Penerapan pembelajaran matematika dengan problem posing untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas X SMK PGRI Sumbermanjing / Wawan Setiawan
Main Author: | Setiawan, Wawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17191/ |
Daftar Isi:
- SetiawanWawan.2013.PenerapanProblemPosinguntukMeningkatkanPolaBerpikirKreatifSiswapadaPembelajaranMatematikaKelasXSMKPGRISumbermanjing.JurusanMatematikaProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangKataKunciProblemPosingBerpikirKreatifPersamanKuadrat.BerdasarkanobservasidanwawancarainformaldengangurumatematikakelasXSMKPGRISumbermanjingWetandiketahuibahwasiswamengindikasikanmemilikitingkatkreatifitasyangrendahdanindikasiinididukungolehhasilanalisisbeberapasampellembarjawabanujiansiswayangmemilikitingkatkreatifitastingkat1padaskala5.PenelitianinidilaksanakandiSMKPGRISumbermanjingWetandengansubyeksiswaSMKkelasX.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkreatifitassiswadandenganpenelitianinidiharapkanpulameningkatkankreatifitassiswadenganlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangsesuai.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Datapenelitianberupatindakanguruyangdiperolehdaripemecahanmasalahyangtimbuldidalamkelasdannilaisiswayangdiperolehdarianalisislembarjawabansiswayangmenggunakanmetodepembelajaranproblemposing.Kriteriakemampuanberpikirkreatifmeliputiketerampilanberpikirlancarketerampilanberpikirluwesketerampilanberpikirorisinalketerampilanmemperincidanketerampilanmenilai.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwalangkah-langkahyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswayaitu(1)menyiapkanalatdanbahanpembelajaran(2)menjelaskantujuanpembelajaran(3)menjelaskanmateripembelajarandanmemberikancontohmembuatsoal(4)memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanhal-halyangtidakdimengerti(5)memberikankesempatanuntukdiskusikelompok(6)memberikesempatanuntukmenyusunsoalsecaraindividu(7)menyediakanwaktuyangcukupkepadasiswauntukmenyelesaikansoalyangtelahmerekabuat(8)mempersilahkankepadasiswauntukmenukarhasilpekerjaannyakepadatemannyauntukdievaluasi(9)memintasiswauntukmembuatsoallagipadakesempatanberikutnya.Peningkatankemampuanberpikirkreatifsiswapadasikluspertamadiperoleh3818%.Padasikluskeduadiperolehkemampuanberpikirkreatifsiswa4909%.Tindakaninimembawasiswakepadakemampuanberpikirkreatifyanglebihbaikyaituterjadinyapeningkatankemampuan.