Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Riski Nur Hidayati
Main Author: | Hidayati, Riski Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17171/ |
Daftar Isi:
- HidayatiR.N.2013.PengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokUntukSiswaKelasVIIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AbdurRahmanAsariM.PdM.A(II)LathifulAnwarS.SiM.Sc.KataKunciKomikMatematikaLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokDalampembelajaranMatematikasiswacenderungpasifdankurangantusias.Salahsatufaktorpenyebabnyakarenaketiadaanmediapembelajaranyangmendukunguntukmembangkitkanmotivasisiswadalambelajar.SelamainimediapembelajarandidominasiolehkumpulanrumusMatematika.Padahalmediapembelajaranlainsepertikomikdapatmenjadisalahsatumediapembelajaranyangefektifuntukmenjelaskankonsep-konsepyangabstrakdanmemerlukanobjekyangkonkritpadapelajaranMatematika.Jikadijadikansuatumediapembelajarankepopulerankomikdapatmenjadialatuntukmenarikperhatiansiswa.HaltersebutmelatarbelakangipenulisuntukmengembangkansuatumediapembelajaranberupakomikMatematika.PemilihanmateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokdidasarkanpadahasilwawancarainformalkepadasiswakelasVIIISMP.OlehkarenaitupenulismengambiljudulskripsiPengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokuntukSiswaKelasVIIISMP.ProsedurpengembangandarimediapembelajarankomikMatematikaberdasarkanpadamodelADDIEadalahsebagaiberikut.(1)Analysisdilakukandenganmewawancaraibeberapasiswa.(2)Designdimulaidaripenyusunanpetunjukpemanfaatankomikpenentuanideceritakomikpenyusunankaraktertokohpembuatansinopsisceritadanpenyusunanskenariocerita(storyboard).(3)Developproduksisecarakeseluruhanterdiridarisampulindikatorpencapaianhasilpetunjukpemanfaatankomikdaftarisiisikomikdanlembarjawaban.(4)Implementationpenerapanatauujicobakomikpadakondisiyangsebenarnyayaitudikelas.(5)Evaluationpengolahandatahasilujicobauntukmengukurketercapaiantujuanpengembanganproduk.Komikmatematikainimenyajikanempatalurcerita(UlangTahunAnggieMatematikaituAsyikBerenangBersamadanMembantuAyah)yangterbagimenjadiduabagian.Bagianpertamaberisitentangceritayangmemuatmateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokterdapatpadaalurceritapertama.Bagiankeduabeirisipermasalahanyangterkaitmateriterdapatpadaalurceritaselanjutnya.HasilpengembangangankomikMatematikadikemasdandijiliddalambentukbuku.Hasilvalidasiprodukpengembangandiperolehpresentase875%sedangkanhasilujicobakomikdiperolehpresentase9097%dandinyatakanbaikdarisegikualitaskomikmaupunperankomiksebagaimediapembelajaranMatematika.Berdasarkanhasilakhirpengembanganpenulismemberikanbeberapasaransebagaiberikut.(1)SaranpemanfaatankomikMatematikadapatdigunakandalampembelajaranuntukmewujudkanpembelajaranyangmenariksekaligusdapatmeningkatkankeaktifansiswa.(2)SarandiseminasikomikMatematikadapatdimanfaatkanolehsiswadariberbagaikelasatausekolah.(3)SaranpengembanganproduklebihlanjutpengembangankomikMatematikapadapokokbahasanyanglain.