Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi diagram Venn untuk siswa kelas VII SMP / Izmi Handayani
Main Author: | Handayani, Izmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17180/ |
Daftar Isi:
- HandayaniIzmi.2013.PengembanganMediaPembelajaranBerbantuanKomputerPadaMateriDiagramVennUntukSiswaKelasVIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Sc(II)Dra.MimiepS.MadjaM.Kom.KatakunciMediapembelajaranValidPraktisEfektifDiagramVennPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespengembangandanmenghasilkanmediapembelajaranberbantuankomputerpadamateridiagramVennuntuksiswakelasVIISMPyangvalidpraktisdanefektif.Validitasdipenuhijikamediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhivaliditasisidankonstruk.Kepraktisandipenuhijikamediapembelajaranyangdikembangkanmudahbagigurudansiswauntukmelaksanakannyadansesuaidengantujuan.Efektivitasdipenuhijikadidapatkanrata-ratapengerjaansoalevaluasiyangdiberikanmencapaiskorminimalkeefektifandanadanyaresponpositifsiswayangditunjukkandariangket.Prosedurpengembangandalampenelitianinidiantaranyaadalahmenentu-kankebutuhandantujuanmengumpulkanreferensimempelajariisiperancanganawalperancangandanpembuatandiagramalirmediaperancangandanpembuatanstrukturmediapembuatanstoryboardmediapembuatanmediamembuatbahanpendukungevaluasidanrevisimedia.PenelitianinimenghasilkansuatumediapembelajarankomputerpadamateridiagramVenn.SoftwareutamayangdigunakanadalahMacromediaFlash8dansoftwarependukungsepertiAudacityJoboshareVideoConverterdanXaraWebstyle3.0.Produkyangdihasilkanpadapenelitianinitelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Kevalidandiperolehdarihasilvalidasiolehparaahli.Persentasekevalidanyangdidapatdariahlimediasebesar6875%yangartinyamediacukupvaliddanperlusedikitrevisi.Sedangkandariahlimateridiperolehpersentasesebesar9464%yangartinyamediatelahvaliddantidakperlurevisi.Kepraktisandiperolehdariujicobaprodukpadasiswayangmenghasilkannilaiakhirkepraktisansebesar365yangartinyamediatergolongdalamkriteriapraktisdantidakperlurevisi.Keefektifandiperolehdaripersentaserata-ratapengerjaansoalevaluasisiswasebesar78%sehinggatidakperlurevisidan880550%dariseluruhbutirpernyataantermasukdalamkategorisangatkuatsehinggaresponsiswadikatakanpositif.SarandaripenelitianiniadalahagargurudapatmenggunakanprodukinisebgaireferensimediapembelajarandansiswadapatmenggunakannyasebagaialternatifpembelajaranmateridiagramVennsecaramandiri.Sedangkanbagipenelitilaindapatmengembangkandarisisipembuatanmediaagarlebihmenariklagiataumengembangkanmediaserupauntukmateriyanglain.