Perbedaan sensitivitas emosi pada remaja yang tinggal dengan orang tua dan remaja yang tinggal di pondok pesantren / Vika Nanda Utami
Main Author: | Utami, Vika Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/172084/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUtamiVikaNanda.2019.PerbedaanSensitivitasEmosipadaRemajayangTinggaldenganOrangTuadanRemajayangTinggalDiPondokPesantren.SkripsiJurusanPsikologiFakultasPendidikanPsikologiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Hj.SriWeniUtamiM.Si.PsikologKataKuncisensitivitasemosiremajakeluargapondokpesantrenMasaremajamerupakanmasayangdiwarnaiolehkonflikdanperubahansuasanahati.Remajaseharusnyamemilikisensitivitasemosiyangbaikagarremajamampumengungkapkandenganbaikemosiyangmerekamiliki.MenurutkamusbesarbahasaIndonesiasensitivitasdiartikansebagaikepekaanatauperasasedangkanemosimenurutGoleman(1995)merupakansebuahpergolakanpikiranperasaannafsusetiapkeadaanmentalyanghebatsertameluap-luap.Sensitivitasemosidapatdiartikansebagaikemampuanseseorangdalambereaksiataupekaterhadapsuatureaksiatausuatukejadian.Sensitivitasemosipadasetiapremajatidaklahsamakarenaadanyafaktorlingkungandanjugaorangtua.Sehinggapenelitiinginmelihat(1)sensitivitasemosipadaremajayangtinggaldenganorangtua(2)sensitivitasemosiremajayangtinggaldipondokpesantren(3)perbedaansensitivitasemosipadakeduaremajatersebut.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangandeskriptifkomparatifterhadap136remaja.Hasilnya12remajayangtinggaldenganorangtuadenganpersentase18%memilikisensitivitasemositinggi44remajadenganpersentase64%memilikisensitivitasemosisedangdan12remajadenganpersentase18%memilikisensitivitasemosirendah.Sedangkan14remajayangtinggaldipondokpesantrendenganpersentase21%memilikisensitivitasemositinggi44remajadenganpersentase64%memilikisensitivitasemosisedangdan10remajadenganpersentase15%memilikisensitivitasemosirendah.Ujihipotesisadaperbedaansensitivitasemosipadaremajayangtinggaldenganorangtuadanremajayangtinggaldipondokpesantrenyangdapatdilihatdarirata-rataremajayangtinggaldenganorangtualebihtinggidaripadarata-rataremajayangtinggaldipondokpesantrendengansignifikansi0000(p8804005).Sarandarihasilpenelitianiniadalahuntukterusmemperhatikansensitivitasemosipadaremajayangtinggaldenganorangtuadengancaramengajarkananakdalamberinteraksidilingkungandanoranglainsehinggadenganajaranorangtuasejakdiniremajamampumengembangkansensitivitasemosilebihbaiklagi.UntukpendidikdiSMAjugaharuslebihmemperhatikaninteraksisiswasatudengansiswayanglain.Untukpendidikdipondokpesantrendapatmemberikankesempatanuntuksantrimengeksplorasidirinyadenganlingkungannyameningkatkansistempembelajarandanmeningkatkanpembentukankarakterdarisetiapremajaagarsensitivitasemosimerekadapatberkembangmenjadilebihbaiklagidimasadepan.