Penerapan pembelajaran matematika dengan problem posing untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas X SMK PGRI Sumbermanjing / Wawan Setiawan

Main Author: Setiawan, Wawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17191/
Daftar Isi:
  • SetiawanWawan.2013.PenerapanProblemPosinguntukMeningkatkanPolaBerpikirKreatifSiswapadaPembelajaranMatematikaKelasXSMKPGRISumbermanjing.JurusanMatematikaProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangKataKunciProblemPosingBerpikirKreatifPersamanKuadrat.BerdasarkanobservasidanwawancarainformaldengangurumatematikakelasXSMKPGRISumbermanjingWetandiketahuibahwasiswamengindikasikanmemilikitingkatkreatifitasyangrendahdanindikasiinididukungolehhasilanalisisbeberapasampellembarjawabanujiansiswayangmemilikitingkatkreatifitastingkat1padaskala5.PenelitianinidilaksanakandiSMKPGRISumbermanjingWetandengansubyeksiswaSMKkelasX.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkreatifitassiswadandenganpenelitianinidiharapkanpulameningkatkankreatifitassiswadenganlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangsesuai.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Datapenelitianberupatindakanguruyangdiperolehdaripemecahanmasalahyangtimbuldidalamkelasdannilaisiswayangdiperolehdarianalisislembarjawabansiswayangmenggunakanmetodepembelajaranproblemposing.Kriteriakemampuanberpikirkreatifmeliputiketerampilanberpikirlancarketerampilanberpikirluwesketerampilanberpikirorisinalketerampilanmemperincidanketerampilanmenilai.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwalangkah-langkahyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswayaitu(1)menyiapkanalatdanbahanpembelajaran(2)menjelaskantujuanpembelajaran(3)menjelaskanmateripembelajarandanmemberikancontohmembuatsoal(4)memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanhal-halyangtidakdimengerti(5)memberikankesempatanuntukdiskusikelompok(6)memberikesempatanuntukmenyusunsoalsecaraindividu(7)menyediakanwaktuyangcukupkepadasiswauntukmenyelesaikansoalyangtelahmerekabuat(8)mempersilahkankepadasiswauntukmenukarhasilpekerjaannyakepadatemannyauntukdievaluasi(9)memintasiswauntukmembuatsoallagipadakesempatanberikutnya.Peningkatankemampuanberpikirkreatifsiswapadasikluspertamadiperoleh3818%.Padasikluskeduadiperolehkemampuanberpikirkreatifsiswa4909%.Tindakaninimembawasiswakepadakemampuanberpikirkreatifyanglebihbaikyaituterjadinyapeningkatankemampuan.