Interaksi berpikir siswa dalam pembelajaran kooperatif model SAVI pada kelas VIII SMP Negeri 18 Malang materi lingkaran / Nur Ayniyah

Main Author: Ayniyah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17185/
Daftar Isi:
  • AyniyahNur.2013.InteraksiBerpikirSiswadalamPembelajaranKooperatifModelSAVIpadaKelasVIIISMPNegeri18MalangMateriLingkaran.SkripsiJurusanmatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.Si(II)LathifulAnwarS.SiM.Sc.KataKunciInteraksiberpikirsiswaPembelajarankooperatifmodelSAVI.Pembelajaranyangbaikmerupakanpembelajaranyangdapatmemicusiswabelajarsecaraaktifsehinggasiswamampumengkonstruksipengetahuannya.Kemampuanataupotensisiswatehadappengetahuanyangdimilikinyadilihatmelaluitestetapiprosesberpikirsiswadalammenyelesaikansuatumasalahakanmengungkaplebihrincilkemampuansebenarnyasiswa.Dibutuhkanadanyaaktifitasyangmemicusiswamelakukaninteraksiberpikirdalampembelajaransalahsatunyamelaluipembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajarankooperatifyaitumodelpembelajaranSAVI(SomaticAuditoryVisualizationIntellectually)yangmenekankanbahwabelajarharuslahmemanfaatkanalatindrayangdimilikisiswayaitugeraktubuhtelingamulutmatadanotakmelaluiaktifitasmelakukanmendengarberbicaradanberpikir.BedasarkanhaltersebutmelaluimodelpembelajaranSAVIdapatdigunakanuntukmempermudahmelihataktifitasinteraksiberpikirsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Subyekpenelitianadalahsatukelompokheterogendari4siswakelasVIII-FSMPNegeri18Malangdenganmateripenelitianyaitugarissinggungpersekutuanlingkaran.Terdapattigatahapdalampengambilandata.Pertamapenelitimelakukanwawancaradengansubjeksebelumpembelajaranberlangsung.Keduapenelitimerekampembicaraandanaktifitassubjekselamakegiatanpembelajaran.Ketigapenelitimelakukanwawancaradengansubjeksetelahpelaksanaanpembelajaran.HasilpenelitianmenunjukkanadanyainteraksiberpikiryangberlangsungmultiarahsaatpembelajaranmengenaigarissinggungpersekutuanlingkarandenganLKK(LembarKerjaKelompok)sebagaimediapembelajaran.Siswaberkemampuantinggilebihbanyakberinteraksidenganmemberikanbantuandanterkadangmenerimapengetahuandarisiswayangberkemampuansedangdalammengkonstruksikonsepdanmenyelesaikanpermasalahan.Siswaberkemampuansedangcenderungseimbangantarabertanyadanmenjawabpertanyaan.Sedangkansiswaberkemampuanrendahcenderungpasifdanberinteraksidengananggotakelompoknyahanyauntukbertanyatentanghalyangbelumdimengerti.Selaininteraksiterjadiantarsiswasaatpembelajaransiswajugaberinteraksidengangurudankelompokyanglain.PenelitianinimasihterbatasmengkajiinteraksiberpikirsiswadalampembelajaraankooperatifmodelSAVIdenganmaterigarissinggungpersekutuanlingkaran.Olehkarenaituperludikembangkanbagaimanainteraksiberpikirsiswapadamodelpembelajaranlaindanpadamateriyanglain.