Identifikasi pemahaman materi peluang SMP kelas VIII dengan menggunakan intelligent tutoring system metode bayesian network / Syaifuddin Farizi

Main Author: Farizi, Syaifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17263/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKFariziSyaifuddin.2019.IdentifikasiPemahamanMateriPeluangSMPKelasVIIIDenganMenggunakanIntelligentTutoringSystem(ITS)MetodeBayesianNetwork.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)MahmuddinYunusS.Kom.M.Cs.(2)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciPeluangITSBayesianNetworkWebPemanfaatanperkembanganilmupengetahuandanteknologisemakinpesatsalahsatunyadigunakanuntukprosespembelajaran.Beberapamasalahpadasaatprosespembelajaranseperti(1)tingkatpemahamanmateriyangberbeda-beda(2)malubertanyaansaatprosespembelajaran(3)terbatasnyawaktugurusaatdiluarjampelajaran(4)gurutidakbisamendampingipembelajaran(5)pemanfaatanteknologisebagaipendukungprosespembelajaranbelummaksimal.HaltersebutadalahkendalapembelajaranyangdialamiguruSMPNegeri2KasembondalamprosespembelajaranmateripeluangSMPkelasVIIIyangmerupakanmateridasaryangharusditempuh.IntelligentTutoringSystem(ITS)denganmenggunakanmetodeBayesianNetworkmerupakansolusiyangtepatsebagaipemanfaatanteknologipadaprosespembelajarantersebutyangdiaplikasikanpadawebyangdibangunmenggunakanmetodeRD(ResearchandDevelop)denganlangkah-langkahberikutyaituidentifikasimasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiproduk.PadatahapidentifikasimasalahdenganmelakukanwawancarapadasalahsatugurumatematikaSMPNegeri2Kasembonmengenaikendalayangdihadapisaatprosespembelajaran.SetelahpotensidanmasalahdapatditunjukkansecarafaktualmakadilanjutkandenganpengumpulaninformasisebagaibahanperencaanprodukberupastudiliterasimengenaiilmupeluangArtificialIntelligence(AI)ITSBayesianNetworkpadaITS.Selanjutnyadesainprodukterdapatbeberapatahapanyaitu1)pembuatanDFD2)pembuatanERD3)PerancanganBasisData4)pembuatanflowchart5)PembuatanStoryboarddan6)bayesiannetworkdalamITS.Padatahapvalidasiprodukdibuatpenilaianvalidasiahliprodukdanpenilaianvalidasiahlimateriyangmemuatbeberapaaspekpenilaian.Selanjutnyaakandirevisihasilpenilaianjikaterdapatbeberapakekurangansesuaidenganinputdarivalidasiahli.SedangkanuntukujicobaprodukakandilakukandiSMPNegeri2KasembondengansubjekgurupengampumatapelajaranmatematikadanbeberapasiswaSMPkelasVIII.Padatahapujicobaakandibuatpenilaiandalamsegikepraktisanpenggunaanpadagurudansiswayangmelakukanujicobaproduk.Untukrevisiprodukakandisesuaikandenganinputdaripenilaianujicobayangdilakukangurudansiswadanakandiolahuntukmenentukanvalidasiprodukdankepraktisanproduk.ii