Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Riski Nur Hidayati

Main Author: Hidayati, Riski Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17171/
Daftar Isi:
  • HidayatiR.N.2013.PengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokUntukSiswaKelasVIIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AbdurRahmanAsariM.PdM.A(II)LathifulAnwarS.SiM.Sc.KataKunciKomikMatematikaLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokDalampembelajaranMatematikasiswacenderungpasifdankurangantusias.Salahsatufaktorpenyebabnyakarenaketiadaanmediapembelajaranyangmendukunguntukmembangkitkanmotivasisiswadalambelajar.SelamainimediapembelajarandidominasiolehkumpulanrumusMatematika.Padahalmediapembelajaranlainsepertikomikdapatmenjadisalahsatumediapembelajaranyangefektifuntukmenjelaskankonsep-konsepyangabstrakdanmemerlukanobjekyangkonkritpadapelajaranMatematika.Jikadijadikansuatumediapembelajarankepopulerankomikdapatmenjadialatuntukmenarikperhatiansiswa.HaltersebutmelatarbelakangipenulisuntukmengembangkansuatumediapembelajaranberupakomikMatematika.PemilihanmateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokdidasarkanpadahasilwawancarainformalkepadasiswakelasVIIISMP.OlehkarenaitupenulismengambiljudulskripsiPengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranLuasPermukaandanVolumeKubusdanBalokuntukSiswaKelasVIIISMP.ProsedurpengembangandarimediapembelajarankomikMatematikaberdasarkanpadamodelADDIEadalahsebagaiberikut.(1)Analysisdilakukandenganmewawancaraibeberapasiswa.(2)Designdimulaidaripenyusunanpetunjukpemanfaatankomikpenentuanideceritakomikpenyusunankaraktertokohpembuatansinopsisceritadanpenyusunanskenariocerita(storyboard).(3)Developproduksisecarakeseluruhanterdiridarisampulindikatorpencapaianhasilpetunjukpemanfaatankomikdaftarisiisikomikdanlembarjawaban.(4)Implementationpenerapanatauujicobakomikpadakondisiyangsebenarnyayaitudikelas.(5)Evaluationpengolahandatahasilujicobauntukmengukurketercapaiantujuanpengembanganproduk.Komikmatematikainimenyajikanempatalurcerita(UlangTahunAnggieMatematikaituAsyikBerenangBersamadanMembantuAyah)yangterbagimenjadiduabagian.Bagianpertamaberisitentangceritayangmemuatmateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokterdapatpadaalurceritapertama.Bagiankeduabeirisipermasalahanyangterkaitmateriterdapatpadaalurceritaselanjutnya.HasilpengembangangankomikMatematikadikemasdandijiliddalambentukbuku.Hasilvalidasiprodukpengembangandiperolehpresentase875%sedangkanhasilujicobakomikdiperolehpresentase9097%dandinyatakanbaikdarisegikualitaskomikmaupunperankomiksebagaimediapembelajaranMatematika.Berdasarkanhasilakhirpengembanganpenulismemberikanbeberapasaransebagaiberikut.(1)SaranpemanfaatankomikMatematikadapatdigunakandalampembelajaranuntukmewujudkanpembelajaranyangmenariksekaligusdapatmeningkatkankeaktifansiswa.(2)SarandiseminasikomikMatematikadapatdimanfaatkanolehsiswadariberbagaikelasatausekolah.(3)SaranpengembanganproduklebihlanjutpengembangankomikMatematikapadapokokbahasanyanglain.