Identifikasi pemahaman materi peluang SMP kelas VIII dengan menggunakan intelligent tutoring system metode bayesian network / Syaifuddin Farizi
Main Author: | Farizi, Syaifuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17263/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKFariziSyaifuddin.2019.IdentifikasiPemahamanMateriPeluangSMPKelasVIIIDenganMenggunakanIntelligentTutoringSystem(ITS)MetodeBayesianNetwork.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)MahmuddinYunusS.Kom.M.Cs.(2)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciPeluangITSBayesianNetworkWebPemanfaatanperkembanganilmupengetahuandanteknologisemakinpesatsalahsatunyadigunakanuntukprosespembelajaran.Beberapamasalahpadasaatprosespembelajaranseperti(1)tingkatpemahamanmateriyangberbeda-beda(2)malubertanyaansaatprosespembelajaran(3)terbatasnyawaktugurusaatdiluarjampelajaran(4)gurutidakbisamendampingipembelajaran(5)pemanfaatanteknologisebagaipendukungprosespembelajaranbelummaksimal.HaltersebutadalahkendalapembelajaranyangdialamiguruSMPNegeri2KasembondalamprosespembelajaranmateripeluangSMPkelasVIIIyangmerupakanmateridasaryangharusditempuh.IntelligentTutoringSystem(ITS)denganmenggunakanmetodeBayesianNetworkmerupakansolusiyangtepatsebagaipemanfaatanteknologipadaprosespembelajarantersebutyangdiaplikasikanpadawebyangdibangunmenggunakanmetodeRD(ResearchandDevelop)denganlangkah-langkahberikutyaituidentifikasimasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiproduk.PadatahapidentifikasimasalahdenganmelakukanwawancarapadasalahsatugurumatematikaSMPNegeri2Kasembonmengenaikendalayangdihadapisaatprosespembelajaran.SetelahpotensidanmasalahdapatditunjukkansecarafaktualmakadilanjutkandenganpengumpulaninformasisebagaibahanperencaanprodukberupastudiliterasimengenaiilmupeluangArtificialIntelligence(AI)ITSBayesianNetworkpadaITS.Selanjutnyadesainprodukterdapatbeberapatahapanyaitu1)pembuatanDFD2)pembuatanERD3)PerancanganBasisData4)pembuatanflowchart5)PembuatanStoryboarddan6)bayesiannetworkdalamITS.Padatahapvalidasiprodukdibuatpenilaianvalidasiahliprodukdanpenilaianvalidasiahlimateriyangmemuatbeberapaaspekpenilaian.Selanjutnyaakandirevisihasilpenilaianjikaterdapatbeberapakekurangansesuaidenganinputdarivalidasiahli.SedangkanuntukujicobaprodukakandilakukandiSMPNegeri2KasembondengansubjekgurupengampumatapelajaranmatematikadanbeberapasiswaSMPkelasVIII.Padatahapujicobaakandibuatpenilaiandalamsegikepraktisanpenggunaanpadagurudansiswayangmelakukanujicobaproduk.Untukrevisiprodukakandisesuaikandenganinputdaripenilaianujicobayangdilakukangurudansiswadanakandiolahuntukmenentukanvalidasiprodukdankepraktisanproduk.ii