Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang menggunakan prosedur Newman / Azmil Fuadiyah
Main Author: | Fuadiyah, Azmil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17217/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFuadiyahAzmil.2015.AnalisisKesalahanMenyelesaikanSoalCeritaMatematikaPokokBahasanSistemPersamaanLinearDuaVariabelPadaKelasXSMKNegeri4MalangMenggunakanProsedurNewman.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SudirmanM.Si.KatakunciAnalisisKesalahanSoalCeritaSPLDVProsedurNewman.Dalampembelajaranmatematikasoalceritadianggapkurangmenarikdandianggapsulitolehsebagiansiswa.Olehsebabitubanyaksiswayangmelakukankesalahandalammenyelesaikansoalcerita.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikesalahan-kesalahanyangdilakukansiswadalammengerjakansoalceritapadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.Proseduryangdigunakanuntukmengetahuikesalahan-kesalahanyangdilakukansiswadalammengerjakansoalceritatersebutadalahprosedurNewman.ProsedurNewmanmemilikilimatahapyaitu(1)membaca(reading)(2)memahami(comprehension)(3)transformasi(transformation)(4)keterampilanproses(processskill)(5)penulisanjawabanakhir(encoding).PenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatifyangdilakukandiSMKNegeri4Malang.Siswayangmengerjakanketigasoaltesdenganlengkapdanmelakukankesalahandalampengerjaannyaakandijadikansubjekpenelitian.Kesalahan-kesalahanyangdilakukansubjekpenelitianakandianalisisberdasarkanlimatahapprosedurNewmanyangtelahdisebutkandiatas.HasilanalisispadapenelitianinimenemukanbahwakesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritaSistemPersamanLinearDuaVariabelterletakpada(1)memahami(comprehension)yaitusalahdalammenuliskanapayangdiketahuidanditanyakandanmenuliskanapayangdiketahuidanditanyakankuranglengkap(2)transformasi(transformation)yaitutidakbisamemisalkandantidakbisamengubahsoalceritakedalamkalimatmatematika(3)keterampilanproses(processskill)yaitusalahdalammengoperasikanbilanganatauvariabeldansalahdalammenemukanjawaban(4)penulisanjawabanakhir(encoding)yaitutidakmenuliskanjawabanakhirdansalahdalammenuliskankembalijawabanakhir.