Perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi fungsi komposisi untuk siswa SMA kelas XI program IPS / Fajar Prabowo

Main Author: Prabowo, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17164/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranMediaPembelajaranBerbantuanKomputerFungsiKomposisiBerdasarkanpengalamanyangdiperolehpadasaatmelaksanakanPraktikPengalamanLapangan(PPL)diSMANegeri7MalangsebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammempelajarimaterifungsikomposisiterutamasiswaprogramIPS.Sebagianbesarsiswakesulitandalammendefinisikanfungsidanfungsikomposisi.Selainitusebagianbesarsiswajugakurangtermotivasiuntukmempelajarimaterifungsikomposisikarenakurangnyapengetahuantentangkegunaandancontohfungsikomposisidalamkehidupansehari-hari.HaltersebutdapatdiketahuidarinilaiujiansiswapadamaterifungsikomposisiyangsebagianbesardibawahKKM.BerdasarkanwawancaradenganbeberapasiswakelasXIprogramIPSdiSMANegeri7Malanggurudinilaikurangtanggapdenganpermasalahansiswa.Guruterlalubanyakmemberikanmaterisecarakonvensional.Siswamerasaguruterlalubanyakmemberikantugasdanlatihansoalhaltersebutmembuatsiswamerasajenuh.Mediapembelajaranadalahperantarayangberupasumberbelajaratauwahanafisikyangmengandungmateriinstruksionalyangdapatdimanfaatkansiswauntukmenunjangkegiatanbelajar.Penyampaianmaterifungsikomposisipadamediapembelajaraninidibuatagarsiswamerasasenangdantidakbosandalamprosespembelajaran.PengembanganmediapembelajaranberbantuancomputerinimerujukpadaprosedurpengembanganmediayangdilakukanolehKariadinatayaitumeliputi(1)tahapconcept(konsep)(2)tahapanlysis(analisis)(3)tahapdesign(desain)(4)tahapmaterialcollecting(pengumpulanbahan)(5)tahapassembly(pembuatan)(6)tahapevalution(evaluasi)(7)tahaptesting(ujicoba)dan(8)tahapdistribution(distribusi).Mediapembelajaraninitelahmelaluitahapvalidasioleh3validatoryaitusatuorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalangsebagaiahlimaterisekaligusahlimediasatuoranggurumatematikaSMANegeri7MalangsebagaiahlimaterisatuorangstafITUniversitasBrawijayasebagaiahlimediadandiujicobakankepadasiswakelasXIIPS4SMANegri7Malang.HasilValidasiolehahlimaterimenunjukkanpresentasekeseluruhansebesar8238%dandinyatakanvalid.Hasilvalidasiolehahlimediadengantingkatpresentase8157%dandinyatakanvalid.Sedangkanhasilujicobamenunjukkantingkatpresentasesebesar7899%dandinyatakanvalid.Saranuntukpengembanganselanjutnyadiharapkanmengembangkanmediapembelajarankomputeruntukmaterilaindilengkapisuaranaratorsehinggalebihinteraktifpengembanganlebihlanjutpadamaterifungsikomposisisepertipenelitianeksperimenmenghitungdurasiwaktuuntukmasing-masingsubmenusertadurasiwaktukeseluruhansehinggapenggunadapatmemanfaatkanwaktuyangdimilikidenganmaksimal.8195