Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi diagram Venn untuk siswa kelas VII SMP / Izmi Handayani

Main Author: Handayani, Izmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17180/
Daftar Isi:
  • HandayaniIzmi.2013.PengembanganMediaPembelajaranBerbantuanKomputerPadaMateriDiagramVennUntukSiswaKelasVIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Sc(II)Dra.MimiepS.MadjaM.Kom.KatakunciMediapembelajaranValidPraktisEfektifDiagramVennPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespengembangandanmenghasilkanmediapembelajaranberbantuankomputerpadamateridiagramVennuntuksiswakelasVIISMPyangvalidpraktisdanefektif.Validitasdipenuhijikamediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhivaliditasisidankonstruk.Kepraktisandipenuhijikamediapembelajaranyangdikembangkanmudahbagigurudansiswauntukmelaksanakannyadansesuaidengantujuan.Efektivitasdipenuhijikadidapatkanrata-ratapengerjaansoalevaluasiyangdiberikanmencapaiskorminimalkeefektifandanadanyaresponpositifsiswayangditunjukkandariangket.Prosedurpengembangandalampenelitianinidiantaranyaadalahmenentu-kankebutuhandantujuanmengumpulkanreferensimempelajariisiperancanganawalperancangandanpembuatandiagramalirmediaperancangandanpembuatanstrukturmediapembuatanstoryboardmediapembuatanmediamembuatbahanpendukungevaluasidanrevisimedia.PenelitianinimenghasilkansuatumediapembelajarankomputerpadamateridiagramVenn.SoftwareutamayangdigunakanadalahMacromediaFlash8dansoftwarependukungsepertiAudacityJoboshareVideoConverterdanXaraWebstyle3.0.Produkyangdihasilkanpadapenelitianinitelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Kevalidandiperolehdarihasilvalidasiolehparaahli.Persentasekevalidanyangdidapatdariahlimediasebesar6875%yangartinyamediacukupvaliddanperlusedikitrevisi.Sedangkandariahlimateridiperolehpersentasesebesar9464%yangartinyamediatelahvaliddantidakperlurevisi.Kepraktisandiperolehdariujicobaprodukpadasiswayangmenghasilkannilaiakhirkepraktisansebesar365yangartinyamediatergolongdalamkriteriapraktisdantidakperlurevisi.Keefektifandiperolehdaripersentaserata-ratapengerjaansoalevaluasisiswasebesar78%sehinggatidakperlurevisidan880550%dariseluruhbutirpernyataantermasukdalamkategorisangatkuatsehinggaresponsiswadikatakanpositif.SarandaripenelitianiniadalahagargurudapatmenggunakanprodukinisebgaireferensimediapembelajarandansiswadapatmenggunakannyasebagaialternatifpembelajaranmateridiagramVennsecaramandiri.Sedangkanbagipenelitilaindapatmengembangkandarisisipembuatanmediaagarlebihmenariklagiataumengembangkanmediaserupauntukmateriyanglain.