Perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi fungsi komposisi untuk siswa SMA kelas XI program IPS / Fajar Prabowo
Main Author: | Prabowo, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17164/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranMediaPembelajaranBerbantuanKomputerFungsiKomposisiBerdasarkanpengalamanyangdiperolehpadasaatmelaksanakanPraktikPengalamanLapangan(PPL)diSMANegeri7MalangsebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammempelajarimaterifungsikomposisiterutamasiswaprogramIPS.Sebagianbesarsiswakesulitandalammendefinisikanfungsidanfungsikomposisi.Selainitusebagianbesarsiswajugakurangtermotivasiuntukmempelajarimaterifungsikomposisikarenakurangnyapengetahuantentangkegunaandancontohfungsikomposisidalamkehidupansehari-hari.HaltersebutdapatdiketahuidarinilaiujiansiswapadamaterifungsikomposisiyangsebagianbesardibawahKKM.BerdasarkanwawancaradenganbeberapasiswakelasXIprogramIPSdiSMANegeri7Malanggurudinilaikurangtanggapdenganpermasalahansiswa.Guruterlalubanyakmemberikanmaterisecarakonvensional.Siswamerasaguruterlalubanyakmemberikantugasdanlatihansoalhaltersebutmembuatsiswamerasajenuh.Mediapembelajaranadalahperantarayangberupasumberbelajaratauwahanafisikyangmengandungmateriinstruksionalyangdapatdimanfaatkansiswauntukmenunjangkegiatanbelajar.Penyampaianmaterifungsikomposisipadamediapembelajaraninidibuatagarsiswamerasasenangdantidakbosandalamprosespembelajaran.PengembanganmediapembelajaranberbantuancomputerinimerujukpadaprosedurpengembanganmediayangdilakukanolehKariadinatayaitumeliputi(1)tahapconcept(konsep)(2)tahapanlysis(analisis)(3)tahapdesign(desain)(4)tahapmaterialcollecting(pengumpulanbahan)(5)tahapassembly(pembuatan)(6)tahapevalution(evaluasi)(7)tahaptesting(ujicoba)dan(8)tahapdistribution(distribusi).Mediapembelajaraninitelahmelaluitahapvalidasioleh3validatoryaitusatuorangdosenmatematikaUniversitasNegeriMalangsebagaiahlimaterisekaligusahlimediasatuoranggurumatematikaSMANegeri7MalangsebagaiahlimaterisatuorangstafITUniversitasBrawijayasebagaiahlimediadandiujicobakankepadasiswakelasXIIPS4SMANegri7Malang.HasilValidasiolehahlimaterimenunjukkanpresentasekeseluruhansebesar8238%dandinyatakanvalid.Hasilvalidasiolehahlimediadengantingkatpresentase8157%dandinyatakanvalid.Sedangkanhasilujicobamenunjukkantingkatpresentasesebesar7899%dandinyatakanvalid.Saranuntukpengembanganselanjutnyadiharapkanmengembangkanmediapembelajarankomputeruntukmaterilaindilengkapisuaranaratorsehinggalebihinteraktifpengembanganlebihlanjutpadamaterifungsikomposisisepertipenelitianeksperimenmenghitungdurasiwaktuuntukmasing-masingsubmenusertadurasiwaktukeseluruhansehinggapenggunadapatmemanfaatkanwaktuyangdimilikidenganmaksimal.8195