Inteligent tutoring system untuk identifikasi tingkat pemahaman materi fungsi siswa SMP kelas VIII / Yuni Rosita Dewi

Main Author: Dewi, Yuni Rosita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17243/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiYuniRosita.2016.IntelligentTutoringSystemuntukIdentifikasiTingkatPemahamanMateriFungsiSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MohamadYasinS.Kom.M.Kom.(II)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KatakunciIntelligentTutoringSystemsistempakaradobeflashfungsi.KementerianPendidikandanKebudayaanIndonesiamembentukkurikulumbaruyangdisebutKurikulum2013atauK13untukmeningkatkanprestasipesertadidik.Terdapatbanyakfaktoryangmempengaruhiprestasipesertadidikselainkurikulumantaralainyaitufaktorgurufaktorpemahamansiswasertaalatbantuyangmendukungmisalnyakomputer.KomputeryangdiberikecerdasanbuatanberupaIntelligentTutoringSystem(ITS)berbasissistempakarbisadimanfaatkandiduniapendidikanbahkandimaterimatematikamisalnyafungsi.Fungsidijadikanmasalahkarenamerupakanmateridasaryangakandigunakandimateriselanjutnyabahkandimatapelajaranlainnya.DenganadanyaITSsiswabisabelajarmandiribahkanketikaguruberhalanganhadirkarenakepakarangurusudahdipindahkeITS.TujuanpengembanganprogramIntelligentTutoringSystemadalahmengidentifikasitingkatpemahamanmaterifungsisiswaSMPkelasVIIIyangvaliddanpraktis.ProsespenelitiandanpengembangandalampembuatanaplikasiinimenggunakanaplikasiadobeflashdenganmetodeFourD-ModelyangdirekomendasikanolehThiagarajandkk(1974).Tahap-tahapdalammodelpengembanganiniterdiridarimendefinisikan(define)merancang(design)mengembangkan(develop)danmenyebarluaskan(disseminate).Tahapkeempatyaitumenyebarluaskan(disseminate)hanyadilakukanlingkupterbataspadaSMPLaboratoriumUMkarenamasihdalamtahappenelitian.ProdukyangdihasilkanberupaPrototypeaplikasibernamaFunctionCrush.Aplikasiinitelahdiujikevalidandankepraktisannyaolehvalidatordanpenggunaselamapenelitian.Hasilvalidasiahlimateridanahlimediadidapatkannilai4495darinilaivalidsempurna5atausekitar899%.SedangkanhasilujikepraktisandarisegigurumatematikaSMPLaboratoriumUMdidapattingkatkepraktisan444darinilaipraktissempurna5atausekitar888%.Sementarahasilujikepraktisandarisegisiswaadalah4325darinilaipraktissempurna5atausekitar865%.BerdasarkanhasildanpresentasetersebutdiketahuibahwaaplikasiFunctionCrushdenganIntelligentTutoringSystemyangdikembangkanvaliddanpraktissertalayakdigunakandiduniapendidikan.8195