Pengembangan paket bimbingan konsep diri untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang / Rini Ratnaningsih

Main Author: Ratnaningsih, Rini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1719/
Daftar Isi:
  • SiswayangdudukdibangkuSMPtelahmenginjakmasaremajadanmulaimencariidentitasdiri.Padamasaremajainiterjadiperubahanfisikmaupunpsikologis.Perubahanfisiktersebutterkadangmenimbulkanketidaksiapanpadasebagianremajasehinggaketidaksiapanitumembuatremajamenjadikurangmemahamijatidiri.Remajayangkurangmemahamijatidiriakanselalutakutdanraguuntukmelangkahataubertindak.Dalamhalinidapatdisimpulkanbahwajatidiriatauidentitasdirimerupakanprosesterbentuknyakonsepdiriremaja.Terkaitdengankonsepdirikonselormempunyaitugasuntukmembimbingsiswaagarmenemukankonsepdirisertamenumbuhkankonsepdiriyangpositifpadadirisiswatersebut.Salahsatuupayayangdapatdilakukanyaitudengancaramemberikanlayananbimbingantentangkonsepdiri.Salahsatumediayangdapatdigunakanuntukmengembangkanpengetahuansiswadalammemahamikonsepdiriadalahdengandikembangkannyapaketbimbingankionsepdiriuntuksiswa.TujuanpengembanganiniadalahmenghasilkanpaketbimbingankonsepdiriuntuksiswaSMPkelasVIIIyangberterimasecarateoritisdanpraktisdigunakanolehkonselorSekolahMenengahPertamasebagaimediapemberianinformasitentangkonsepdiri.Pengembanganpaketbimbingankonsepdirimengadaptasilangkah-langkahmodelpengembangansisteminstruksionalDickCareyyangterdiridaritahap(1)melakukanneedassesment(2)penyusunanpaketbimbingankonsepdiri(3)ujiahliBKujiahlimedia(4)revisidariujiahliBKdanujiahlimedia(5)Ujicobacalonpenggunaproduk(6)revisidarihasilujicobacalonpenggunaprodukyaitukonselor.Penilaiandilakukanolehahlibimbingankonselingdanahlimedia.Datayangdiperolehadalahdatakualitatifdankuantitatif.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahwawancaradanangketuntukpenilaianujiahlidancalonpenggunaproduk.Tehnikanalisisdatayangdigunakanadalahtehnikanalisisdeskriptifjenistendensisentral(mode).ProdukyangdikembangkanadalahPaketBimbinganKonsepDiriuntuksiswakelasVIIISMPNegeri18Malangyangterdiriatas(1)panduanPaketBimbinganKonsepDiriuntukkonselordan(2)materibimbingankonsepdiriuntuksiswayangterdiridaritigapenggalanyaitu(1)konsepdiri(2)peranankonsepdiri(3)membangunkonsepdiri.HasilpengembanganmenunjukkantingkatkevalidanPaketBimbinganKonsepDiripadaaspekkegunaandiperolehskor3(ujiahlidanujicalonpenggunaproduk)dengankriteriaberguna.Padaaspekkemudahandiperolehskor3(ujiahlidancalonpenggunaproduk)dengankriteriamudah.Padaaspekketepatandiperolehskor3(ujiahlidancalonpenggunaproduk)dengankriteriatepat.Padaaspekkemenarikandiperolehskor3(ujiahlidancalonpenggunaproduk)dengankriteriamenarik.Hasilanalisisdatakualitatifmenunjukkanbahwaterdapatbeberapakomponenpaketyangharusdirevisi(1)penggunaanistilahkamupadalangkahlangkahkegiatandalampaketbimbingankonsepdiridigantidenganistilahanda(2)Tampilanvisualpadapaketbimbinganterutamapadapenggunaanframedipinggirataukelilingisi(3)warnateksfontatausubjudulterlalulemah(4)ilustrasiataugambarperluditambahkan(5)bahasasesuaidengantingkatansiswaSMP(6)perbanyakcontoh-contohyangberhubungandenganmaterikonsepdiri.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakasaranyangdiberikanadalah(1)konselorsebagaipembimbinghendaknyaharusmemahamiprosedurbimbingandanmateribimbinganagarsiswadapatmencapaitujuanbimbinganyangdikehendaki(2)konselordapatmenambahkanmedialainagardapatmenarikperhatiansiswadalammempelajarimaterikonsepdiri(3)sebagaikelanjutanmakaperluujicobaprodukkepadasasaranyaitusiswaagarmengetahuikeefektifanprodukyangdihasilkan.